09 February 2013

Outlet Pempek Candy Tanjung Siapi-Api

Setiap pulang kampung ke Palembang, baik itu untuk urusan pekerjaan maupun sekedar melarikan diri sejenak dari kejenuhan ibu kota, teman-teman saya pasti menodong untuk dibawakan oleh-oleh pempek yang merupakan makanan khas kampung halaman saya tercinta ini. Di Palembang sendiri banyak sekali dan sangat mudah ditemukan penjual pempek, mulai dari penjual pempek keliling sampai toko pempek dalam toko yang didesain dengan mewah seperti cafe. Dan semua pempek yang dijual di Palembang pasti memiliki cita rasa ikan yang terkandung didalamnya. Kalau pempek tanpa daging ikan, biasanya masyarakat Palembang menyebutnya sebagai pempek dos. Pada dasarnya saya tidak mempunyai langganan toko pempek tertentu, karena bagi saya toko pempek satu dengan yang lain di Palembang itu sama saja. Akan tetapi teman-teman saya kebanyakan sering merequest oleh-oleh pempek dari toko tertentu, salah satunya adalah Candy. Bisa jadi Candy ini menjadi primdona karena merupakan toko pempek pertama yang mengemas pempeknya dalam kotak dengan tulisan yang mudah dibaca yang tersedia dalam berbagai ukuran dan mudah dibawa. 

Outlet Pempek Candy bisa dijumpai dibanyak tempat strategis di kota Palembang, sehingga sangat memudahkan untuk para wisatawan yang ingin membeli pempek dan kerupuk Palembang sebagai oleh-oleh. Nah belum lama ini, Pempek Candy membuka outlet baru di jalan akses bandara yang bisa saya katakan merupakan sebuah outlet yang sangat besar. Tidak heran kalau belakangan ini saya suka mengantar atau bahkan membeli pempek untuk oleh-oleh langsung di outlet ini. Apa sih yang membuat outlet menjadi terasa istimewa ?

Yang menjadi pilihan utama disini tentu saja pempek. Aneka jenis pempek bisa kita bawa sebagai oleh-oleh. Yang membuatnya sedikit berbeda dengan outlet pempek Candy lainnya adalah display pempek untuk dikemas dan untuk makan ditempat terpisah. Pempek favorit saya untuk dimakan sih biasanya pempek telur kecil. pempek keriting, pempek adaan, pempek pistel dan pempek kulit. Saya sendiri bisa menghabiskan 10 sampai15 pempek ukuran kecil sekali makan. Hahahahaha... Oh yah, untuk membeli pempek dalam kotak, pihak Candy memyediakan pilihan harga. Mulai dari Rp.75.000,- kemudian Rp.100.000,- dan seterusnya. Semakin besar paket harga yang kita pilih, kotak yang disediakan juga semakin besar. 

Di outlet Pempek Candy Tanjung Siapi-Api ini juga terdapat cafe yang menyediakan aneka pilihan makanan. Saya lupa menu apa saja yang tersedia disini karena belum sempat mencoba nya. Tapi salah satu yang sempat terbaca adalah pindang Palembang. Kalau kesini dan kebetulan sempat makan, saya biasanya paling suka memesan tekwan atau model. 

Selain pempek, kerupuk atau kemplang Palembang juga merupakan salah satu primadona yang biasa dibeli pengunjung untuk dijadikan oleh-oleh di outlet Pempek Candy Tanjung Siapi Api. Kita bisa memilih aneka jenis kerupuk, mulai dari yang digoreng atau yang di panggang. Dan terdapat pilihan kerupuk ikan, udang atau cumi. Kalau sudah disini rasanya kalap ingin membeli semuanya. Hahahahaha...

Selain pempek dan kerupuk kemplang siap makan, disini kita juga bisa membeli aneka makanan yang memerlukan pengolahan lebih lanjut. Misalnya kerupuk mentah yang harus digoreng dulu, tekwan kering yang bisa dimasak dengan cara direbus terlebih dahulu, ada juga cuka pempek kering dan lain sebagainya. 

Jenis makanan lainnya yang dijual di outlet Pempek Candy Tajung Siapi-Api adalah lempok durian. Buat penggemar durian pastinya akan suka sekali dengan rasa lempok yang kaya akan rasa durian dengan rasa yang manis ini. Kita bisa membeli yang berukuran kecil maupun yang berukuran besar, tergantung selera dan isi dompet pastinya. 

Selain aneka makanan yang sudah saya jabarkan diatas, disini kita juga bisa menjumpai souvenir khas Palembang disini. Beberapa item yang sempat saya lihat antara aneka kaos dengan tulisan-tulisan khas Palembang, lalu ada aneka macam gantungan kunci, boneka pengantin Palembang, miniatur jembatan Ampera, dan lain-lain. 

Beberapa saudara dan rekan yang pernah saya rekomendasikan untuk membeli oleh-oleh disini mengaku senang karena mereka bisa membeli berbagai macam oleh-oleh khas Palembang hanya dengan berkunjung kesatu tempat saja. Setidaknya sangat memudahkan mereka yang datang ke Palembang tapi tidak sempat berkunjung kemanapun karena urusan pekerjaan. Lokasi outlet yang berada di jalan akses bandara juga cukup membuat tenang karena outlet ini hanya berjarak sekitar 10 menit menuju airport Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Jadi buat yang ada rencana berkunjung ke Palembang, silahkan mencoba outlet Pempek Candy Tanjung Siapi-Api.