28 October 2015

Menghadiri Himpun Agung Sai Batin Paksi Kerajaan Adat Sekala Brak - Lampung Barat

Petualangan GGS - Gio Goiq Salmon
Minggu lalu dalam kondisi sedang pemulihan karena sakit cacar, Salman menawari saya untuk ikut trip ke Lampung dan menjelajahi sejumlah tempat di sana. Kalau mikir kondisi tubuh saat itu sih mestinya tawaran Salman langsung saya tolak mentah-mentah dong. Tapi entah kenapa, rundown acara yang dikirim Salman via Whats App itu benar-benar membuat saya lupa kalau saya sedang sakit. Alhasil saya langsung mengiyakan tawaran tersebut meskipun perjalanan yang kami lalui melalui jalur darat dari Jakarta. Lupakan sakit dan waktunya memulai perjalanan. Bersama seorang blogger lainnya, Taufan Gio, kami bertiga memulai perjalanan bertajuk Petualangan GGS ( Gio Goiq Salmon ) menuju Lampung Barat. 


Tiba di Lampung kami bertemu dengan om Yo dari @KelilingLampung dan rekan-rekannya Om Dito dan Encip. Bersama mereka kami melanjutkan perjalanan menuju Lampung Barat. Lampung Barat sendiri merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Lampung. Kabupaten yang beribukota di Liwa ini merupakan kabupaten yang wilayahnya berada di daerah perbukitan. Untuk menuju kabupaten Lampung Barat kita bisa menempuh perjalanan darat sekitar 7 jam atau menggunakan pesawat perintis dan landing di Krui. Untuk jalur darat sendiri kita bisa memilih untuk menempuh daerah perbukitan melalui Kota Bumi atau melalui daerah pantai di Pesisir Barat. Semua jalur punya keunikan dan keasyikan tersendiri untuk melaluinya. Kami sendiri beruntung bisa mencicipi kedua jalur tersebut saat datang dan pulang. 

Salah satu agenda kami di Lampung barat adalah mengunjungi Kerajaan Adat Paksi Sekala Brak untuk menghadiri acara Himpun Agung Sai Batin Paksi yang merupakan musyawarah agung para Sultan Kerajaan Adat Paksi Sekala Brak. Di Lampung Barat sendiri ada beberapa paksi atau kerajaan adat yang masing-masing paksi dipimpin oleh seorang Sultan. Kerajaan Adat Sekala Brak yang kami datangi ini memiliki 4 Paksi yaitu Kepaksian Pernong dengan ibu negeri Batu Brak, Kepaksian Nyerupa dengan ibu negeri Sukau, Kepaksian Belunguh dengan ibu negeri Kenali dan Kepaksian Bejalan Diway dengan ibu negeri Kembahang. Nah tuan rumah Himpun Agung Sai Batin Paksi yang kami datangi kali ini adalah Kepaksian Pernong. Tempat berlangsungnya acara Himpun Agung ini berlokasi di Gedung Dalom Kepaksian Pernong. 

Bupati Lampung Barat (kiri) dan Sultan Kepaksian Pernong (tengah)
Acara Himpun Agung ini diawali dengan kedatangan Sai Batin Kepaksian Pernong, Drs. Pangeran Edward Syah Pernong, SH, MH yang bergelar Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan ke-23 . Sedikit info, Drs. Pangeran Edward Syah Pernong, SH, MH saat ini juga menjabat sebagai Kapolda Lampung. Kedatangan beliau didampingi oleh Bupati Lampung Barat, Drs. Mukhlis Basri. Kemudian keduanya tampak mempersiapkan segala sesuatu sebelum acara Himpun Agung dimulai.

Acara Himpung Agung kali ini bertepatan dengan berlangsungnya Festival Sekala Brak ke-2. Sehingga kali ini Lampung Barat kedatangan sejumlah tokoh penting yang juga turut menghadiri acara Himpun Agung di Kerajaan Adat Sekala Brak ini. Sejumpah pelajar dilibatkan untuk proses penyambutan para tokoh-tokoh penting tersebut. Demikian pula panji Kepaksian Pernong yang menjadi tuan rumah dalam Himpun Agung kali ini terihat di barisan terdepan saat mengantar para tokoh memasuki tempat acara di Gedung Dalom Kepaksian Pernong.

Wakil Gubernur Lampung
Gubernur Lampung
Ketua Komisi Yudisial 
Ketua MPR RI
Satu persatu sejumlah tamu kehormatan hadir di lokasi acara Himpun Agung Sai Batin Paksi Kerajaan Adat Sekala Brak. Uniknya para tamu kehormatan ini datang dengan cara diarak dan diiringi musik tradisional. Para tamu kehormatan ini datang satu persatu. Begitu tiba di depan Gedung Dalom Kepaksian Pernong, rombongan akan disambut kesenian bela diri yang melambangkan perlindungan kepada para tamu yang hadir di acara Himpun Agung ini. Sejumlah tokoh kehormatan yang hadir dalam acara Himpun Agung ini antara lain adalah Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Lampung, Ketua Komisi Yudisial, dan Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan.

Acara Himpun Agung Sai Batin Paksi Kerajaan Adat Sekala Brak kali ini menyerahkan Anugerah Lencana Kerajaan dan Pusaka Pedang Kerajaan Adat Sekala Brak kepada Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan yang diserahkan langsung oleh Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan ke-23. Zulkifli Hasan sendiri berasal dari Kalianda, Lampung Selatan yang setelah menelusuri jejak sejarahnya berasal dari Kerajaan Adat Sekala Brak.

Walaupun dengan persiapan seadanya, saya sendiri tidak mau kalah meriah loh menghadiri acara Himpun Agung ini. Berbekal kemeja pinjaman dan kain sarung pinjaman, saya terlihat oke kan menghadiri acara di Kerajaan Adat Sekala Brak ini ? Nantikan tulisan jalan-jalan saya berikutnya di Lampung Barat yah :)