15 November 2013

Sosok Gita Wirjawan Di Mata Saya

Foto diambil dari sini
Kalau saya menyebut nama Gita Wirjawan, apa yang akan terlintas di benak teman-teman semua ? Saya sempat bertanya pada beberapa orang teman, baik itu teman kantor maupun teman-teman di sekitar pergaulan saya sehari-hari. Mayoritas teman-teman saya yang wanita menempatkan kata ganteng di urutan pertama dan senyum si bapak yang manis di urutan kedua. Sementara teman-teman pria rata-rata menempatkan kata pintar di urutan pertama dan bulutangkis di urutan kedua. Jadi berdasarkan jawaban teman-teman yang saya rangkum, bolehlah yah saya menggambarkan sosok Gita Wirjawan ini sosok lelaki ganteng dengan senyuman manis dan otak yang pintar serta suka bermain bulutangkis. Tapi seperti apa sih sosok bapak Menteri Perdagangan Republik Indonesia dalam Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II ini ?

Gita Wirjawan dilahirkan pada tanggal 21 September 1965 di Jakarta dan merupakan putra bungsu dari Wirjawan Djodjosoegito ( alm ) dan Paula Warokka Wirjawan. Di masa remajanya, Gita Wirjawan sempat serius menekuni olahraga bulutangkis. Bahkan sempat menjadi juara kompetisi regional bulutangkis di India. Hobi inilah yang kelak akan mengantarkannya menjadi orang nomor satu di organisasi bulutangkis negeri ini. Jika melihat jenjang pendidikan yang pernah ditempuh Gita Wirjawan, saya yakin bahwa keluarganya sangat memprioritaskan pendidikan bagi anak-anaknya. Meraih gelar master dari Harvard Univesity yang merupakan institusi pendidikan tempat para pemimpin dunia menuntut ilmu, saya pikir cukup membuktikan bahwa Gita Wirjawan layak diperhitungkan di panggung perpolitikan dalam negeri 

Pengalaman Gita Wirjawan bekerja di perusahaan besar luar negeri yang kemudian diteruskan dengan mendirikan perusahaan yang bergerak dibidang investasi didalam negeri mengantarkannya bergabung dalam Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal ( BKPM ) dan tidak sampai setahun kemudian Gita Wirjawan dilantik sebagai Menteri Perdagangan Republik Indonesia. Sebuah prestasi yang sangat gemilang di usianya yang masih terbilang muda. 

Sebagai seorang tokoh yang sangat mengerti mengenai dunia investasi, salah satu gagasan Gita Wirjawan yang paling saya suka dan saya kutip dari websitenya adalah : "Investasi terbaik bagi Indonesia adalah investasi pendidikan bagi anak-anak bangsa kita" . Saya percaya, Gita Wirjawan yang mengenyam pendidikan tinggi dan merasakan dampak dari pendidikan yang ditempuhnya akan memikirkan cara supaya anak-anak Indonesia bisa mengenyam pendidikan yang tinggi pula seperti dirinya. Dan saya juga terinspirasi untuk menjadi berani lebih baik seperti sosok Gita Wirjawan!