04 March 2015

Bosowa Half Marathon 2015

Tahun lalu sebenarnya saya sudah sangat tertarik untuk mengikuti event Bosowa Half Marathon 2014. Hanya saja karena saya belum lama menggiati olahraga satu ini, ditambah lagi jadwalnya hanya berselang beberapa bulan dari event Bali May Bank Marathon 2014, akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti event Bali May Bank Marathon 2014 saja dan berjanji akan mempersiapkan diri untuk mengikuti event Bosowa Half Marathon bila diadakan pada tahun 2015. Ketika pada akhirnya saya mendapatkan informasi pembukaan pendaftaran event ini, saya tidak membuang banyak waktu segera mendaftar. Dan untungnya jalan saya untuk mengikuti event ini cukup dipermudah mulai dari mendapat tiket pesawat promo, hotel berbintang dengan harga yang cukup murah, dan beberapa dukungan untuk saya bahkan sampai saat hari H tiba. Alhamdulillah,..

Sabtu pagi tanggal 28 Februari 2015, pesawat yang saya tumpangi sudah lepas landas dari Soekarno Hatta International Airport dan mendarat dengan selamat sekitar pk.09.15 WITA di Sultan Hasanuddin International Makassar. Tujuan pertama saya pagi itu adalah langsung menuju Lapangan Karebosi untuk mengambil racepack lomba. Setelah sempat bertanya dengan Cipu, seorang teman blogger yang juga akan mengikuti lomba ini, saya memutuskan untuk naik bus Damri dari airport Makassar dengan pemberhentian di Lapangan Karebosi. Harga tiket bus Damri hanya sebesar Rp.27.000,- saja. Bila memilih menggunakan taksi, perkiraan harga argo yang harus saya bayarkan adalah sekitar Rp.120.000,-. Jauh lebih hemat bukan ? 


Karena hari itu adalah hari terakhir pengambilan racepack, saya sama sekali tidak mengantri untuk mendapatkan racepack tersebut. Panitia juga terlihat sangat sigap sehingga saya tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan semua keperluan lomba saya. Racepack yang saya dapatkan juga tidak jauh berbeda dengan racepack event lari yang pernah saya ikuti sebelumnya. Singlet dari League dengan bahan yang sangat nyaman digunakan saat berlari, beberapa buah voucher, suplemen, dan tentu saja nomor BIB yang sudah tertulis nama saya.  

Pukul 4 pagi semua weker dari smartphone termasuk wake up call dari hotel yang sudah saya set malam harinya sudah berbunyi. Dan itu tandanya untuk mulai bersiap-siap. Tidak lupa foto selfie dulu sebelum mulai berjalan. Jarak dari Aston Hotel tempat saya menginap menuju venue lomba yang berada di Menara Bosowa berjarak sekitar 500m, saya manfaatkan jarak ini untuk berlari sekaligus pemanasan sebelum memulai perlombaan.

Tiba di Menara Bosowa, peserta lari 21K atau Half Marathon sudah dipersilahkan untuk untuk mengambil tempat di depan garis start. Seperti biasa masing-masing pelari melakukan sesi pemanasan terlebih dahulu sebelum memulai perlombaan. Beberapa event lari biasanya melakukan sesi pemanasan dengan dipandu seorang instruktur, tapi di Bosowa Half Marathon ini tidak ada sesi tersebut. Tapi bukan menjadi suatu masalah mengingat pemanasan memang hal yang sudah wajib hukumnya untuk dilakukan para pelari sebelum berlomba. Tepat pk.5.20 WITA, para peserta kategori Half Marathon resmi memulai start lomba.

Persiapan panitia Bosowa Half Marathon menyelenggarakan event ini patut saya acungi jempol. Bagaimana tidak, event yang berlokasi di Makassar ini satu level dengan beberapa event lari yang pernah saya ikuti, bahkan lebih baik dibandingkan beberapa event lari yang pernah saya ikuti di Jakarta. Marshall, petugas kepolisian, dan team medis selalu terlihat di sepanjang rute yang saya lalui. Demikian pula water station yang persediaan airnya melimpah ruah mulai dari pos pertama sampai pos terakhir. Kekuatiran saya akan minimnya stok air di water station seperti yang pernah saya alami di event lari half marathon pertama saya akhirnya sama sekali tidak terbukti. Untuk team medis sendiri, selain yang berjaga di beberapa tempat dengan membawa obat-obatan ringan lengkap dengan spray serta salep untuk otot bila ada yang mengalami kram, juga ada team medis yang berkeliling dengan menggunakan ambulance. Walaupun tidak semua jalur clear, tapi saya masih maklum mengingat tidak mungkin untuk menutup semua jalan yang ada di kota sebesar Makassar. Tapi sedikit saran saja, mungkin untuk jalur yang tidak clear bisa diberi pembatas dari tali supaya masih ada batas dengan kendaran yang berlalu lalang di jalan. 


Dan yang pasti dikejar oleh semua pelari adalah garis finish. Senang rasanya bisa mencapai garis finish walaupun catatan waktu saya belum sebanding dengan pelari-pelari lain. Mudah-mudahan catatan waktu ini akan jauh lebih baik di event lari saya berikutnya. Dan saya juga senang melihat Cipu, seorang teman blogger yang saya racuni untuk berlari juga berhasil menyelesaikan race pertamanya di sini. Mudah-mudahan setelah ini akan semakin bersemangat untuk berlari yah Cip.

Karena berhasil menyelesaikan lomba sampai finish, saya mendapatkan finisher medal atau medali penamat. Saya suka sekali dengan finisher medal yang saya dapatkan di Bosowa Half Marathon ini. Ukurannya yang mungil dengan desain yang kece pas seperti saya juga tetap kece saat finish. Semua memori saat saya berlari di Bosowa Half Marathon 2015 akan tersimpan dalam medali ini. Mudah-mudahan saya diberi umur, rezeki dan kesempatan untuk mengikuti event Bosowa Half Marathon tahun depan. Insya Allah...