28 February 2014

Musholla Di Mall Jakarta

Beberapa waktu yang lalu saya mendapat nasehat dari seorang teman untuk lebih rajin dalam menjalankan ibadah 5 waktu. Sesibuk apapun dan sedang berada dimanapun, ketika waktunya beribadah maka dahulukanlah. Saya yang biasanya kalau sedang nongkrong di mall lebih memilih untuk menunaikan ibadah sholat ketika sudah sampai di rumah, sekarang sudah mulai menjalankan ibadah tepat waktu. Terima kasih untuk seorang teman atas nasehat yang sangat luar biasa itu. Kamu tahu, betapa nasehat itu merubah hidup saya saat ini. 

Saya rajin nongkrong di mall, tapi hampir tidak pernah nongkrong di Musholla yang berada di mall. Dulu yang saya tahu kebanyakan Musholla yang berada di mall itu letaknya kalau tidak berada di tempat parkir yang panas, pastilah posisinya tidak strategis. Belum lagi antrian panjangnya saat waktu sholat tiba. Tapi beberapa waktu terakhir ini, saya seperti disadarkan bahwa zaman sudah berubah. Era dimana Musholla ditempatkan di posisi yang kurang baik sepertinya sudah mulai berubah. Kini Musholla di mall begitu nyaman untuk disinggahi dan ditempatkan diposisi yang cukup baik dengan penunjuk arah yang banyak sehingga orang bisa menemukan Musholla dengan mudah ketika waktu sholat tiba. Berikut ini adalah beberapa Musholla di mall yang sempat saya singgahi belakangan ini :

1. Lote Shopping Avenue

Lotte Shopping Avenue adalah salah satu pusat perbelanjaan terbaru di Jakarta. Mall ini sangat luas dan terdiri dari beberapa lantai. Yang membuat saya salut, nyaris di semua lantai yang ada, saya melihat petunjuk letak Musholla. Saya memang belum memasuki semua Musholla disetiap lantai yang ada, tapi Musholla disalah satu lantai yang saya masuki rasanya cukup mewakili kondisi keseluruhan Musholla yang berada di mall yang satu ini. Posisi Musholla berada ditengah mall. Beberapa tempat duduk untuk melepas sepatu disediakan disini. Begitu pula dengan rak tertutup tanpa kunci untuk menyimpan sepatu.  Tempat wudhu nya dibuat dua sisi dalam posisi menyerong sehingga tidak menganggu orang-orang yang berlalu lalang. Musholla nya tidak besar, hanya terdiri dari 3 barisan shaf. Tapi pengelola mall menata Musholla ini sehingga tidak hanya sekedar menjadi sebuah ruangan untuk sholat. Tempat sholat untuk ikhwan dan akhwat dipisahkan oleh pembatas kaca.

2. FX

Dalam sebuah kesempatan ketika mengunjungi FX, saya hampir terlambat menunaikan ibadah sholat Maghrib karena kemacetan Jakarta yang sulit di prediksi. Akhirnya saya kocar kacir berlari mencari Musholla. Papan petunjuk arah Musholla di FX sulit ditemukan, entah karena memang tidak ada atau karena saya sedang panik mengejar waktu sehingga tidak terlihat. Yang jelas saya butuh bertanya beberapa kali kepada beberapa orang sebelum akhirnya menemukan lokasi Musholla. Musholla disini berukuran cukup besar dan nyaman. Musholla dilengkapi dengan pendingin ruangan. Tempat sholat ikhwan dan akhwat terpisah dalam ruangan yang berbeda.Disini disediakan rak dengan kunci untuk menyimpan sepatu. Hanya sayang, wallpaper didalam Musholla beberapa terlihat sudah mengelupas. 

3. Epicentrum Walk

Akhir pekan lalu saya menghabiskan waktu bersama keluarga di sebuah apartemen di kawasan Rasuna Epicentrum. Kami makan siang di Epicentrum Walk dan saya menyempatkan diri untuk sholat Dzuhur disana. Agak sulit mencari letak musholla karena tidak ada petunjuk sama sekali. Agak sulit juga mau bertanya karena tidak banyak orang wara wiri disana. Epicentrum Walk ini memang tidak seramai mall kebanyakan. Akhirnya kami menemukan juga letak musholla yang berada di sudut lantai 2. Musholla nya cukup besar dengan interior yang bagus. Sajadah panjang berwarna hitam dengan ornamen putih menyatu dengan interior Musholla. Sekat pembatas ikhwan dan akhwat terbuat dari papan yang bisa dilipat dan berwarna senada dengan warna sajadah. Jika siang, Musholla ini terang benderang karena memiliki jendela kaca. Kalau kebetulan tidak membawa sarung, disini disedikan beberapa kain sarung yang bersih. Tempat wudhu tersedia cukup banyak, dan disini juga disediakan rak penitipan sepatu yang dijaga.

4. Pejaten Village

Pejaten Village bisa dibilang adalah mall yang paling sering saya datangi karena kebetulan saya juga nge-gym disini. Walaupun di tempat nge-gym disediakan tempat untuk sholat, tapi saya lebih suka turun ke lantai LG yang berada satu lantai dengan Hypermart untuk sholat di Musholla. Musholla di Pejaten Village memisahkan tempat sholat ikhwan dan akhwat dalam ruangan yang berbeda. Disini disediakan tempat duduk yang cukup untuk melepas dan memasang sepatu setelah selesai sholat. Rak sepatu juga disediakan dalam jumlah yang banyak.Di Musholla Pejaten Village terdapat tempat untuk menitipkan tas yang dijaga oleh petugas. Tempat wudhu nya sedikit sempit, sehingga bila sudah masuk waktu sholat terjadi antrian yang cukup panjang. Mushollanya sebenarnya cukup besar, hanya saja bila masuk waktu sholat maghrib harus menunggu giliran diluar karena tidak ada kebagian tempat. 

Grand Indonesia Shopping Town mungkin bisa dikatakan salah satu mall yang cukup besar di Indonesia. Memiliki banyak lantai dan banyak sisi tentunya akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk sholat bila Musholla tidak berada di setiap lantai. Untungnya dua lantai yang saya lewati kebetulan menemukan petunjuk dimana Musholla berada. Saya menyempatkan diri sholat dilantai 3. Begitu memasuki Musholla, seorang penjaga wanita yang menunggu rak penitipan sepatu tersenyum ramah. Musholla di lantai 3 ini memang tidak besar, tempat wudhu nya juga hanya ada 4 keran. Tapi interiornya bagus selain tempatnya juga nyaman. Saya juga sempat mengintip musholla di lantai 4 yang ternyata lebih besar daripada di lantai 3. 

Saya menulis ini tidak ada maksud sama sekali untuk memamerkan ibadah saya. Sama sekali tidak. Karena saya menulis ini untuk membuka pikiran orang-orang yang tadinya mungkin punya pemikiran seperti saya bahwa Musholla di mall sekarang tidak sama seperti dulu. Mall dengan konsep baru pastinya sudah tidak lagi menempatkan musholla di tempat parkir yang panas atau di tempat-tempat tidak strategis lainnya. Pengelola mall sekarang justru menyediakan Musholla yang nyaman untuk beribadah dan ditempat yang mudah dijangkau dengan petunjuk yang memudahkan. Dengan kenyataan ini, sudah tidak ada alasan lagi kan menunda sholat ketika waktunya tiba ?