15 April 2012

Jakabaring Sport City Sebagai Icon Pariwisata Kota Palembang

Foto berasal dari kamera Lia
Beberapa bulan sebelum pelaksanaan SEA Games bulan November lalu, semua mata tertuju pada sebuah tempat yang berada di kota Palembang yang bernama Jakabaring. Karena disanalah salah satu tempat penyelenggaraan event olahraga akbar negara-negara Asia Tenggara selain kota Jakarta. Beberapa bulan menjelang pelaksanaan SEA Games, beberapa venue yang akan digunakan masih dalam proses finishing.  Belum lagi dengan pemberitaan kasus korupsi wisma atlet yang sudah menjadi isu nasional. Dan diperparah dengan pemberitaan media nasional saat itu yang meragukan kesiapan Palembang sebagai tuan rumah. Tapi untungnya kerja keras pemerintah Propinsi Sumatera Selatan membuahkan hasil, meskipun banyak hal-hal yang kurang sempurna tapi pelaksanaan SEA Games bulan November 2011 lalu menyisakan banyak kesan dihati para atlit, official dan masyarakat yang menyaksikannya.
Goliath Band berpose di Gelora Sriwijaya The Stadium
Ary Goliath berpose didepan Wisma Atlet
Pasca penyelenggaraan SEA Games, saya berpikir kalau keberadaan Jakabaring Sport City pastilah akan menjadi sebuah tempat yang terlupakan dan tidak terawat. Saat saya mengunjungi Palembang bersama sahabat-sahabat Goliath Band, mereka antusias sekali mengajak saya mengunjungi Jakabaring Sport City. Bahwa ternyata Opening dan Closing SEA Games memberi kesan mendalam dihati mereka sampai mereka bertekad kalau mengunjungi Palembang harus berfoto di Jakabaring Sport City. 

Gambar oleh Gilang Kamandanu
Jakabaring Aquatic Stadium
Ternyata rasa pesimis saya mengenai kondisi Jakabaring Sport City pasca pelaksanaan SEA Games salah besar. Kompleks olahraga terbaik di Indonesia ini masih terawat dengan baik. Kebersihan masih terjaga dan taman-taman masih terawat dengan baik. Kotak sampah juga banyak tersedia sehingga tidak sulit untuk membuang sampah. Selain itu niat pemerintah untuk menjadikan Jakabaring Sport City sebagai tempat pembinaan atlet sepertinya sudah mulai terlihat. Beberapa kali saat berkunjung kesana, saya melihat para atlet yang sedang berlatih. Semoga hal ini akan terus berlangsung sehingga atlet Indonesia memiliki daya saing dengan atlet-atlet dari negara lain.

Jakabaring Shooting Range



Yang membuat saya cukup terkejut adalah kondisi di Jakabaring Sport City yang cukup ramai. Banyak sekali orang-orang yang datang dan berkunjung kesana terutama di akhir pekan. Rata-rata mereka mengelilingi satu venue ke venue yang lain untuk berfoto. Beberapa diantaranya terlihat seperti pendatang yang berasal dari luar kota Palembang. Padahal nyaris tidak ada yang bisa mereka lihat selain venue-venue SEA Games dan danau. Saya jadi bertanya-tanya, apa yang membuat orang-orang tertarik sekali berkunjung ke Jakabaring Sport City ? Hingga akhirnya saya menarik kesimpulan bahwa nilai sejarahnya lah yang membuat orang-orang beramai-ramai mengunjungi tempat ini. Bahwa ditempat ini telah berlangsung event olahraga akbar negara-negara Asia Tenggara dengan opening dan closing yang spektakuler dan juga sukses merebut kembali gelar juara umum yang telah lama tidak kita raih.

Gambar diambil dari Web Tanjung Benoa
Gambar diambil dari Blog Kompor Meledug

Melihat animo masyarakat yang cukup tinggi untuk mengunjungi Jakabaring Sport City, saya pikir kawasan ini sudah pantas disebut sebagai icon baru pariwisata di kota Palembang. Apalagi jika mengingat di Palembang sendiri saat ini bisa dikatakan masih minim sarana rekreasi. Akan tetapi jika hanya mengandalkan venue-venue yang pernah dipakai saat SEA Games, rasanya tidak akan membuat orang betah berlama-lama berada di Jakabaring Sport City. Sudah saatnya Pemerintah Propinsi Sumatera Selatan dan segenap jajarannya berpikir untuk menjadikan kawasan Jakabaring Sport City ini sebagai kawasan wisata olahraga, dimana para pengunjung bisa berolahraga sekaligus berwisata disini. 

Yang ada dalam benak saya saat ini adalah menambahkan fasilitas cable car atau kereta gantung yang akan membawa pengunjung melihat luasnya kawasan Jakabaring Sport City dari atas. Tentu akan menarik sekali karena di Palembang belum pernah ada sebelumnya. Selanjutnya adalah membuat hiburan air yang menarik. Rasanya sayang sekali melihat danau di kawasan Jakabaring tanpa bisa memanfaatkannya lebih maksimal. Padahal ada banyak ragam hiburan air yang bisa dihadirkan di danau ini seperti banana boat atau mungkin parasailing. Dan beragam hiburan lain yang bisa dihadirkan di kawasan Jakabaring Sport City tanpa harus merusak tema olahraga yang sudah melekat di kawasan ini. Saya pikir bila semua itu dapat dihadirkan, nama besar Jakabaring Sport City tidak akan pernah redup.