25 May 2014

Berkunjung Ke Kantor Google Indonesia

Siapa sih yang tidak tahu Google ? Sebuah portal pencarian terbesar yang pernah ada dan memudahkan kita untuk mencari banyak hal yang ingin kita ketahui. Google sendiri saat ini telah memiliki banyak produk lain yang berada didalam naungan mereka seperti Google Plus, Google Adsense, Google Now, Google Map, termasuklah didalamnya Blogspot dan Youtube. Karena itulah ketika ada undangan untuk mengikuti acara Blogger Reporter Indonesia ( BRId) di kantor Google Indonesia , saya langsung menawarkan diri untuk ikut serta. Dan untungnya saya berhasil mendapat tempat untuk mengikuti acara ini hari Minggu tanggal 24 Mei 2014 yang lalu.

Pukul 10 pagi saya sudah tiba di kantor Google Indonesia yang berada di Gedung Sentral Senayan yang terletak di sebelah Plaza Senayan. Ternyata beberapa teman-teman dari Blogger Reporter Indonesia sudah hadir terlebih dahulu. Saya langsung registrasi dan mendapatkan guest pass yang harus dikenakan selama berada di kantor Google Indonesia. Setelah registrasi, langsung deh foto-foto di depan front desk. Kapan lagi dooong. Hahahahaha...

Setelah hampir semua member Blogger Reporter Indonesia tiba, kami dibawa menuju ruangan Alun-Alun. Ruangannya dingin sekali dan desain interiornya bagus sekali. Disinilah acara yang akan dilakukan Blogger Reporter Indonesia akan berlangsung.

Acara dimulai dengan sambutan dari mbak Eunike Kartini dari Google Indonesia yang sekaligus menjelaskan kepada kami tentang Google secara keseluruhan. Jadi sama halnya seperti Facebook, Google pun berawal dari sebuah garasi loh teman-teman. Google mempunyai misi untuk mengumpulkan informasi dari seluruh penjuru dunia dan dapat di akses dengan mudah oleh user. Bahkan saking banyaknya orang yang memanfaatkan situs Google untuk pencarian, kata Googling sudah menjadi kata kerja yang mendunia. Tapi walaupun Google adalah perusahaan besar dan memiliki banyak produk sukses, ternyata ada juga beberapa produk yang kurang sukses dan harus dihentikan. Tapi ketidaksuksesan dari sebuah produk justru akan menjadi sebuah motivasi bagi google untuk melahirkan produk-produk lainnya. 

Setelah mbak Eunike memaparkan kepada kami tentang Google, berikutnya mas Syaifuddin Sayuti yang berdiri di depan kami untuk memaparkan tentang Blogger Reporter Indonesia. Nah buat teman-teman yang belum tahu, Blogger Reporter Indonesia adalah sebuah wadah bagi para blogger dari berbagai platform untuk berkumpul dan menggarap project bersama. Kegiatan rutin di Blogger Reporter Indonesia adalah blogging, reportase, review dan buzzing. Saat ini jumlah member Blogger Reporter Indonesia sebanyak 1171 orang dan jumlah ini akan terus bertambah pastinya. Untuk mengetahui dan bisa mengikuti acara-acara dan kegiatan yang di fasilitasi oleh Blogger Reporter Indonesia, teman-teman bisa bergabung di Group Blogger Reporter Indonesia

Selanjutnya adalah materi SEO yang dibawakan oleh kang Chandra Iman. Ini  materi yang pastinya sangat menyenangkan karena diberikan secara gratis. Semua peserta yang hadir benar-benar serius memperhatikan, bertanya dan langsung mempraktekkan SEO pada blog mereka maupun usaha yang mereka jalani. 

Selesai presentasi, kemudian diumumkan pemenang live tweet yang mendapatkan voucher dari Carrefour dan dua pemenang mendapatkan merchandise eksklusif dari Google. Alhamdulillah ternyata saya jadi salah satu yang terpilih mendapat voucher belanja Carrefour. Lumayaaann...

Setelah selesai acara presentasi dan bagi-bagi hadiah, ini dia nih salah satu bagian yang paling saya tunggu-tunggu. Apalagi kalau bukan touring di Kantor Google yang jadi kantor impian sejuta umat. Kantor Google di belahan dunia manapun memang selalu memiliki desain interior yang unik dan sangat memanjakan para karyawannya. Karena buat Google, karyawan adalah aset berharga mereka. Luar biasa... Setiap ruangan di kantor memiliki nama-nama yang unik, nama ini disarankan oleh para Googlers sendiri loh. Dan karena ini kantor, tentunya ada beberapa ruangan yang tidak boleh di foto oleh para blogger. Ruang bersantainya karyawan Google Indonesia sangat nyaman, bahkan disediakan beberapa kasur buat gogoleran dan tidur siang loh. Betah banget berlama-lama nongkrong disini..

Lalu kami sampai di Warung Mbah Google. Tempat ini adalah semacam pantry bagi karyawan, tapi desainnya sudah seperti cafe saja. Setiap hari kerja Warung Mbah Google menyediakan aneka makanan dan minuman untuk semua karyawan. Selain makanan, aneka cemilan dan kerupuk pun tersedia disini. Dan semua bisa dinikmati gratis oleh karyawan Google.Gimana ngga jadi kantor dambaan sejuta umat coba ??

Di bagian atas Warung Mbah Google terdapat ruangan untuk bersantai dengan interior di dominasi warna-warna cerah. Disini kita bisa bermain playstation, main tenis meja, olahraga dan duduk-duduk santai di sofa-sofa kecil. Menyenangkan sekali..

Dan acara hari itu tentu saja diakhiri dengan foto-foto bersama. Seru sekali bisa mengunjungi dan membuat kegiatan di kantor Google Indonesia. Mudah-mudahan akan ada acara-acara berikutnya yang diadakan oleh Blogger Reporter Indonesia di tempat-tempat asyik seperti ini. Kalau teman-teman blogger mau ikutan acara-acara yang di fasilitasi oleh Blogger Reporter Indonesia, ayo buruan bergabung bersama keluarga besar Blogger Reporter Indonesia.