20 September 2015

Menikmati Lontong Orari Khas Banjarmasin

Masih dalam rangka kunjungan ke kota Banjarmasin beberapa waktu yang lalu, saya dan rombongan berkesempatan mencicipi salah satu kuliner khas Banjarmasin yang bernama Lontong Orari. Kebetulan dalam kunjungan saya sebelumnya ke Banjarmasin saya belum berkesempatan mencicipi kuliner yang satu ini. Jadilah saya sangat antusias untuk mencicipi Lontong Orari ini. Rumah makan ini awalnya buka 24 jam, tapi kabarnya sekarang sudah tidak buka 24 jam lagi, Walaupun tidak buka 24 jam lagi, tapi rumah makan ini buka hingga tengah malam. Malah puncak keramaian tempat ini justru di malam hari. 

Kebetulan ketika sampai di sana, saya sedang kebelet buang air kecil. Langsung saja permisi ke belakang dan melewati bagian dapur. Setelahnya saya izin foto-foto bagian dapur. Ada 2 bagian dapur yang saya lihat, yang pertama adalah bagian yang berisi lontong yang siap untuk disajikan. Sedangkan bagian kedua adalah bagian tungku yang berisi kuah lontong dan menu lauknya. Lontongnya sendiri dimasak lebih dari 5 jam untuk mendapatkan cita rasa yang enak. Dalam sehari Rumah Makan Lontong Orari ini memasak 1000 buah lontong, 50 kilo ikan gabus ( haruan ), 10 kilogram telur dan sekitar 30 ekor ayam. Banyak banget yah...

Lontong + Ikan Haruan
Lontong + Ayam
Nasi Kuning + Ayam
Ini dia nih menu andalan rumah makan Lontong Orari ini, ada Lontong dengan lauk ikan haruan. Kalau tidak suka ikan, teman-teman bisa menggantinya dengan lauk ayam. Tidak suka lontong ? Jangan sedih, rumah makan ini juga menyediakan menu Nasi Kuning dengan lauk ikan haruan, ayam atau telur. Kalau porsinya dirasa kurang nampol, rumah makan ini menyedikan beberapa opsi yang bisa dipilih. Kita bisa mememesan lontong dengan lauk ikan haruan dan telur atau lontong dengan lauk double ikan haruan, double ayam, atau double telur, Mantap kan ? Bentuk lontongnya sendiri sangat unik loh. Kalau biasanya kita melihat lontong berbentuk memanjang atau dalam daun kelapa seperti ketupat. Kalau di Banjarmasin bentuk lontongnya seperti segitiga memanjang. Kuahnya sendiri bercita rasa gurih sedikit manis dan berpadu dengan cita rasa sedikit pedas tapi gurih yang berasal dari kuah lauknya yang berwarna kemerahan. Pokoknya enak banget deh. 

Nah kalau teman-teman punya rencana berkunjung ke kota Banjarmasin dalam waktu dekat, tempat kuliner yang satu ini wajib banget buat didatangi. Dijamin ngga bakalan nyesel mencoba salah satu kekayaan kuliner Banjarmasin yang satu ini. Langsung saja datang ke :

Rumah Makan Lontong Orari
Jl. Sebrang Masjid ( Kampung Melayu ) Banjarmasin