21 November 2015

Review Film The Hunger Games : Mockingjay Part 2

Kalau ditanya film apa yang yang paling ingin saya tonton di tahun 2015 ini, maka sudah jelas jawaban saya akan mantap menjawab Hunger Games : Mockingjay Part 2. Film yang diangkat dari trilogi novel sukses karya Suzanne Collins yang mana saya sudah khatam membaca ketiga bukunya setelah film pertamanya rilis. Sempat kesal banget waktu tahun lalu saya tahu kalau bagian film Mockingjay ini dibuat menjadi 2 bagian. Tapi mengingat buku ketiga ini memang bagian klimaks dari rangkaian perjalanan Katniss Everdeen dkk dimana banyak sekali hal yang terjadi, maka saya ikhlas Mockingjay dibagi menjadi 2 bagian. Dan tadi malam, di hari pertama film ini tayang di Indonesia, saya langsung memutuskan nonton bersama teman-teman dari Gudang Film di Hollywood XXI. Yuk simak sedikit ulasan saya mengenai film The Hunger Games: Mockingjay Part 2 ini.

Film dimulai saat Katniss memulihkan diri setelah sepat dianaya Peeta yang pikirannya berhasil direkayasa oleh Capitol untuk membenci Katniss. Dalam kerisauannya memikirkan nasib Peeta, Katniss pun masih harus menjalankan misinya sebagai Mockingjay untuk menyatukan seluruh distrik melawan Capitol yang dipimpin oleh Presiden Snow. Misi paling berat adalah menundukkan Distrik 2 yang banyak dihuni oleh pengikut setia Capitol. Dan setelah semua distrik berhasil dikendalikan, tujuan utamanya tidak lain dan tidak bukan adalah menuju Capitol untuk menggulingkan Presiden Snow dan membuat pemerintahan baru. Tentu saja langkah Katniss dan kawan-kawan tidak mudah. Terlebih bagi Katniss sendiri yang memikirkan banyak hal. Mulai dari keselamatan penduduk Capitol, memikirkan keselamatan keluarganya dan juga persimpangan hatinya yang bimbang memilih antara Peeta dan Gale. Apakah misi Katniss sebagai Mockingjay akan berhasil ? Dan siapakah yang pada akhirnya akan dipilih oleh Katniss ? Biar saya ngga dibilang spoiler, langsung saja ke bioskop buat nonton. Hahahahaha...

Sebagai orang yang sudah membaca novel trilogi Hunger Games ini, lagi-lagi saya harus bilang kalau saya puas dengan bagian akhir dari rangkaian film The Hunger Games. Kekecewaan yang sempat terjadi saat tahu Mockingjay dibagi menjadi 2 bagian terbayarkan dengan apa yang saya tonton. Hampir semua detail dalam novel terwakili di film. Meskipun ada beberapa bagian dalam novel yang terasa kurang dramatik di film, tapi overall saya puas. Yang membuat klimaks adalah bagian akhir dalam novel yang ternyata visualnya mendekati dengan ekspektasi saya. Kalaupun ada kekurangan menurut teman saya, lebih pada adegan actionnya yang kurang banyak. Tapi buat saya sih itu sudah cukup kok. Dan nampaknya saya akan nonton film Mockingjay Part 2 ini beberapa kali lagi di bioskop. Skor saya untuk film ini 9/10 . Yuk nonton Mockingjay Part 2 di bioskop !