06 December 2016

Saya Dan Frisian Flag Susu Kental Manis

Teman-teman pernah minum susu dong ? Kalau menyebutkan merk susu yang pernah mengisi kehidupan teman-teman, bisa jadi Frisian Flag adalah salah satu merk yang akan kita sebutkan. Begitu juga dengan saya. Masa kecil saya yang indah juga tidak terlewatkan bersama susu Frisian Flag yang lebih saya kenal sebagai Susu Bendera. Frisian Flag Susu Kental Manis ini jadi bagian dalam banyak hal di rumah saya sejak kecil. Mulai dari diminum langsung dengan menambahkan air panas, lalu buat topping di atas roti tawar saat sarapan, buat campuran es alpukat serta berbagai minuman manis lainnya dan juga sebagai salah satu bahan beraneka kue yang dibuat ibu saya. Bahkan saya masih ingat dong dengan jingle lama mereka : Rasa lezat, hidup sehat, dunia cerah.. Susu saya Susu Bendera... Ada yang ingat dengan jingle tersebut ? Oke fix, berarti kita sudah mesti kontrol makanan. Hahahahaha... Ngomong-ngomong soal Susu Bendera, hari ini saya mau berbagi cerita jalan-jalan ke Pabrik Frisian Flag di Ciracas beberapa waktu yang lalu. Simak yuk dalam Catatan si Goiq kali ini.

Sedikit informasi nih teman-teman, pabrik Frisian Flag sendiri ada 2 buah. Yang pertama adalah Pabrik Frisian Flag yang berlokasi di Pasar Rebo dan yang kedua adalah pabrik Frisian Flag yang berlokasi di Ciracas. Dari segi jarak sebenarnya kedua pabrik ini tidak terlalu jauh posisinya. Kalau pabrik Frisian Flag yang di Pasar Rebo, saya lumayan sering melewatinya walaupun belum pernah masuk ke dalamnya. Makanya saya senang sekali berkesempatan untuk mengunjungi pabrik Frisian Flag untuk melihat dari dekat bagaimana sih Susu Bendera itu diproduksi. Begitu sampai di pabrik, kami harus mengikuti standar yang berlaku sama seperti semua karyawan di sini. Di lobby, tersedia mesin yang menyediakan susu panas. Minum dulu ah...

Foto : Dokumentasi Frisian Flag
Di dalam ruang serba guna, saya melihat banyak sekali display yang berisi produk Frisian Flag. Beberapa produk Frisian Flag yang juga familiar dalam hidup saya hingga saat ini antara lain Frisian Flag Susu Kental Manis yang terdiri dari Full Cream, Gold dan Cokelat. Hingga saat ini Frisian Flag memproduksi Susu Kental Manis ini dalam berbagai kemasan yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan. Mulai dari kemasan kaleng, kemasan pouch dan sachet.Untuk kemasan kaleng sendiri, saya masih inget banget dong gimana perjuangan berat untuk membuka kaleng susu kental manis ini. Mulai dari pakai pisau dan palu atau batu ulekan, sampai kemudian pakai alat pembuka kaleng yang diputar itu. Tapi sekarang udah dadah babay sih dengan cara buka kaleng susu kaya gitu, karena Frisian Flag sudah memperkenalkan kemasan kaleng klik tarik tuang dimana kalengnya bisa langsung dibuka seperti kita membuka minuman kaleng. Praktis... Oh ya, acara hari itu dibuka oleh MC Tya yang kocaknya luar biasa. 

Foto : Dokumentasi Frisian Flag
Frisian Flag sendiri sudah lama banget lho diproduksi. bahkan jauh sebelum saya dilahirkan dimuka bumi ini. Menurut Pak Andrew F.Saputro selaku Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Frisian Flag merupakan bagian dari FrieslandCampina  dan masuk ke Indonesia sejak tahun 1922 dengan nama Friesche Vlag. FrieslandCampina sendiri tidak hanya fokus memproduksi susu tapi juga membina kemitraan dengan peternak sapi, sehingga mereka memiliki sendiri bahan baku susu yang berkualitas dengan sumber gizi terbaik. Pabrik Frisian Flag sendiri mulai dibangun sejak tahun 1969 dan mulai memproduksi Susu Kental Manis sejak tahun1971 yang didistribusikan ke seluruh Indonesia. Pabrik di Ciracas sendiri mulai diakuisisi oleh Frisian Flag sejak tahun 1976. Dalam era waktu 1979 hingga 1991, Frisian Flag juga mulai memproduksi beberapa varian susu seperti susu bubuk, susuk pertumbuhan dan susu UHT. Dan pada tahun 1998, Frisian Flag memperkenalkan Susu Kental Manis dalam kemasan sachet. 

Berikutnya ada Ibu Tanti selaku Marketing Manager PT.Frisian Flag Indonesia yang memberitahu kami  tentang kemasan kaleng Klik Tarik Tuang yang memudahkan konsumen untuk membuka kaleng. Selain itu, Bu Tanti juga memberitahu soal kampanye Bulan Sarapan Sehat yang mengajak semua keluarga mengawali aktivitas dengan sarapan yang bergizi. Selanjutnya kita mendengarkan penjelasan dari Bapak Aryono B. Ardhyo selaku Corporate R&D Manager PT.Frisian Flag Indonesia mengenbai proses produksi susu mulai dari susu diperah hingga menjadi kemasan yang kita beli. Ternyata proses produksi susu itu jelimet lho teman-teman. Ngga segampang kita yang tinggal beli dan minum susunya. Mulai dari ratusan ton susu yang diperah dari berbagai daerah di Pulau Jawa, kemudian harus didinginkan terlebih dahulu untuk menidurkan bateri yang terkandung didalam susu. Lalu setelah susu sampai di pabrik, langsung di pasteurisasi atau dipanaskan untuk membunuh mikroba dan setelahnya diproduksi. Apakah akan menjadi susu kental manis, susu UHT atau produk susu lainnya. 

Foto : Dokumentasi Frisian Flag
Setelah mendengar penjelasan dari para petinggi di PT.Frisian Flag Indonesia, selanjutnya adalah acara yang saya tunggu-tunggu banget. Apalagi kalau bukan keliling pabrik untuk melihat proses produksi susu. Sebelum masuk area produksi, kami harus memakai jubah, sepatu, penutup kepala dan peredam suara. Semuanya demi keamanan dan tentu saja supaya supaya proses produksi tetap steril. Produksi susu dilakukan dengan mesin-mesin canggih. Man power lebih banyak terfokus untuk memantau kinerja mesin dan quality check. Proses produksi dilakukan mulai dari pasteurisasi susu, pengolahan susu, produksi kaleng hingga proses pengepakan. Kecepatan produksi pun luar biasa lho teman-teman. Dalam 1 menit, pabrik ini memproduksi 600 kaleng susu. Semua produk juga punya tanggal produksi dan tanggal kadaluarsa. Keren banget yah ?

Setelah jalan-jalan keliling pabrik, acara berikutnya adalah makan siang dan dilanjutkan dengan pembuatan beraneka minuman dari bahan Frisian Flag Susu Kental Manis. Sore itu kami disuguhkan 3 minuman yang oke banget yang terbuat dari Frisan Flag Susu Kental Manis Full Cream, Gold dan Cokelat.  Minuman tersebut yaitu Frisian Chillhood Crumbs yang langsung jadi favorit saya karena didalamnya mengandung banyak biskuit. Lalu ada Frisian Gold Chocorock dan yang terakhir Frisan Chocomint. Semuanya enak, semuanya segar, semuanya manis kaya saya dan semuanya juga gampang dibuat. 

Acara kunjungan ke Pabrik Frisian Flag hari itu harus diakhiri sore itu juga. Sebelum berakhir, ada sesi doorprize juga lho. Yang ngga beruntung dalam sesi doorprize ternyata juga tetap dapat hadiah yang seabreg-abreg dari Frisian Flag. Dan ngga juga lupa buat foto keluarga sebelum bubaran. Terima kasih Frisian Flag buat jamuan luar biasa kepada para blogger yang hadir. Selalu hadirkan kenikmatan hingga tetes terakhir... 

16 comments:

  1. Wah asyik memang Susu Frisian Flag ini. Terutama susu kental putihnya. Soalnya saat ngeblog tengah malam sampai menjelang dinihari saya sering nyeruput Kopi instant dalam bungkus sachet dengan campuran susu kental manis Frisian Flag (sachet). Wahhh seru banged. Santai asyik dan seru hhiheiehieiiehiehiee

    ReplyDelete
    Replies
    1. minum susu sebelum tidur biasanya boboknya pules lho mas

      Delete
  2. Asik banget acaranya. Frisian Flag ini legend banget susu kentalnya.

    ReplyDelete
  3. Favorit mah ini susu. Bikinnya gampang. Btw disana dapat susu gratis ga mas? Hehe

    ReplyDelete
  4. ternyata banyak variasi minuman yg bisa dibuat dari susu bendera ini ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banyak banget. biasanya kan cuma diminumm langsung atau diolesin roti

      Delete
  5. seruuuu ya factory visitnya...dapet hadiah lagiii :)

    ReplyDelete
  6. Frisian Flag ini asalnya dari Belanda :P . Lambangnya itu bendera provinsi Friesland, makanya namanya begitu :P .

    ReplyDelete
  7. gw dari kecil gak pernah suka susu, kecuali susu kental manis coklat pke es wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw kalo diminum malah lebih suka yang full cream

      Delete
  8. Di jamin habis pulang dari pabrik susu mas goiq langsung tambah tambun

    #eaaa

    ReplyDelete

Terima kasih....