13 March 2014

Resep Langsing Ala Goiq

Foto : Editan Mak Shinta
Perhelatan Srikandi Blogger 2014 sudah berlalu dan menyisakan banyak pertanyaan dari beberapa teman-teman blogger yang hadir, terutama mereka yang juga hadir tahun lalu. Pertanyaan terbanyak yang saya terima adalah "kurusan yah sekarang ?" dan pertanyaan kedua adalah "resep kurusnya apa sih ?" . Sebenarnya saya sudah pernah menuliskan beberapa dalam tulisan di blog saya ini, mulai dari tulisan Resolusi Yang Terwujud dan tulisan Hidup Sehat Ala Goiq . Saya akan mencoba update perkembangan terbaru dan mungkin beberapa pemikiran terbaru saya, tapi sekali lagi saya ingatkan kalau saya bukan pakar dan apa yang saya tuliskan ini berdasarkan pada apa yang saya jalani. 

1. Kenali Badan Sendiri

Kenapa poin ini saya letakkan di awal ? Karena saya sering sekali melihat orang-orang yang melakukan diet atau pola latihan di gym berdasarkan apa yang orang lain lakukan. Padahal belum tentu pola yang cocok untuk orang lain itu juga akan cocok untuk diri kalian. Contohnya saja, saya yang penderita asma tentu tidak bisa lari di treadmill dengan kecepatan dan waktu yang sama dengan orang yang bukan penderita asma. Jadi kalau teman-teman saya bisa tahan treadmill sampai satu jam bahkan lebih, saya tidak akan memaksa diri untuk juga bisa berlari satu jam. Bisa berlari 15 sampai 30 menit saja saya pikir itu sudah sangat baik sekali. Jadi kenali diri kalian sendiri, penyakit apa yang kalian derita serta daya tahan tubuh kalian selama ini. Mulailah dengan kemampuan kalian dan tetapkan target yang harus kalian capai. 

2. Berpikiran Positif


Selalu berpikiran positif itu saya pikir bukan cuma sekedar idiom basa-basi. Banyak sekali hal yang bisa saya dapatkan dengan selalu berusaha berpikiran positif. Hal sepele mengenai pikiran positif yang saya contohkan adalah mengenai makanan. Selama saya latihan di gym dan mengatur pola makan, saya sama sekali tidak pernah menghitung kalori. Saya hanya berusaha menyeimbangkan makanan yang masuk dalam badan saya. Karena itulah sampai hari ini saya tidak pernah berpantang makanan apapun. Semua masih bisa saya makan walaupun dengan porsi yang sudah saya kurangi. Prinsip saya, jangan pernah berpikir menjadikan makanan itu sebagai dosa. Karena efeknya tidak akan baik dalam tubuh kita. Bila semua makanan yang masuk ke dalam tubuh selalu kita syukuri, Insya Allah makanan itu akan menjadi manfaat dalam tubuh kita. 

3. Susun Pola Latihan Dan Nikmatilah

Susun pola latihan mulai dari yang paling mampu untuk dilakukan dan tingkatkan porsinya beberapa minggu sekali. Sewaktu pertama kali nge-gym, saya hanya mampu berlari di threadmill hanya 5 menit saja, setelahnya nafas saya sudah tidak karuan. Saya tidak memaksa diri saya karena hal itu akan membuat trauma. Jadi saya lebih suka berlatih perlahan dan menargetkan diri sendiri untuk lebih baik dari hari ini. Sekarang saya sudah mampir berlari 30 menit di threadmill dan saya masih akan berusahan untuk menambah porsinya. Kalau ditanya latuhan apa yang hasilnya cukup cepat membakar lemak ? Mungkin salah satu yang saya rekomendasikan adalah RPM (bersepeda). Kebetulan saya penyuka latihan yang satu ini dan merasakan dampaknya untuk badan saya sendiri. Sewaktu masih tahap menurunkan berat badan, saya bisa ikutan kelas RPM 3 kali seminggu. Sekarang sudah saya kurangi porsinya karena fokus saya sekarang adalah menambah massa otot. Pertama kali ikut kelas RPM 1 jam, jujur saya hampir kapok. Pantat saya sakit karena kelamaan duduk di sadel dan saya tidak mampu standing. Tapi saya berhasil memaksa diri saya untuk melakukannya lagi dan lagi sehingga bisa menjadi penikmat kelas RPM. Beberapa teman yang saya rekomendasikan ikutan kelas RPM juga sudah mendapat manfaat yang mereka inginkan.

4. Latihan Itu Bukan Siksaan

Beberapa orang malas latihan karena menganggap hal tersebut adalah sebuah siksaan untuk badan mereka. Padahal itu untuk badan sendiri loh, bukan untuk badan orang. Harusnya hal-hal yang mengganggu tersebut dibuang jauh-jauh dari pikiran. Pikirkan hal-hal yang menyenangkan, misalnya kalau nanti bisa mencapai target berat badan ideal akan membeli pakaian yang selama ini diinginkan tapi tidak mungkin dengan berat badan yang sekarang. Trus jadikan tempat gym adalah sebuah tempat yang menyenangkan yang selalu ingin didatangi setiap hari. Caranya sapalah orang-orang di gym dan bertemanlah dengan mereka. Saya sendiri membuat sebuah grup yang isinya teman-teman nge-gym dan menyebut tempat gym sebagai kampus. Sehingga di grup kami selalu menyebut latihan sebagai kuliah dan instruktur sebagai dosen. Hal ini menjadikan ngampus eeh nge-gym maksud saya sebagai hal yang menyenangkan. 

5. Olahraga Itu Tidak Harus Di Gym

Kenapa saya banyak menulis soal gym disini ? Karena itulah yang saya jalani sehari-hari setelah mencoba berolahraga sendiri tidak berhasil. Kembali lagi pada hal-hal apa yang memotivasi diri sendiri untuk rajin berolahraga, bila teman-teman rasa bisa berolahraga sendiri tanpa harus ke gym lebih bagus toh ? Hemat uang beberapa ratus ribu setiap bulan untuk olahraga yang bisa gratis dilakukan setiap hari. Saya sendiri sudah mencoba berolahraga sendiri tapi nyatanya tidak berhasil. Akhirnya saya memutuskan untuk nge-gym. Pertimbangannya kalau saya sudah membayar dan tidak dilakukan adalah sebuah hal yang mubazir bukan ? Jadilah saya nge-gym sampai sekarang. Banyak kok aktifitas olahraga yang bisa dilakukan secara rutin tanpa harus ke gym. Misalnya ikutan komunitas lari yang sering bikin kegiatan setiap habis jam kantor. Atau ikutan komunitas bike to work yang bersepeda menuju kantor. Kembali lagi cara apa yang mampu memotivasi teman-teman untuk semangat berolahraga.

Mungkin ini dulu sedikit tips dari saya. Kalau ada tambahan, nanti akan saya tuliskan dalam tips bugar sehat berikutnya. Mudah-mudahan tulisan ini sedikit memotivasi teman-teman untuk melakukan hal terbaik untuk diri sendiri. Sekali lagi saya ingatkan, kalau badan sehat, maka kita sendiri yang akan merasakan. Tapi kalau sakit, maka semua orang yang akan repot. Semangat berjuang teman-teman...