28 March 2013

Hong Kong Trip : Naik Cable Car ke Ngong Ping 360

Tujuan saya berikutnya di Hong Kong adalah menuju Ngong Ping Village. Disana saya ingin melihat Giant Budha dan merasakan sensasi naik cable car. Seandainya saya kesana di hari libur, dari halte Kowloon Park yang tidak jauh dari tempat saya menginap terdapat rute bus langsung menuju Lantau Island. Tapi karena saya tidak pergi di hari libur, maka pilihan untuk menuju kesana adalah dengan menggunakan MTR. Dari stasiun MTR Tsim Sha Tsui, saya menuju ke stasiun transit Lai King lalu kemudian naik MTR berikutnya menuju Tung Chung. Begitu keluar dari stasiun Tung Chung ternyata saya berada di Citygate Outlets, salah satu tempat shopping produk branded di Hong Kong. Dari sini tinggal keluar mall dan mengikuti petunjuk arah cable car Ngong Ping 360. 


Begitu sampai di stasiun cable car, kita tinggal membeli tiket cable car sesuai kebutuhan. Ada beberapa paket harga cable car yang bisa kita pilih di website mereka . Bila ingin mendapat harga murah belilah tiket cable car di hostel atau tempat kalian menginap karena biasanya harganya sedikit lebih murah daripada membeli ditempat. Ada 2 jenis cable car yang bisa kita naiki, yaitu standar cabin seperti kebanyakan cable car lainnya yang pernah saya naiki sebelumnya dan yang kedua adalah crystal cabin. Crystal Cabin ini adalah cable car yang bagian bawahnya terbuat dari kaca transparan sehingga sepanjang perjalanan kita bisa memandang kebawah dengan leluasa. Awalnya saya ingin mencoba naik crystal cabin, tapi karena harganya memang lebih mahal, maka saya memutuskan naik yang standar cabin saja. 

Begitu cable car yang saya naiki mulai berjalan saya tidak berhenti memotret. Karena sepanjang perjalanan saya melihat banyak sekali pemandangan yang indah yang sayang bila tidak diabadikan. Tidak perduli orang yang satu cable car dengan saya melihat takjub kelakuan saya jeprat jepret narsis dari kiri ke kanan trus pindah tempat buat dapet angle foto dengan latar yang saya inginkan sepanjang perjalanan ini. Hahahahaha... 

Sebagai penyuka dunia aviasi, saya terpukau ketika cable car melintasi Hong Kong International Airport. Saya bisa melihat lalu lalang pesawat di airport kelas dunia dari sini. Senang rasanya bisa melihat airport ini secara utuh dari atas. Pemandangan yang tidak akan mungkin pernah saya lupakan.

Cable car terus melaju menyajikan pemandangan yang berbeda. Mulai dari suasana kota, lalu melewati pegunungan dan laut, melintasi Hong Kong International Airport dan melewati bukit-bukit yang terjal. Semakin tinggi cable car melaju maka semakin dingin pula temperatur udara. Saya yang tadinya hanya memakai mantel, akhirnya memutuskan menggunakan syal. Oh ya, ada pengalaman seru yang tak terlupakan ketika naik cable car dalam perjalanan pulang. Ditengah perbukitan terjal tiba-tiba cable car berhenti cukup lama. Saya mencoba tenang tapi hati tidak bisa berbohong kalau saya cukup tegang karenanya. Berbagai pikiran buruk menghantui saya saat itu. Tapi saya coba menghibur diri dengan berfoto-foto narsis. Hingga tiba-tiba petugas memberitahu melalui speaker bila mereka sedang restart engine. Butuh waktu sekitar 10 menit hingga cable car bisa berjalan kembali. Benar-benar 10 menit yang bikin tegang. Hahahahaha... Tapi secara keseluruhan saya puas sekali bisa naik cable car bolak-balik dengan bonus pemandangan luar biasa ini. 

Catatan perjalanan saya ke Ngong Ping Village, Giant Budha dan Wisdom Path akan saya ceritakan dalam postingan berikutnya.