10 May 2012

Empati

Menurut Mbah Wikipedia, empati adalah kemmapuan dengan berbagai definisi yang berbeda yang mencakup spektrum yang luas, berkisar pada orang lain yang menciptakan keinginan untuk menolong, mengalami emosi yang serupa dengan emosi orang lain, mengetahui apa yang orang lain rasakan dan pikirkan, mengaburkan garis antara diri dan orang lain.

Foto diambil dari Merdeka.com
Kemarin sebuah pesawat Sukhoi yang sedang uji coba penerbangan untuk memperkenalkan produk terbaru bermerk Sukhoi Super Jet 100 dinyatakan jatuh dan menabrak tebing di Gunung Salak. Meskipun sampai malam ini saya menonton berita di TV bahwa posisi puing-puing pesawat sudah berhasil ditemukan lengkap dengan foto-foto puing pesawat, tapi belum ada kepastian mengenai para penumpang pesawat tersebut.Team SAR belum berhasil mencapai lokasi jatuhnya pesawat sampai malam ini dikarenakan faktor cuaca. Sementara berita lain memperlihatkan wajah-wajah haru, tegang dan pasrah para keluarga, sahabat atau bahkan relasi dari penumpang yang namanya terdaftar dalam manifest. Ditengah kesibukan saya hari ini yang cukup padat dikantor, saya selalu sempatkan untuk selalu memantau perkembangan evakuasi sembari berdoa untuk keselamatan para penumpang pesawat tersebut.

Akan tetapi ada saja ternyata orang-orang yang entah harus saya bilang bodoh atau tolol yang dengan entengnya bercanda ditengah perjuangan team SAR menyelamatkan para korban dan ditengah kekalutan keluarga penumpang pesawat menanti nasib orang-orang yang mereka cintai. Beberapa BBM yang saya terima benar-benar membuat saya emosi. Yang akhirnya membuat saya mengambil keputusan tidak hanya menghapus isi broadcast BBM tersebut tapi juga menghapus orang-orang yang mengirimkan broadcast BBM tersebut dari list pertemanan saya tanpa terkecuali. Tidakkah mereka membayangkan bila ternyata mereka yang berada diposisi keluarga penumpang pesawat tersebut ? Bila memang berempati terasa sangat sulit, mungkin lebih baik diam untuk menunjukkan rasa empati kalian !