15 January 2014

Mewujudkan Mimpi Masa Kecil di Hong Kong Disneyland

Sewaktu saya sedang memindahkan file-file pribadi yang berada di laptop mantan kantor yang akan saya kembalikan begitu saya resign per tanggal 1 Januari 2014 yang lalu, saya menemukan foto-foto liburan di Hong Kong tahun lalu yang ternyata banyak sekali cerita yang belum sempat saya posting di blog ini. Nah, mumpung sekarang masih jadi pengangguran yang berarti saya punya waktu luang untuk menulis blog lebih banyak daripada biasanya, maka saya akan usahakan untuk memposting beberapa cerita perjalanan liburan ke Hong Kong. Saya akan mulai dengan nostalgia ke Disneyland.

Salah satu tujuan yang saya masukkan dalam agenda liburan ke Hong Kong tahun lalu adalah mengunjungi Disneyland. Sebagai seorang manusia yang pernah punya masa kecil yang indah dengan menyukai beberapa karakter kartun Disney, punya cita-cita ke Disneyland di masa kecil itu mungkin ibarat keinginan untuk pergi umroh di masa sekarang. Melihat foto-foto teman masa kecil yang berasal dari kalangan ekonomi berada saat berlibur bersama keluarga ke Disneyland itu membuat saya memupuk asa untuk bisa mengunjungi Disneyland di negara manapun itu.  Saya tahu, mimpi itu memang sudah memudar belasan tahun lalu ketika saya mulai beranjak dewasa dan sudah tidak tergila-gila lagi dengan karakter kartun Disney seperti masa kanak-kanak dulu. Tapi kesempatan liburan ke Hong Kong tahun lalu itu seolah menumbuhkan kembali asa yang pernah saya pupuk dulu. 

Untuk menuju Disneyland saya memilih untuk naik MTR sampai stasiun transit Sunny Bay. Dari stasiun Sunny Bay inilah MTR menuju Disneyland berlalu lalang. Suasana Disneyland sudah mulai terasa ketika saya menaiki MTR dengan jendela berbentuk logo Mickey Mouse yang didalamnya juga kental sekali nuansa Disney nya. Sayang karena MTR nya sedang penuh, saya tidak banyak berfoto didalam. 

Tiket masuk Disneyland ini bisa dibeli langsung di lokasi atau kalau mau lebih murah bisa juga membeli tiket ini di sejumlah hostel atau beberapa tempat yang bertanda khusus. Untungnya tempat saya menginap menjual tiket masuk Disneyland dan beberapa tempat tujuan saya di Hong Kong lainnya dengan harga yang lebih murah. Untuk informasi mengenai harga tiket masuk Disneyland Hong Kong, silahkan klik disini . Tiket masuknya berbentuk kartu dengan gambar karakter kartun Disney. Gambar tiket masuknya banyak pilihan loh. Jadi kalau kita pergi beramai-ramai, kita bisa mendapat beberapa tiket dengan gambar yang berbeda. 

Jangan lupa abadikan diri kalian di depan bunga-bunga berwarna warni yang berbentuk kepala Mickey Mouse. rasanya ada yang kurang kalau belum berfoto disini. Hahahaha..

Kita tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman dari luar, jadi kalau datang kesini sedari pagi lebih baik mempersiapkan sejumlah budget untuk makan siang dan makan malam bila berencana sampai malam. Atau kalau mau sedikit lebih hemat, datang ke Disneyland nya setelah makan siang seperti yang saya lakukan. Tapi tidak usah takut kelaparan juga sih, karena banyak sekali penjual makanan dan minuman di dalam. Hanya saja harganya mungkin sedikit lebih mahal. 

Disneyland ini adalah theme park yang ditujukan untuk keluarga. Jadi hampir semua wahana yang berada disini bisa dinikmati semua anggota keluarga. Hong Kong Disneyland sendiri terbagi dalam beberapa area diantaranya Fantasyland, Toy Story Land, Adventureland, Grizzly Gulch, Tomorrowland, dll. 



Saya mencoba menaiki beberapa wahana yang menurut saya cukup menarik untuk dinaiki dari area yang satu ke area yang lain. Cuaca Disneyland yang cukup hangat membuat saya melepas jaket saya dan untuk pertama kalinya sejak berada di Hong Kong bisa jalan-jalan tanpa jaket di luar. Hahahahhaa..

Sewaktu saya melewati area Adventureland, sayup-sayup saya mendengar irama musik yang tidak asing di telinga saya. Awalnya saya ragu mengingat saya sekarang sedang berada di Hong Kong. Tapi begitu irama musik tersebut semakin jelas, saya semakin yakin bahwa saya sedang mendengar lantunan instrumen lagu-lagu Sunda. Tiba-tiba saya tidak sedang berasa berada di Hong Kong. Hahahahaha...

Ada satu tempat lagi di Hong kong Disneyland yang membuat saya seperti masih berasa di Jakarta. Tempat ini bernama It's A Small World . Tempat ini mengingatkan saya dengan Istana Boneka nya Dufan. Hanya saja di Hong Kong Disneyland versi lebih besarnya. Di dalamnya terdapat banyak boneka yang menggambarkan orang-orang dari seluruh belahan dunia. 

Menjelang sore, orang-orang tampak mulai membuat sebuah kerumunan. Saya langsung menduga bakal ada parade Disney. Dan ternyata benar adanya. Walaupun saya sudah dewasa, tapi melihat parade tokoh-tokoh kartun Disney didepan mata ini cukup membuat saya mengingat kenangan masa kecil. Ini mimpi masa kecil saya. Mimpi yang akhirnya bisa saya wujudkan disini, di Hong Kong Disneyland. Ahhh.. saya senang sekali. Andai saja saya bisa kesini saat masih kecil, mungkin saya tidak bisa menahan diri untuk berlari ke tengah dan memeluk Donald Duck idola saya. Hahahahaha.. 

Selesai melihat parade, saya memutuskan langsung kembali ke penginapan untuk meneruskan perjalanan saya berikutnya. Saya tahu saya belum menelusuri lebih banyak setiap sudut Hong kong Disneyland . Tapi saya tahu, saya akan kembali kesini. Suatu saat nanti, bersama keluarga kecil saya. Saya janji...