27 March 2012

Berkunjung Ke Silungkang Art Centre

Salah satu tempat membeli oleh-oleh yang saya datangi dalam perjalanan ke Padang minggu lalu adalah Silungkang Art Center. Terletak di Jalan Imam Bonjol padang, Silungkang Art Center menjual berbagai jenis oleh-oleh dengan beragam harga. Mari kita lihat apa saja yang menggoda mata saya disana...

Di Silungkang Art Centre kita dapat menemukan bermacam-macam kain khas dan batik. Melihat gulungan songket ini saya jadi teringat ibu saya yang suka sekali membeli songket. Kalau saya perhatikan, kain songket Sumatera Barat ini berwarna lebih cerah  dibandingkan dengan songket Palembang yang cenderung berwarna lebih gelap. Pilihan batiknya juga banyak, sayang batik yang sudah dijahit menjadi kemeja untuk pria tidak banyak pilihan.

Selain kain songket dan batik, beraneka macam hiasan dinding khas Sumatera Barat tersedia disini. Salah satunya hiasan dinding dengan motif Jam Gadang ini. Disini juga terdapat miniatur Jam Gadang dan Rumah adat yang sudah dikemas cantik dalam kotak kaca. 

Nah yang satu ini biasanya selalu jadi pilihan para wisatawan yang datang kesini. Apalagi kalau bukan boneka kecil dengan baju khas Sumatera Barat. Karena bentuknya yang kecil, biasanya orang-orang suka membeli banyak untuk oleh-oleh. Pilihannya pun ada yang boneka tempel satuan dan ada yang dijual sepasang sekaligus. Tinggal pilih saja mana yang sesuai selera.

Untuk gantungan kunci pun ada macam pilihannya. Yang paling menyita perhatian saya adalah gantungan kunci lonceng ini. Ada dua jenis gantungan kunci lonceng yang dijual, ada yang ukurannya lebih besar dan ada yang lebih kecil. Tapi saya suka yang lebih besar karena bunyinya lebih nyaring. Hahahahaha...

Yang saya suka dari Silungkang Art Centre ini adalah model belanja one stop shopping. Semua bisa kita beli disini termasuk makanan. Salah satu makanan yang dijual disini adalah rendang. Saya beruntung sekali karena bisa melihat proses pengemasan rendang. Jadi rendang yang telah matang dimasukkan kedalam alumunium foil dan ditimbang. Setelah itu alumunium foil direkatkan dan dimasukkan kedalam toples. 

Jadilah seperti dalam gambar diatas rendang yang telah dikemas dalam toples dan siap untuk dijual di etalase. Untuk rendang sendiri ada dua varian yang bisa kita pilih, yaitu rendang daging dan rendang paru. Rasanya pun sangat lezat dan isi satu toples lebih dari cukup untuk seluruh anggota keluarga. Sungguh tidak rugi membeli rendang disini.

Sumatera Barat ini sepertinya memang negeri penghasil keripik, rasanya hampir tiap dareah memiliki keripik khasnya masing-masing seperti yang bisa saya lihat di etalase Silungkang Art Centre. Untuk kalian yang penggila keripik siap-siap stress memilih keripik apa yang akan dibeli untuk oleh-oleh. Pasti rasanya ingin memborong semua jenis keripik yang dijual disana. Hahahahahaha...

Jadi kalau sedang berkunjung ke kota Padang, tidak usah bingung memilih tempat membeli oleh-oleh. Karena di Silungkang Art Centre ini oleh-oleh yang kita inginkan tersedia. Bahkan Dendeng Balado Siti Nurbaya yang pernah saya ceritakan di postingan sebelumnya juga dijual disini. Langsung saja datang ke :

Silungkang Art Centre
Jl.Imam Bonjol No.15 D-E Padang
Telp. 0751-32119 dan 0751-31544