06 May 2012

Hanya Sebuah Jawaban Atas Pertanyaan

Ajang Indonesian Idol 2012 Jumat malam yang lalu telah memasuki minggunya yang ke-4. Semua yang menonton acara ini sepertinya sudah mula memilih siapa yang mereka dukung. Bila awalnya masih galau antara kontestan A atau B, sekarang mungkin sudah semakin mantap menentukan siapa yang akan dijagokan. Saya sendiri yang sempat absen memantau ajang ini dua musim sebelumnya, entah kenapa musim ini belum absen menyaksikan babak spektakulernya.  Sama seperti sebelumnya, saya tidak pernah mendukung salah kontestan sebagai jagoan. Hanya saja bila ditanya siapa yang paling saya suka diantara para kontestan yang tersisa, ada 4 orang kontestan yang mencuri perhatian saya sebagai penikmat musik awam.

Bagi banyak orang, Febri mungkin hanya pelengkap di ajang Indonesian Idol. Tapi buat saya Febri adalah sesuatu. Mungkin Febri masih kalah soal teknik vokal dari Regina atau Sean, tapi karakternya justru semakin kuat dari minggu keminggu. Diantara semua kontestan Idol 2012, buat saya yang progress nya paling oke selama 4 minggu babak spektakuler adalah Febri. Banyak orang yang kurang suka dengan caranya bernyanyi, tapi saya sangat suka bagaimana dia menaklukkan setiap lagu yang dia bawakan. Membuat lagu yang dibawakan penyanyi terkenal dengan karakter vokal yang kuat seperti Tantri Kotak, Charly ST12 dan Agnes Monica menjadi totally different dengan karakter suaranya yang unik dan mirip karakter suara sejumlah penyanyi top dalam dan luar negeri. Ditambah lagi Febri selalu menyanyikan lagu yang dibawakannya dengan penghayatan maksimal. Buat penikmat musik awam seperti saya, membuat lagu menjadi enak didengar, tidak membosankan dan pesan yang disampaikan dari lagu tersebut dapat diterima dengan baik oleh penikmat musik itu sangat penting.

Eksotis.. itulah kesan pertama saya melihat sosok gadis berusia 16 tahun bernama Sean ini. Kualitas vokalnya yang luar biasa sepertinya tidak perlu diragukan mengingat bakatnya yang telah terasah sejak dia masih kecil.  Dukungan keluargapun seolah memantapkan jalannya untuk tampil prima. Ditambah lagi dengan menguasai alat musik yang seolah menyempurnakan talenta bermusiknya. Sean ini tahu benar memberikan kejutan-kejutan yang disukai oleh penikmat musik awam seperti saya. 

Regina ini sepertinya favorit juara hampir semua penonton. Memilki kualitas suara dan teknik vokal yang saya pikir paling baik diantara kontestan lainnya. Kalaupun ada komentar yang bernada kritik dari para juri mengenai Regina, mungkin karena mereka ingin melihat Regina menyanyikan lagu dengan tempo cepat sebaik yang dia bawakan jika menyanyikan lagu-lagu ballad. Regina berhasil memberi warna tersendiri dalam penyelenggaraan Idol tahun ini dengan kedahsyatan suaranya. 

Pertama dengar Dion menyanyi saat audisi, saya percaya dia akan menjadi salah satu kontestan babak spketa. Kemampuannya membawakan lagu dengan ekspresi yang sangat baik membuatnya menjadi idola baru dalam sekejap. Membawakan beberapa lagu yang di aransmen sesuai dengan karakternya dan menjadikan lagu itu seperti sebuah lagu yang belum pernah ada sebelumnya menurut saya sesuatu yang hebat. Hanya saja jika Dion terus-terusan tampil seperti ini tanpa ada perubahan yang berarti, saya kuatirkan pemirsa akan menjadi bosan. Apalagi kontestan yang lain terus berbenah untuk menyajikan sesuatu yang baru dan mengejutkan. 

Sekali lagi ini bukan sebuah penilaian apalagi menjagokan secara khusus. Ini hanya menjawab sebuah pertanyaan siapa yang saya suka dari sekian banyak kontestan. Dan inilah jawaban saya...

NB : Semua foto saya ambl dari website Indonesian Idol