16 May 2015

Ayo Sehat Indonesiaku


Yoga berasal dari berasal bahasa Sansekerta yang berarti penyatuan. Menyatu di sini bisa berarti menyatu dengan alam.


Salah satu aktivitas di gym yang cukup sering saya ikuti adalah kelas yoga. Walaupun memang lebih banyak di dominasi kaum wanita yang mengikuti, sebenarnya yoga sendiri bisa diikuti oleh siapapun baik wanita maupun pria. Kaum pria mungkin malas mengikuti yoga karena merasa badan kita yang kurang fleksibel untuk gerakan-gerakan yoga yang cukup jelimet. Saya sendiri awalnya ragu-ragu ikutan mengingat badan saya yang super kaku untuk gerakan-gerakan yoga. Tapi instruktur meyakinkan saya bahwa perlahan fleksibilitas tubuh akan terbentuk bila rutin mengikuti yoga. Ditambah kenyataan bahwa yoga juga mengatur pernafasan dan bagus untuk penderita asma, maka saya bulatkan tekad untuk rutin mengikuti yoga.


Karena tubuh saya yang super kaku, saya baru mencoba level yoga basic untuk melatih kelenturan tubuh terlebih dahulu. Yang bikin saya senang, gerakan-gerakan yoga bisa saya latih di rumah maupun di kantor saat sedang mumet dengan pekerjaan. Saya juga bisa mendapat lebih banyak referensi gerakan-gerakan yoga dengan membuka youtube. Beberapa gerakan sederhana dalam yoga antara lain :

  1. Downward Facing Dog


Biasa disebut Down Dog. Ini adalah pose untuk meregangkan otot hamstring dan memanjangkannya. Saat ini kaki saya sih masih belum bisa menapak saat melakukan gerakan yang satu ini. Tapi kata istruktur saya jangan dipaksa karena bisa menyebabkan salah urat. Perlahan saja, nanti lama-lama juga lentur dengan sendirinya. Telapak kaki yang semakin banyak menapak juga merupakan indikasi kalau otot hamstring sudah tidak kaku lagi.

  1. Tree Pose


Tree pose ini bisa jadi adalah gerakan yoga yang cukup banyak dilakukan oleh para pemula. Gerakan yoga yang satu ini bertujuan peregangan pinggul, paha bagian dalam, memperkuat kaki dan juga tulang belakang. Untuk meletakkan sebelah kaki yang ditekuk juga bisa disesuaikan kemampuan. Bila masih baru, kita bisa meletakkan di mata kaki, dan bila semakin mahir maka letakkan di paha

  1. Child Pose

Child pose adalah gerakan untuk diam sejenak dan mengambil nafas. Kapapun saat kita latihan yoga dan tubuh merasa letih dan kehabisan nafas, child pose adalah pilihan gerakan yang harus dilakukan. Manfaat dari gerakan ini sendiri adalah untuk menenangkan pikiran, meringankan stress, dan dapat membantu untuk stretching.

Dan tentunya masih banyak gerakan-gerakan yoga lainnya yang bisa kita pelajari. Beberapa manfaat yang saya rasakan sendiri dengan rutin mengikuti yoga antara lain adalah badan yang menjadi lebih lentur dan fleksibel, lalu memperbaiki postur tubuh kita, melancarkan peredaran darah, menurunkan berat badan, serta membuat jiwa menjadi tenang dan bahagia.   Banyak banget kan manfaat yoga.


Oh ya, buat teman-teman yang berdomisili di Jakarta, Jogja dan Bali bakal ada kegiatan Yoga serentak di yang bertajuk Ayo Sehat Indonesiaku. Acara ini diselenggarakan oleh AXA yang terus berkomitmen untuk mengedukasikan gaya hidup sehat kepada masyarakat. Acara yoga serentak ini juga akan memecahkan rekor MURI untuk kegiatan yoga yang pernah diadakan tahun 2013 lalu. Kalau teman-teman ingin tahu seperti apa event Ayo Sehat Indonesiaku ini, jangan lupa catat tanggal dan tempatnya yah :

Jakarta, 17 Mei 2015 berlokasi di Monas pk.07.00-11.00
Jogja, 17 Mei 2015 berlokasi di Lapangan Candi Prambanan pk.07.00-11.00
Bali, 17 Mei 2015 berlokasi di Nirwana Bali Golf pk.07.00-11.00

Nah, kalau mau lihat gimana serunya. Coba deh lihat videonya :


Atau kalau memang tidak bisa hadir ke acaranya, teman-teman juga bisa kok ngeliat acaranya streaming dari channel youtube. Cukup pastiin aja kalau koneksi kalian bisa browsing & buffering ke youtube channelnya disini ya. Klik  bit.ly/axastrm


Oke deh, sampai bertemu di lokasi event Ayo Sehat Indonesiaku yah! #IngatSehat