21 April 2012

Review Film Mama Cake

Sebagai seseorang yang bekerja di balik layar industri hiburan, terkadang saya memiliki beberapa keuntungan tersendiri. Misalkan bisa tahu lagu yang akan dikeluarkan seorang artis atau band sebelum dilemparkan ke pasaran. Demikian pula halnya dengan film, saya bisa menonton film-film terbaru bahkan saat film tersebut masih dalam keadaan belum sempurna. Salah satu film yang bisa saya tonton meskipun masih cukup lama akan tayang di bioskop tanah air adalah film yang berjudul Mama Cake.

Film bergenre drama komedi ini merupakan besutan sutradara Anggi Umbara yang selama ini lebih banyak dikenal sebagai sutradara music video dari para seniman musik tanah air. Berkisah tentang perjalanan singkat 3 sahabat berbeda karakter yakni Raka (diperankan oleh Ananda Omesh), Willy (diperankan oleh Boy Williams) dan Rio (diperankan oleh Ari Dagink) menuju kota Bandung untuk membeli brownies Mama Cake yang merupakan permintaan dari nenek Raka (diperankan oleh Hj.Nani Wijaya) yang sedang sakit keras. Mereke bertiga berangkat ke Bandung dalam kondisi kurang tidur setelah sebelumnya merayakan pesta ulang tahun pacarnya Willy yang bernama Loly. Jarak Jakarta - Bandung yang sebenarnya tidak terlalu jauh menjadi penuh dengan cerita dan konflik yang mereka temui sepanjang perjalanan hanya untuk memburu brownies Mama Cake. 

Jarang sekali saya menemukan film Indonesia dengan cerita yang kuat dan membuat saya betah duduk berlama-lama untuk terus menyaksikan adegan demi adegan yang tersaji sampai akhir cerita. Film ini benar-benar menghibur sekaligus kaya akan pesan moral. Dialog-dialog yang tersaji pun merupakan keseharian dari kehidupan kita. Ditambah banyak sekali animasi yang membuat film ini menjadi berbeda dari film kebanyakan. Banyak istilah-istilah yang akan membuat kita tertawa terpingkal-pingkal, salah satunya adalah istilah padat merayap tanpa harapan yang disingkat pamer paha. 

Sejumlah nama tenar seperti Dinda Kanya Dewi, Didi Petet, Rudi Salam, Candil, Bagus Netral dan beberapa nama lainnya  hadir  dan memberi warna dalam film ini. Meskipun kemunculan mereka hanya satu atau dua scene saja, tapi karakter yang mereka perankan  melengkapi fiilm ini secara keseluruhan. Cukup untuk membuat saya berjanji harus nonton lagi di bioskop bila film ini sudah tayang nanti. Buat yang penasaran seperti apa film terbaru anak negeri yang akan hadir di bioskop beberapa bulan kedepan, silahkan lihat trailernya dan pastikan untuk menonton film ini saat tayang nanti....