08 July 2012

Menginap Di Harris Hotel Batam Center

Dalam perjalanan dinas 5 kota yang saya lakukan sekitar dua minggu lalu, saya berkesempatan menginap di beberapa hotel yang rasanya sayang kalau tidak saya review seperti pengalaman menginap di hotel lainnya yang pernah saya lakukan. Salah satu hotel yang saya inapi dalam perjalanan tersebut adalah Harris Hotel Batam Center.

Awalnya saya tidak berencana untuk menginap di Batam karena saya berencana untuk langsung terbang ke Pekanbaru pada sore harinya. Tapi ternyata saya tidak berhasil mendapatkan tiket pesawat ke Pekanbaru sore itu dan mau tidak mau terpaksa saya harus menginap di Batam. Harris Hotel Batam Center sendiri adalah hotel kesekian yang saya datangi setelah beberapa hotel pilihan saya penuh dan hanya menyisakan kamar suites yang tentu saja tidak sesuai budget saya. Rupanya hari itu Batam sedang banyak sekali mengadakan acara berskala nasional sehingga hotel-hotel secara otomatis telah terisi oleh rombongan tersebut. Untungnya di Harris Hotel Batam Center masih tersedia kamar kosong. Walaupun sore itu saya mendapat kamar diharga Rp.775.000 yang notabene masih over budget, setidaknya saya nombok tidak terlalu banyak dibandingkan harga-harga hotel sebelumnya yang saya datangi yang sudah diatas 1 juta rupiah. 

Ini adalah kali kedua saya menginap di hotel Harris grup setelah sebelumnya saya pernah menginap di Harris Pop Denpasar akhir tahun 2011 lalu. Bedanya Harris Pop adalah hotel yang mengusung konsep budget hotel. Kesan pertama ketika saya masuk kedalam Harris Hotel Batam Center ini adalah berwarna. Sepertinya Harris grup memang ingin mencirikan semua hotelnya seperti ini. Sejauh kita memandang diseputar lobby kita akan merasakan perpaduan warna oranye dan hijau yang cukup mendominasi diantara warna-warna lainnya. Staff hotel sangat ramah dan cukup cekatan melayani para tamu yang akan check in dan akan check out. Saya tidak menunggu lama untuk mendapatkan kunci kamar saya.

Saya suka sekali kunci kamar Harris Hotel Batam Center yang sangat berwarna dan tidak membosankan. Berbeda dengan kunci kamar hotel kebanyakan yang biasanya sekedar bertuliskan nama dan logo hotel saja.  Tapi gara-gara kunci kamar Hotel Harris Batam Center ini, saya jadi tahu alasan kenapa hotel-hotel lain lebih memilih membiarkan kunci kamar mereka berwarna putih polos dan sekedar bertuliskan nama dan logo hotel saja. Karena kalau berwarna warni seperti ini, sudah pasti hotel akan mengeluarkan biaya extra untuk selalu membuat kunci kamar karena akan banyak orang yang suka menginap dihotel seperti saya yang akan meminta, membeli atau mungkin mengambil diam-diam kunci hotel seperti ini untuk dijadikan koleksi. Hahahahaha..

Koridor menuju kamar pencahayaannya cukup baik sehingga tidak terkesan menyeramkan. Membuat saya nyaman kalau pulang malam-malam dan melintasi koridor ini sendirian.


Kamarnya berukuran cukup luas dan masih didominasi warna hijau dan oranye. Tempat tidurnnya empuk, TV nya sudah LCD dengan penerimaan channel tv yang sangat baik, dan lantainya juga dilapisi karpet yang berwarna warni. Pemanas air untuk membuat kopi dan teh berfungsi dengan baik. Mini bar dikamar juga menyediakan beraneka pilihan minuman. Dan satu hal yang mungkin jarang tersedia dihotel lainnya adalah aroma terapi. Begitu saya nyalakan, aroma jeruk yang menenangkan pikiran langsung tercium diseluruh kamar. Sangat menyenangkan...

Kamar mandinya tidak terlalu besar dan tetap didominasi warna oranye dan hijau. Perlengkapan mandi yang disediakan hotel hanya sabun batangan, shower cap, shampo dan sikat gigi. Di kaca ditempelkan tulisan, kalau ingin amenities yang lebih komplit dapat membelinya di resepsionis. Untungnya saya selalu membawa perlengkapan mandi sendiri bila bepergian sehingga hal tersebut bukan sebuah masalah besar untuk saya. Air panas nya berfungsi dengan baik dan semprotan shower di kamar mandi juga berfungsi maksimal. Urusan bebersih tubuh pokoknya lancar jaya...

Pemandangan dari jendela kamar di Harris Hotel Batam Center ini terbagi dua bagian. Satu view menghadap laut dan view lainnya menghadap balai kota. Walaupun tidak mendapatkan kamar dengan pemandangan menghadap ke laut, tapi saya sangat senang dengan pemandangan dikamar saya yang langsung menghadap alun-alun kota Batam, balai Kota, mesjid  raya juga bukit dengan tulisan Welcome To Batam. Pemandangan yang sangat bagus.

Kolam renang hotel ini berada satu lantai dengan lobby, tepatnya di bagian belakang gedung. Dari kolam renang kita bisa melihat laut dan beberapa kapal. Disamping kolam renang sering dipakai untuk mengadakakan acara dan pesta BBQ. Yang kurang dari kolam renang ini adalah terlalu gersang kalau menurut saya. Tidak ada atap untuk sedikit mengurangi rasa panasnya. Oh ya, sore itu saya juga sempat menjajal fitness center nya. Walaupun tidak terlalu besar, tapi saya sangat menikmati berolahraga disana. Apalagi pemandangannya langsung menuju kolam renang dan juga laut dibelakangnya. 

Sarapan pagi berlangsung di restoran yang terletak dibelakang meja resepsionis. Pilihan makanannya bervariasi dan rasanya juga enak. Yang kurang menurut saya hanya piringnya yang berwarna hijau. Saya kurang suka dengan piring makan berwarna hijau ini karena makanan yang saya foto warnanya menjadi kurang tajam. Menurut saya, makanan akan sempurna difoto diatas piring yang berwarna putih.

Satu lagi kelebihan Harris Hotel Batam Center ini adalah lokasinya bersebrangan dengan Mega Mall Batam. Jadi kalau lagi suntuk dihotel tinggal nyebrang buat nongkrong, cari makan atau nonton film terbaru di Mega XXI. Menyenangkan bukan ? Jadi kalau sedang liburan atau dinas ke Batam dan belum dapat tempat menginap, Harris Hotel Batam Center ini bolehlah dijadikan pilihan. Harga kamar mulai dari Rp.425.000,- .Langsung saja datang ke :

Jl. Engku Putri, Batam Center - Batam 29641 
T: +62 778 749 8888 
F : +62 778 749 9999