20 September 2012

Terminal 3 dan Mandala Air

Dalam perjalanan ke Medan untuk menghadiri pernikahan keponakan saya Buby awal September lalu, saya mencatat sesuatu yang baru dalam perjalanan kali ini. Sebenarnya sih ini merupakan hal yang saya sengaja mengingat saya sudah terlalu sering ke Medan tahun ini tanpa sempat mengeksplor daerah-daerah sekitarnya karena keterbatasan waktu. Karena itulah saya rasa perlu untuk membuat sesuatu yang baru supaya perjalanan kali ini tetap berkesan dalam catatan perjalanan saya.

Foto diambil dari sini
Oke, bilang saya norak saudara-saudara.. Saya sudah puluhan kali terbang dan mendarat dan Soekarno Hatta Airport tapi saya belum pernah menginjak Terminal 3 sama sekali. Karena itulah saya memutuskan untuk terbang dengan maskapai yang menghuni Terminal 3 supaya saya bisa dengan bangga menulis status di Path dan twitter saya kalau sedang menunggu pesawat di Terminal 3. Hahahahaha..

Karena ini kali pertama saya akan terbang dari Terminal 3, boleh dong saya norak sedikit jeprat jepret sana sini. Sampai-sampai karena terlalu asyik memotret saya tidak menyadari bahwa check in counter sudah kosong. Terminal 3 ini bagus dan kinclong sekali. Saya suka nyaris semua sudutnya kecuali komersial area nya yang menurut saya kurang rapi penataannya. Satu hal lagi yang saya kurang suka adalah gantungan iklan sponsor disepanjang koridor. Kenapa tidak memakai TV LCD saja sih iklannya ? Ruang tunggu penumpang nya bersih dan luas. Nyaman sekali menunggu pesawat disitu. Saya bahkan nyaris tertidur saking nyamannya. Hmm sebenarnya sih karena mengantuk yah.. Hahahahaha.. Pokoknya saya senang sekali akhirnya bisa terbang dari Terminal 3. Mudah-mudahan saya akan sering terbang dari sini kedepannya...

Yaak.. sekali lagi bilang saya norak saudara-saudara. Ini adalah perjalanan pertama saya terbang dengan Mandala Airlines. Dari pertama Mandala berdiri dengan logo roda pedati sampai kemudian berganti logo yang mirip bunga teratai, saya belum pernah terbang dan mencicipi layanan maskapai ini. Ketika kemudian maskapai ini sempat terlilit masalah yang mengakibatkan mereka berhenti beroperasi tahun lalu, saya sempat menyesali diri tidak pernah bela-belain terbang dengan maskapai ini. Hingga pada akhirnya Mandala kembali beroperasi tahun ini dengan menggandeng Tiger Airways, saya langsung memutuskan mencari waktu untuk terbang dengan maskapai yang sekarang lebih sering disebut Mandala Tiger ini. 

Sebenarnya tidak ada yang istimewa menaiki pesawat ini karena saya sudah sering terbang dengan pesawat jenis Airbus A320 dengan menggunakan maskapai lain. Tapi karena ini adalah pengalaman pertama saya terbang dengan Mandala, bolehlah yah saya narsis foto-foto sedikit disana sini. Hahahahaha.. Dalam penerbangan ke Medan saya kurang menikmati penerbangan karena saya sempat tidur dan mendadak terbangun yang mengakibatkan sakit kepala. Untungnya dalam penerbangan kembali ke Jakarta, saya tidak mengalami hal yang sama. Ditambah lagi saya duduk dikursi paling depan dalam penerangan kembali ke Jakarta. Lagi-lagi ini adalah pengalaman pertama saya duduk dikursi paling depan dalam sejarah terbang saya menggunakan pesawat. Satu hal yang saya suka terbang dengan Mandala adalah soal ketepatan waktu. Penerbangan saya ke Jakarta adalah pukul.21.35 sementara saya tiba di Bandara Polonia pukul 20.15 dan saat itu sudah ada panggilan masuk pesawat. Mudah-mudahan kedepan Mandala Airlines bisa menambah rute-rute penerbangan mereka keberbagai kota sehingga saya bisa lebih sering terbang bersama Mandala.