01 November 2015

Perjamuan Di Himpun Agung Sai Batin Paksi Kerajaan Adat Sekala Brak

Tulisan ini masih kelanjutan dari tulisan saya sebelumnya saat menghadiri Himpun Agung Sai Batin Paksi Kerajaan Adat Sekala Brak di Lampung Barat. Tiada lengkap rasanya sebuah acara kumpul-kumpul tanpa sebuah perjamuan dari tuan rumah. Apalagi acara ini dihadiri sejumlah tokoh kehormatan, tentu semakin membuat kesibukan tuan rumah memberi perjamuan yang terbaik bagi para tamu-tamu mereka semakin meningkat. Rasa penasaran saya seperti apa perjamuan ala kerajaan adat mengantarkan langkah kaki saya ke sebuah tenda khusus dimana Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan Ke-23 akan menjamu tamu-tamunya. 

Sempat terbersit keraguan dalam diri saya untuk masuk dalam tenda yang diperuntukkan bagi tamu-tamu kehormatan ini, Apakah mungkin saya yang hanya seorang tamu antah berantah ini diperkenankan masuk untuk melihat seperti apa gerangan perjamuan ala Kerajaan Adat Sekala Brak ini. Dan ternyata, saya disambut sangat ramah oleh semua orang yang berada di dalam tenda. Meskipun mereka sibuk mempersiapkan perjamuan, tapi mereka mempersilahkan saya untuk masuk, melihat-lihat dan memfoto seisi tenda. Tenda perjamuan ini didominasi warna-warna cerah dengan hiasan motif khas kain tradisional Lampung Barat yang bernuansa merah, kuning emas dan hitam. 

Inilah dia menu-menu yang kali ini disajian untuk menjamu para tamu kehormatan Sultan Sekala Brak. Beradasarkan hasil perbincangan saya dengan ibu Yuzri, satu nampan ini adalah menu untuk satu orang raja. Dalam nampan ini terdapat menu ikan mujair yang dimasak acar kuning. Lalu yang terlihat bulat-bulat dalam piring itu adalah sambal halipu yang terbuat dari siput sawah yang sangat digemari masyarakat Lampung Barat, ada pula menu rendang daging dan rendang ayam, lalu ada pula menu Tabing yang terbuat dari bagian dalam buah enau yang diberi bumbu rendang. Lalu nasi diletakkan dalam wadah anyaman yang dibei nama Lekai. Semua masakan untuk perjamuan ini dimasak dan disiapkan oleh ibu-ibu setempat yang dibagi secara berkelompok loh. Hidangan yang sungguh menggugah selera bukan ?

Bagaimana hidangan perjamuan Kerajaan Adat Sekala Brak ini ? Penasaran ngga untuk mencoba ? Kalau penasaran, coba deh datang ke Lampung Barat. Siapa tahu salah satu dari menu-menu ini bisa kamu cicipi secara langsung di sana. Yuk jelajahi Indonesia :)