03 November 2012

Bikin Pizza Sederhana

Setiap bulan setelah gajian, seperti biasa saya belanja kebutuhan rumah sepulang kantor. Biasanya sih saya lebih suka belanja bahan makanan untuk diolah menjadi makanan siap makan. Bahan makanan yang saya beli tidak jauh-jauh dari ayam utuh, ikan, daging, lalu sejumlah bumbu dan sayuran segar. Nah pada saat belanja kemarin tiba-tiba saja saya berpikir ingin membuat pizza sendiri. Tapi mengingat saya ini tidak bisa masak, saya pasti tidak akan mampu membuat adonan rotinya. Jadi iseng-iseng saya melihat kebagian bahan makanan beku, siapa tahu saya bisa menemukan adonan roti pizza siap panggang. Dan ternyata saya beruntung saudara-saudara, saya menemukannya dengan harga tidak sampai Rp.20.000,- isi 5 potong roti pizza siap panggang.  Saya memasukkannya kedalam keranjang belanja saya dan setelahnya mulai bergerilya mencari bahan untuk topping nya. Saya memilih jamur shitake, sosis, bawang bombay serta keju, tidak lupa pula membeli saus tomat dan saus sambal. 

Tadinya saya ingin membuat pizza di akhir pekan ini, tapi apa daya saya benar-benar tidak sabar ingin mencoba membuatnya secepat mungkin. Langkah pertama adalah memanaskan oven, lalu menyiapkan loyang dan membiarkan adonan roti pizza yang beku berada dalam suhu ruangan beberapa saat.

Kemudian menyiapkan toppingnya. Mengiris sosis, bawang bombay dan jamur shitake yang sebelumnya sudah dicuci bersih terlebih dahulu. Pada saat menyiapkan topping ini saya baru menyadari kalau saya sama sekali tidak ingat membeli paprika. Tapi hal ini tidak menyurutkan niat saya memanggang pizza malam itu. Dengan bahan yang ada saja saya pikir sudah cukuplah untuk membuat pizza sederhana.

Setelah semua bahan disiapkan, langkah selanjutnya adalah menyusun topping diatas adonan roti. Mulai dari mengoles saos tomat, lalu menyusun bawang bombay, jamur dan sosis diatasnya. Setelah itu diakhiri dengan menaburkan keju. Menurut teman-teman saya, keju yang biasanya digunakan untuk taburan pizza itu adalah keju mozzarela, tapi berhubung harganya cukup mahal maka saya menggantinya dengan keju quick melt. Setelah siap, maka pizza ini bisa dimasukkan kedalam oven.

Dan setelah dipanggang selama lebih kurang 15 menit matanglah pizza pertama saya. Rasanya ?? Enak walaupun rotinya terlalu garing. Hahahahaha... Tapi saya jadi ketagihan mau coba bikin piza yang toppingnya ditumis terlebih dahulu. Kayanya emang enak bikin topping pizza karena bisa dibikin macem-macem isiannya. Walaupun bisa dibilang ngga bisa masak, tapi mencoba membuat makanan sendiri itu ternyata menyenangkan yah ?