12 July 2012

Menghitam di Batam

Bukan tanpa alasan kalau saya membuat judul demikian, tapi fakta memang membuktikan kalau Batam itu panas. Jadi siap-siap saja menjadi hitam saat mengunjungi pulau yang bertetangga dengan negara Singapura ini. Mau tau tempat-tempat mana saja yang saya singgahi selama berada di Batam ? Yok kita intip...

Kata teman saya Ukie, belum sah berkunjung ke Batam kalau belum singgah dan berfoto dengan latar belakang Bukit Clara yang bertuliskan Welcome To Batam segede gaban. Bukit Clara sendiri letaknya tidak jauh atau mungkin masih bolehlah saya katakan berdekatan dengan Batam Center. Dari kamar Harris Hotel Batam Center yang saya inapi, saya bisa melihat sepuasnya Bukit Clara yang kini telah menjadi salah satu landmark kota Batam. 

Tempat kedua yang wajib sekali untuk dikunjungi bila mengunjungi Batam adalah Jembatan Barelang. Barelang sendiri adalah singkatan dari Batam, Rempang dan Galang, yakni nama pulau-pulau yang sudah terhubungkan oleh beberapa jembatan. Tiap jembatan sebenarnya mempunyai namanya masing-masing. Seperti jembatan pertama yang paling besar ini yang sebenarnya Jembatan Tengku Fisabilillah. Sayang karena waktu saya tidak banyak untuk berjalan-jalan, saya hanya sempat mengitari 2 jembatan saja. Mungkin lain kali bila berkunjung ke Batam lagi, saya akan menyempatkan diri mengunjungi semua jembatan yang ada.  Oh iya, sepanjang perjalanan menuju Jembatan Barelang ini kita akan disuguhi pemandangan yang menyenangkan. Saya nyaris merasa kalau ini seperti bukan berada di Indonesia. 

Batam katanya terkenal dengan barang-barang murahnya seperti barang elektronik, tas bermerk, parfum dan lain sebagainya. Benda-benda tersebut bisa kita dapatkan dikawasan seputar Nagoya. Saya sendiri karena tidak terlalu suka shopping bila sedang traveling, maka belum bisa membuktikan apakah barang-barang murah tersebut benar adanya. 
Jangan lupa pula sempatkan diri berkunjung ke KTM Resort, sebuah resort yang berada di daerah Sekupang yang langsung menghadap ke Singapura. Di KTM Resort terdapat patung Dewi Kwan Im berukuran 26 m. Patung ini merupakan patung Dewi Kwan Im tertinggi di Indonesia dan sudah tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI)

Puas muter-muter sekarang mari kita memanjakan perut. Jangan pernah ngaku datang ke Batam yah kalau belum nyobain sup ikan Yong Kee. Ini sepertinya salah satu makanan wajib yang harus dicoba kalau kita datang ke kota Batam. Di Batam sendiri rumah makan Yong Kee sudah memiliki beberapa cabang dengan menu andalan sup ikan. Rasa sup ikannya enak dan segar. Saya lebih suka menambahkan kecap asin supaya rasanya lebih mantap. Yang tidak suka ikan tidak usah kuatir, karena ada beberapa varian sup lain seperti sup seafood yang tersedia disini.

Salah satu cemilan yang paling saya suka kalau datang ke Batam adalah gonggong. Gonggong ini adalah siput laut yang dimasak dengan cara direbus. Mengeluarkan dagingnya dari dalam cangkang ini merupakan salah satu daya tarik yang membuat saya ketagihan memakannya. Buat yang baru pertama kali memakannya, mungkin akan terasa sulit sekali mengeluarkan daging gonggong ini dari dalam cangkangnya, tapi lama kelamaan akan terasa mudah. Daging gonggong dikeluarkan dengan bantuan tusuk gigi dan setelahnya dimakan dengan sejenis sambal terasi. Rasanya enaaaak banget. Harga seporsi gonggong ini cukup mahal, berkisar antara Rp.25.000 sampai Rp.50.000,-. Tapi saya pikir cukup sebanding dengan rasanya yang lezat dan kandungan gizinya.

Nah setelah puas jalan-jalan dan makan-makan, sekarang pastinya kita harus memikirkan oleh-oleh apa yang akan kita bawa untuk saudara-saudara dirumah atau teman-teman kantor. Salah satu oleh-oleh khas kota Batam adalah kek pisang Villa. Rasa kuenya enak dan pisangnya terasa sekali. Saya sempat membeli beberapa kotak untuk saya bawa ke Jakarta. Harga sekotaknya sekitar Rp.35.000,-

Demikianlah cerita saya ketika berkunjung ke kota Batam. Mudah-mudahan bisa menjadi panduan teman-teman yang sudah berencana mengunjungi kota Batam dalam waktu dekat. Selain apa yang saya tulis ini sebenarnya masih banyak sekali tempat-tempat di kota Batam yang sangat menyenangkan untuk didatangi, mungkin bila saya berkunjung ke Batam lagi akan saya datangi dan akan saya tulis dalam catatan perjalanan saya mendatang...