14 October 2013

Martabak & Resto Abdullah HAR

Selain pempek, salah satu makanan wajib yang harus saya makan kalau lagi pulang kampung ke Palembang adalah Martabak HAR. Martabak HAR ini adalah martabak yang sangat terkenal di Palembang, sejak kecil saya sudah menyukai martabak berisi telur dan dimakan dengan kuah kari ini. Di Palembang sendiri ada banyak tempat yang menjual martabak HAR, dan salah satu tempat nongkrong sambil makan martabak favorit saya adalah martabak HAR yang berada di simpang Sekip ini. Salah satu alasan kenapa saya suka makan disini adalah karena tempat ini buka 24 jam. Saya dan kakak sering sekali makan tengah malam kalau kelaparan sehabis nonton bola atau sedang begadang. 

Saat saya mudik ke Palembang untuk merayakan lebaran haji tahun ini, kakak saya memberi tahu bahwa tempat nongkrong makan martabak kami sudah di renovasi menjadi lebih baik dan lebih asyik daripada sebelumnya. Dan kemarin siang kami langsung mampir untuk makan martabak sekaligus nongkrong disini. Ternyata saya benar-benar menemukan suasana yang sangat berbeda dibandingkan sebelumnya. Kalau dulu tempat ini hanya berupa ruko sederhana dengan meja dan kursi biasa. Sedangkan sekarang sudah seperti cafe & resto mahal saja. 

Interiornya didominasi nuansa songket Palembang. Kursi-kursi sederhana kini sudah diganti dengan kursi yang lebih nyaman dan dilengkapi pula dengan sofa. Kita juga bisa melihat aktifitas para chef dan teamnya memasak menu pesanan kita. Ahh. saya tambah suka nongkrong disini...

Untuk menu yang tersedia disini juga sudah mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Kalau dulu setahu saya tempat ini hanya menjual martabak HAR dan nasi minyak saja, sekarang sudah banyak pilihan menu yang bisa dipesan dari daftar menu. Bahkan menu martabak yang merupakan andalan disini juga sudah ada versi modifikasi nya. Yah mestinya memang harus menyesuaikan dong. Masak iya tempatnya sudah bagus tapi pilihan menunya hanya sedikit. 

Hanya saja karena saya sedang ingin bernostalgia, maka saya memilih untuk memesan classic martabak. Ini adalah martabak HAR original yang hanya berisi telur dan dimakan dengan kuah kari dan cabai rawit. Untuk telurnya kita bisa memilih antara telur ayam atau telur bebek. Kalau saya pribadi biasanya lebih suka memakai telur bebek. Kalau makan disini saya biasanya tidak cukup makan satu porsi, maka saya langsung memesan 2 porsi sekaligus. Hahahaha.. Untuk minumnya saya dan kakak saya biasanya memesan teh susu. Dan ternyata tidak hanya tempat ini saja yang mengalami perubahan, penyajian martabaknya juga menjadi lebih menarik daripada sebelumnya. Untuk rasanya masih sama seperti dulu, rasa yang selalu membuat saya kangen untuk terus datang kesini. Benar-benar cita rasa legendaris...

Seperti yang saya bilang tadi, renovasi yang dilakukan pemilik resto ini benar-benar membuat saya dan juga pengunjung setia tempat ini pasti menjadi senang. Apalagi disini sekarang juga tersedia free wifi yang aksesnya juga baik. Karena saya masih beberapa hari di Palembang, sepertinya saya akan kembali lagi untuk mencoba menu martabak modifikasi mereka. Saya tampaknya ngiler dengan martabak tuna dan martabak sea food. Ayo cobain makan disini juga... Dateng langsung ke :

Abdullah HAR Martabak & Resto ( buka 24 jam ) 
Jl.Jend.Sudirman No.2269 Palembang ( samping Y.K. Madira )
Telp & Delivery : 0711 315086