02 November 2015

Meriahnya Karnaval di Festival Sekala Brak 2015

Masih dalam rangka kunjungan ke Lampung Barat untuk menghadiri Festival Sekala Brak, saya beserta rekan-rekan media dan netizen setempat berkesempatan untuk menyaksikan Karnaval Festival Sekala Brak yang berlangsung di Kantor Pemerintah Daerah Lampung Barat. Karnaval ini diikuti berbagai pihak, mulai dari instansi pemerintahan, sekolah, kecamatan hingga paguyuban kesenian. Yuk saksikan bagaimana kemeriahan karnaval ini berlangsung yang terekam dalam lenca kamera saya.

Festival Sekala Brak sendiri baru kali kedua diadakan. Duo MC membuka jalannya acara karnaval pada sore hari itu. Mereka mengenakan pakaian karnaval yang meriah dengan motif Kain Tapis yang merupakan kain khas dari Lampung. MC juga bertindak sebagai narator yang menyebutkan peserta karnaval dan tema apa yang dibawakan oleh setiap barisan peserta karnaval.

Peserta karnaval barisan terdepan sungguh membuat saya terpana. Para gadis-gadis cantik mengenakan pakaian karnaval besar yang tetap bernuansa khas Lampung. Walaupun kostum tersebut menurut saya cukup berat dan panas tentunya, tapi para gadis-gadis cantik ini sama sekali tidak terlihat demikian loh. Mereka membawakan kostum ini tetap dengan penuh keanggunan loh.

Ada pula barisan muli-muli (kakak perempuan) cantik berpakaian tradisional. Sebelum mengikuti karnaval, mereka mebawakan sebuah tarian terlebih dahulu di depan panggung kehormatan. Barisan muli-muli cantik tidak hanya gemulai membawakan tarian, tapi mereka juga sangat ramah dan tidak canggung bergaya ketika kamera-kamera mengarah pada mereka. 

Barisan Muli Mekhanai Lampung Barat juga tidak ketinggalan ambil bagian meramaikan karnaval Festival Sekala Brak ini. Muli Mekhanai sendiri adalah ajang duta wisata daerah seperti halnya kita mengenal Abang None di Jakarta, Mojang Jajaka di Jawa Barat atau Cak Ning di Surabaya. 

Kreativitas peserta karnaval benar-benar saya rasakan melihat barisan yang satu persatu melewati tempat saya berdiri mengambil foto-foto. Salah satunya barisan anak-anak SD yang mengenakan seragam tentara ini. Mereka berjalan sangat teratur dan terkesan gagah bukan ?

Parade kesenian pun juga terlihat ambil bagian dan cukup beragam kesenian tradisional yang terlibat. Mulai dari Reog Ponorogo, Kuda Lumping dan tarian-tarian tradisional lainnya. Kehadiran mereka menambah semarak kemeriahan karnaval pada sore hari itu.

Legenda setempat juga diangkat oleh beberapa peserta untuk dibawakan saat karnaval. Foto diatas adalah Legenda Puteri Emas, tapi sayang saya kurang mendengar saat MC menyebutkan legenda yang dibawakan oleh peserta yang ditandu membawakan tokoh puteri khas setempat. Yang jelas kedua puteri ini cantik-cantik yah ?

Lampung adalah sebuah provinsi dengan perpaduan kultur dan budaya di dalamnya. Ada penduduk asli serta penduduk pendatang dari provinsi sekitar seperti Sumatera Selatan dan Bengkulu serta banyak pula penduduk dari pulau Jawa. Keragaman inilah yang ditampilkan oleh peserta karnaval dengan menampilkan busana pengantin daerah yang cukup familiar ditemukan disana. 

Budaya setempat pun juga cukup banyak ditampilkan oleh peserta karnaval. Salah satu yang cukup ramai terlihat melintas adalah rombongan bertopeng yang disebut Sekura. Penasaran dong pastinya apa dan bagaimana Sekura ini ? Saya akan menuliskan mengenai Sekura dalam sebuah postingan tersendiri supaya lebih detail. Nantikan yah...

Masih banyak sekali deretan peserta karnaval Festival Sekala Brak yang melintas di depan saya dan sempat terekam oleh lensa kamera saya. benar-benar membuka mata saya bahwa Indonesia itu kaya sekali. Dari sebuah kabupaten Lampung Barat ini saja, saya banyak sekali menjumpai kebudayaan yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Semakin membuat saya ingin melangkahkan kaki ke banyak tempat lagi di seluruh Indonesia. Nantikan tulisan saya berikutnya mengenai tepat wisata di Lampung Barat yah teman-teman.