25 December 2011

Nonton Musikal Laskar Pelangi di Dufan

Hari Jumat tanggal 23 Desember 2011 yang lalu saya menghadiri undangan Press Conference di Dunia Fantasi seputar acara akhir tahun yang akan diadakan oleh Ancol Taman Impian. Press Conference ini dimulai lebih kurang pukul 14.30 dihadiri oleh para pewarta berita dari berbagai media termasuk para blogger.




Menjelang Tahun Baru 2012 ini Ancol Taman Impian akan mengadakan sejumlah acara di unit rekreasi seperti Dunia Fantasi yang akan mengadakan pertunjukan Musikal Laskar Pelangi mulai tanggal 24 Desember 2011 sampai 7 Januari 2012 dan juga film animasi terbaru Dufan yaitu Dufan Defender Live Show di Panggung Maksima. Jangan lewatkan pula beragam permainan air yang dikemas dalam Water Carnaval di Atlantis Water Adventure mulai tanggal 25 Desember hingga 1 Januari 2012. Di Ocean Dream Samudera kita dapat menyaksikan Russian Underwater Show yang telah dimulai dari tanggal 17 Desember lalu sampai tanggal 15 januari 2012 nanti. Sepanjang kawasan pantai Ancol yang dibagi menjadi 3 area mulai dari Pantai Festival, Pantai Indah, Beach Pool hingga Pantai Carnival juga akan menyajikan acara yang spektakuler mulai tanggal 25 Desember hingga 1 januari 2012, salah satunya adalah aksi spektakuler Limbad di Pantai Festival pada tanggal 31 Desember 2011. Dalam program bertajuk Publicity Stunt Limbad Manusia Beton, kita bisa menyaksikan pengecoran hampir sekujur tubuh Limbad dengan semen mulai pukul 11.00 hingga pukul 23.30.

Semarak malam pergantian tahun di Ancol taman Impian juga akan dimeriahkan panggung konser musik bertajuk Back To the Beach 2011 di Pantai Carnaval yang akan dimeriahkan oleh Vidi Aldiano, Ungu, Wali, Cherry Belle, Dragon Boyz dll. Dan akan ada pesta kembang api bertajuk Sea Side Fire Works pada detik-detik pergantian tahun. Pesta kembang api ini akan berada di 4 titik yaitu Pantai Indah, Dermaga Putri Duyung, Dermaga beach Pool dan pantai Carnival. Diperkirakan 601.000 orang akan mengunjungi Ancol Taman Impian pada tanggal 31 Desember hingga 1 Januari 2012. Sementara pihak Ancol sendiri menyediakan 8 area parkir yang masing-masing area dapat menampung 10 ribu kendaraan. Jadi buat yang ingin menghabiskan malam pergantian tahun di Ancol, lebih baik googling dulu atau mungkin bertanya kepada pihak Ancol seputar parkir kendaraan, dan lain sebagainya.




Dan yang paling saya tunggu dari acara Press Conference sore itu adalah menyaksikan pertunjukan Musikal Laskar Pelangi. Seperti yang sudah kita ketahui, Musikal Laskar Pelangi ini merupakan rantai kesuksesan yang fenomenal dari novel Andrea Hirata. Dari sebuah novel best seller, kemudian berlanjut ke Film Laskar Pelangi yang sukses dan berlanjut kesebuah karya musikal. Nama-nama besar seperti Mira Lesmana, Riri Riza, Erwin Gutawa, Jay Subyakto, Toto Arto dan Hartati berada dibalik layar Musikal Laskar Pelangi ini. Pertunjukan Musikal Laskar Pelangi di Dunia Fantasi merupakan pertunjukan keempat dihadapan publik. Pertunjukan pertama dan kedua berlangsung pada bulan Desember 2010 dan pertengahan tahun 2011 di Taman Ismail Marzuki, dan pertunjukan ketiga mereka berlangsung di di Esplanade Singapura awal Oktober 2011 lalu.

Mulai tanggal 24 Desember hingga tanggal 7 Januari 2012 nanti, Musikal Laskar Pelangi akan menggelar pertunjukan setiap hari di Rama Shinta Hall, Dunia Fantasi. Dimana pada hari Senin sampai Jumat akan ada satu kali pertunjukan pada pukul 14.00-15.00, sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu akan ada dua kali pertunjukan, yaitu pukul 14.00-15.00 dan pukul 16.00-17.00. Perbedaan dengan pertunjukan Musikal Laskar Pelangi sebelumnya adalah durasi yang lebih pendek daripada sebelumnya. Kalau pada pertunjukan sebelumnya berdurasi 2 jam lebih, maka selama tampil di Dunia Fantasi Musikal Laskar Pelangi hanya berdurasi lebih kurang 1 jam saja. Karena itulah pertunjukan di Dufan ini bertajuk Musikal Laskar Pelangi Highlights.





Karena belum pernah menonton pertunjukan-pertunjukan sebelumnya, saya sangat antusias sekali untuk menonton Musikal Laskar Pelangi. Sempat kecewa juga mendengar ada pengurangan durasi dari 2 jam menjadi 1 jam. Takutnya malah mengurangi kualitas cerita secara keseluruhan. Tapi ternyata saya salah besar, pertunjukan Musikal Laskar pelangi yang saya tonton tetap luar biasa keren. Mulai dari properti pertunjukan hingga akting, koreografi dan nyanyian para pemainnya. Sama sekali tidak membosankan meskipun saya sudah pernah menonton filmnya. Pastinya sangat direkomendasikan buat yang belum pernah nonton maupun yang sudah pernah nonton sebelumnya. Dan ingat, pertunjukan Musikal Laskar pelangi di Dufan ini tidak berlangsung seterusnya, karena hanya akan ada mulai tanggal 24 Desember hingga tanggal 7 Januari 2012 saja...




Di acara Press Conference ini kita juga mendapatkan goodie bag yang berisi boneka Dufie dan kaos Musikal Laskar pelangi Highlights. Bonekanya saya kasih untuk keponakan saya Sarah dan kaosnya bisa saya pakai sendiri. Terima kasih yah Ancol Taman Impian dan mbak Ajengkol yang sudah mengundang saya...