08 July 2015

Bukber Keluarga Besar Blogger Reporter Indonesia

Foto : Hazmi Srondol
Sebagai seorang blogger yang sering menulis berbagai hal dalam blog, mencari inspirasi dan bahan tulisan tentu perkara yang gampang-gampang susah. Karena itulah bergabung dan aktif dalam komunitas dengan beragam orang-orang di dalamnya menjadi pilihan saya untuk menambah relasi dan menambah bahan tulisan itu sendiri tentunya. Komunitas blogger yang satu ini sudah lebih dari setahun ini saya ikuti. Komunitas ini bernama Blogger Reporter Indonesia atau teman-teman blogger sering menyingkatnya BRID. Bergabung dalam komunitas ini membuat saya memiliki keluarga baru. Dan hari Selasa yang lalu para member BRID berkumpul di Warung Daun Cikini untuk mengikuti kegiatan berbuka puasa bersama. 

Foto : Agung Han

Satu hal yang membuat saya hinga kini konsisten bernaung dalam Blogger Reporter Indonesia dan cukup aktif mengikuti berbagai kegiatan di dalamnya adalah karena tidak ada istilah senior dan junior. Admin dan founder hanya memastikan bahwa rules yang telah dibuat dijalankan oleh seluruh member demi kemajuan kita bersama. Bukti bahwa tidak ada istilah senior dan junior saya rasakan dalam acara buka puasa bersama kemarin. Lihatlah mas Hazmi Srondol yang merupakan founder BRID sampai turun tangan sendiri membantu memasang banner acara. Padahal bisa saja selaku founder, mas Hazmi hanya main tunjuk sana sini untuk mengerahkan para member. Lalu mas Hazmi juga mempercayakan saya untuk memegang kamera dokumentasi sementara Rosid belum datang, lalu juga meminta bantuan mas Tedi Rustandi untuk membantu memegang handycam selama acara berlangsung. Hal-hal seperti ini yang membuat saya merasa dianggap dalam komunitas ini. Padahal saya hanya member biasa. 

Foto : Hazmi Srondol
Bergabung dalam Blogger Reporter Indonesia juga menuntut kita harus cepat tanggap. Cepat membaca info liputan yang di-publish di grup Facebook dan tanggap berpikir dan memutuskan apakah kita bisa mengikuti event tersebut dan menuliskan hasil liputannya di blog kita tanpa perlu admin selalu mengingatkan. Blogger Reporter Indonesia mempunyai kebijakan yang tegas kepada para anggotanya yang tidak mengikuti peraturan. Salah satunya adalah tidak diperbolehkan mengikuti event bila belum menuliskan liputan dari event sebelumnya yang diikuti atau terlambat menuliskan liputan sesuai deadline yang ditetapkan. 

Saya sendiri pernah mendapatkan sanksi tidak bisa mengikuti event satu kali karena terlambat menuliskan reportase event sebelumnya yang saya ikuti. Dan Alhamdulilah kejadian itu membuat saya selalu memikirkan dengan cermat sebelum memutuskan untuk mendaftar mengikuti undangan event yang di publish. Tidak hanya sekedar menulis liputan, tapi para member BRID juga berlomba-lomba menyajikan tulisan terbaik mereka. Karena tidak jarang dari beberapa undangan event yang diikuti juga terselip lomba blog dengan banyak hadiah menarik setelahnya. Jadi para member BRID memang sudah terbiasa untuk menuliskan reportase mereka dengan baik. 

Foto : Hazmi Srondol
Kembali ke acara buka puasa bersama, sore itu kami mendapat sebuah kehormatan karena acara buka puasa bersama BRID ini dihadiri oleh ibu Yeni Wahid, ibu Amy Atmanto dan perwakilan dari Indosat. Kami bahkan sempat melakukan doa bersama untuk mendukung perjuangan ibu Amy Atmanto membebaskan suaminya bapak Indar Atmanto. Kalau teman-teman ingin mendukung perjuangan ibu Amy Atmanto, bisa menandatangani petisi di web http://www.bebaskania.tk/

Foto : Hazmi Srondol
Peran serta semua member BRID sangat terlihat dalam acara buka puasa bersama ini. Semua bahu membahu demi kesuksesan acara bersama ini. Lihat saja barisan pengisi acara yang semuanya diisi oleh para member, mulai dari MC Ulish Anwar, lalu kata sambutan dari founder BRID yaitu mas Hazmi Srondol hingga penceramah Kang Arul. Oh ya, menurut kang Arul hanya BRID loh yang berhasil membuat dirinya mau memberikan kultum dalam acara ini. Biasanya Kang Arul tidak pernah mau untuk memberikan ceraah dimanapun. Luar biasa...



Sementara acara terus berlangsung, satu persatu menu berbuka puasa dari Warung Daun berdatangan di meja kami. Mulai dari ikan sambal, sate, cumi goreng tepung, sop buntut, tumis kangkung dan beberapa menu lainnya. Beraneka minuman manis juga bisa kita pilih untuk menemani berbuka puasa mulai dari es cendol, es cincau dan es kelapa. Dan ketika memasuki saat berbuka puasa, saya mencicipi semua menu yang terhidang dan ternyata semuanya memang lezat. Paling suka sih sama sop buntut yang kuahnya segar banget dan buntutnya juga empuk banget. 

Foto : Hazmi Srondol
Dan sudah tentu keriaan acara bukber BRID ini kurang sempurna tanpa tingkah laku heboh para membernya. Biasa lah yah, kalau blogger sudah kumpul pasti asyik gosip kanan kiri dan narsis sana sini. Dimana ada kamera yang on, semua langsung pada gaya. Hahahahaha...

Foto : Hazmi Srondol
Dalam acara ini, Blogger Reporter Indonesia juga memberikan kenang-kenangan berupa goody bag untuk para membernya yang hadir hari itu. Yang menyenangkan adalah goody bag dibagikan satu persatu sesuai urutan daftar hadir dan kita bisa langsung foto-foto saat menerima goody bag. Kejadian langka kan. Biasanya kan goody bag dibagikan saat registrasi acara atau sewaktu selesai acara tanpa dipanggil. BRID memang beda.

Foto : Hazmi Srondol
Acara buka puasa Blogger Reporter Indonesia ini diakhiri dengan foto bersama para admin, member dan semua tamu yang hadir. Saking hangatnya acara ini, ibu Amy Atmanto dan Ibu Yeni Wahid sampai bela-belain jongkok dan membaur bersama para blogger lainnya. Salut.. Terima kasih Blogger Reporter Indonesia untuk acara buka puasa yang super heboh dan pecah ini. Saking pecahnya, hashtag #BukberBRID menjadi trending topic Indonesia loh. Luar biasa untuk kita semua. Bravo. Terima kasih untuk tamu undangan yang sudah hadir seperti ibu Amy Atmanto, ibu Yeni Wahid dan Indosat IM3 dengan paket-paket Ramadhan mereka yang bikin ngiler dan membuat live tweet jadi lancar jaya. Sering-sering yah bikin acara heboh kaya gini. Senang dan bangga bisa jadi bagian dari Blogger Reporter Indonesia. Tertarik mau bergabung dengan Blogger Reporter Indonesia. Langsung saja join di Group Facebook BRID yah...