25 February 2015

Madame Tussauds Hong Kong

Sebenarnya saya sudah pasrah sejak jauh-jauh hari tidak bisa memposting tulisan ini di blog. Memory card Blackberry tempat foto-foto ini berada rusak sejak sepulang dari Hong Kong. Blackberry inipun akhirnya tidak pernah dipakai lagi. Lalu tiba-tiba saya iseng ingin menggunakannya lagi sampai membeli nomor perdana dan mengaktifkan paketnya, Dan keajaiban terjadi, foto-foto di memory card muncul semua termasuk foto-foto di beberapa tempat di Hong Kong yang belum sempat saya publish di blog. Bergegas saya pindahkan foto-foto ini ke Android dengan bantuan Bluetooth. Dan sayapun mengembalikan ingatan saya saat mengunjungi Madame Tussauds Hong Kong 2 tahun yang lalu.

Madame Tussauds Hong Kong berada satu lokasi dengan The Peak Tower yang pernah saya tuliskan ceritanya di blog ini. Madame Tussauds sendiri adalah sebuah museum yang di dalamnya terdapat patung lilin tokoh-tokoh ternama. Museum ini sudah hadir di beberapa kota ternama seperti Hong Kong, Bangkok, London, Tokyo, New York, Amsterdam dan lain-lain. Patung lilin yang terdapat di Madame Tussauds ini benar-benar menyesuaikan dengan tinggi para tokoh tersebut sesungguhnya. 

Menurut Wikipedia, Marie Tussaud (lahir 1761, wafat 1850), lahir sebagai Marie Grosholtz di StrasbourgPerancis. Ibunya bekerja sebagai pembantu rumah tangga untuk Dr. Phillippe Curtius, seorang dokter yang mahir dalam pembuatan patung lilin. Curtius mendidik Tussaud dalam seni patung lilin. Tussaud membuat patung lilin pertamanya, yaitu patung Francois Marie Arouet de Voltaire, atau yang lebih dikenal hanya dengan Voltaire, pada tahun 1777. Tokoh-tokoh terkenal lainnya yang dipatungkannya antara lain Jean Jacques Rousseau dan Benjamin Franklin. Selama Revolusi Perancis ia membuat penutup wajah jenasah bagi para tokoh yang menjadi korban. Ia rela untuk mencari kepala-kepala para korban yang terputus ini di tengah-tengah timbunan jenasah agar bisa menyelesaikan penutup wajah jenasah ini dengan sempurna. Ketika Curtius meninggal pada tahun 1794, ia meninggalkan koleksi patung-patung lilinnya pada Tussaud. Di tahun 1802, Marie Tussaud pindah ke London dan pada tahun 1842, ia membuat patung lilin dirinya sendiri yang sekarang dipajang di pintu masuk utama museumnya

Dan inilah beberapa patung tokoh-tokoh ternama yang saya ajak foto bareng. Kapan lagi lah yah mereka ketemu saya dan saya ajak foto bareng. Belum tentu kan saya bakal setahun sekali mengunjungi mereka. Jadi saya manfaatkan moment ini dengan baik. Hahahahaha... Sebenarnya masih banyak foto-foto lainnya, hanya saja saya takut teman-teman nantinya malah memutuskan untuk tidak kembali mengunjungi blog ini karena melihat foto-foto narsis saya itu. Oh ya, untuk masuk ke Madame Tussauds Hong Kong akan dikenakan biaya HK$135 bila untuk melakukan pembelian melalui online dan HK$240 untuk pembelian tiket langsung di tempat. Harga ini merupakan tiket untuk dewasa. Detail harga tiket bisa teman-teman lihat di website resmi Madame Tussauds Hong Kong . Yuk traveling :)