08 March 2013

Hong Kong Trip : Social Media Lancar Jaya

Gambar diambil dari sini
Dua minggu sebelum berangkat ke Hong Kong saya mulai kasak kusuk mencari list operator seluler yang bisa saya andalkan supaya bisa tetap terhubung dengan dunia. Walaupun liburan kali ini berstatus cuti dari pekerjaan atau dengan kata lain sebenarnya saya bisa saja memutuskan komunikasi sesaat dengan kantor, tapi rasanya kok saya tidak tega yah. Loyalitas memaksa saya supaya masih bisa tetap memantau semua aktifitas dikantor. Maka inilah 3 operator yang akhirnya saya gunakan selama berada di Hong Kong.

Faktanya saya adalah pengguna Telkomsel sejak lama. Bahkan saya adalah pelanggan kartu Halo yang walaupun bukan termasuk kategori priority berdasarkan besarnya tagihan bulanan, tapi jumlah tahun dimana saya telah menggunakan nomor kesayangan saya ini rasanya cukup menjelaskan semuanya. Dan sudah pasti saya harus mengikutsertakan nomor yang saya gunakan ini dalam bagian perjalanan saya ke Hong Kong. Tinggal aktifkan roaming internasional dengan cara kirim ketik IR dan kirimkan sms ke nomor 6616. Lalu akan mendapatkan notifikasi bahwa roaming nya sudah diaktifkan. Kemudian tinggal memilih paket blackberry mana yang akan saya gunakan. Ketik *266# lalu pilih 3.Paket Data & BB , selanjutnya pilih 2.Asia dan kemudian pilih 3.Hongkong . Setelah itu pilih 3.Pilihan Paket ,kemudian ketik 3.Paket Combo dan ketik 1.Unlimited BB Roaming dan terakhir saya pilih nomor 2.120.000/3hari  . Selanjutnya tinggal meneruskan saja untuk membeli paket tersebut. Saran saya aktifkan paket sesaat sebelum berangkat menuju negara tujuan, sehingga begitu kita sampai tinggal memilih nama operator yang bekerja sama dengan Telkomsel. Oh ya karena saya memilih paket Combo yang bisa digunakan di beberapa negara termasuk Singapura, maka begitu saya transit selama 4 jam di Singapura saya sudah bisa mengaktifkan blackberry saya dengan memilih operator SingTel , sedangkan di Hong Kong operator yang bekerja sama adalah CSL . Maka selama 3 hari, saya bisa leluasa menggunakan blackberry saya.

Gambar diambil dari sini
Setelah 3 hari, paket blackberry Telkomsel saya pun berakhir. Sebenarnya saya bisa saja memperpanjang paketnya. Tapi untungnya beberapa hari sebelum berangkat saya dikasih kartu XL gratis oleh teman saya. Menurut teman saya, XL memberikan free 3 hari untuk paket blackberry di beberapa negara di Asia. Termasuk Hong Kong dan Singapura. Tapi dengan catatan, sebelumnya kita harus sudah berlangganan paket Blackberry Full Service terlebih dahulu. Tidak masyalah... Untuk mengaktifkan paket blackberry full service cukup menekan *123# dan pilih paket BB Full Service. Setelah paket BB Full Servive diaktifkan, lalu tinggal telpon 817 untuk mengaktifkan roaming internasional. Oh ya, pastikan untuk menonaktifkan voice mail dengan cara tekan #818# lalu tekan ok atau yes. Dan nonaktifkan juga call divert / call forwading dengan cara tekan ##002# lalu tekan ok atau yes. Setelah semuanya beres, tinggal berangkat menuju negara tujuan. Begitu akan diaktifkan di negara tujuan, pastikan pilih operator Smart Tone bila berada di Hong Kong dan M1 bila berada di Singapura. Jadi sayapun lancar jaya menggunakan Blackberry selama 6 hari....

Untuk paket data, saya memilih operator Hong Kong dengan merk One2free sebagai pilihan. Sebenarnya saya menerima banyak saran untuk pilihan paket data ini, tapi akhirnya saya memutuskan memakai one2free sebagai pilihan terakhir. Saya membeli perdana one2free ini di Terminal 1 Keberangkatan Hong Kong International Airport seharga HK$88 . Saya tidak terlalu pusing dengan paket bicara dan berapa pulsa yang bisa saya gunakan dengan operator ini. Saya hanya tergoda dengan unlimited data selama 7 hari. Dengan kata lain, Iphone saya bisa on terus dan tidak terlalu mengandalkan wifi yang belum tentu ada ditempat-tempat tujuan saya nanti. Saya juga tidak perlu repot untuk setting dan registrasi perdana ini karena semua sudah dilakukan di counter tempat saya membeli perdana ini. Dan syukurnya selama saya berada di Hong Kong, jaringan one2free yang saya saya pakai ini sangat baik. 

Blackberry dan Iphone saya dalam status aman dan bisa digunakan, maka liburan saya pun jadi lebih tenang, lebih berwarna dan bisa update status dimanapun.