04 January 2016

Cerita Kopdar

Kurang sah yah jadi blogger kalau belum melakukan kopi darat alias kopdar dengan teman-teman blogger lainnya. Apalagi kalau kedatangan teman-teman blogger yang datang dari luar negeri, luar kota atau saat kita sedang singgah ke suatu kota. Saya sendiri sempat melakukan beberapa kopdar dengan beberapa teman-teman blogger belakangan ini. Ada kopdar singkat, dan ada pula yang menghabiskan waktu berjam-jam. Intinya sih bukan lama atau sebentarnya, tapi kualitas dari pertemuan itu sendiri. Betul ngga ?

Kopdar di akhir bulan November saya lakukan di acara Ngobrol cantik yang diadakan oleh Blogger Perempuan Network di mana saya menjadi pembawa acaranya. Dan narasumber acara tersebut adalah Cumilebay yang merupakan blogger idola kita semua. Karena sudah cukup lama tidak bersua dengan mas Cumi, maka kesempatan ini sekalian saya manfaatkan sebagai ajang kopdar dan sekaligus curi ilmu. Banyak pertanyaan colongan yang saya tanyakan mumpung sekalian saya MC nya. Hahahaha.. *sungkem sama mbak Shintaries* . Walaupun sudah kondang, satu hal yang saya kagumi dari sosok Cumilebay adalah tetap rajin blogwalking ke banyak blog. Dan mas Cumi ini orangnya ngga pelit ilmu lho. Senang bisa kopdaran.


Ada juga kopdar yang berlangsung di arena pameran Kompas Gramedia Fair 2015 yang berlangsung di Jakarta Convention Center. Adalah Fandagri , seorang sahabat blogger dari Komunitas Blogger Wongkito Palembang yang mengajak saya saya berjumpa. Fanda yang kini bekerja di Semarang, kebetulan sedang berada di Jakarta untuk sebuah urusan pekerjaan kantornya. Begitu melihat status saya yang sedang berada di venue pameran, dia langsung menghubungi saya. Dan akhirnya kami bersua saat jam makan siang. Hanya sebentar saja memang pertemuan siang itu, tapi begitu banyak kata yang mengalir. Mulai dari dari seputar pekerjaan, hobi hingga jodoh. Hahahahaha...

Kopdar berikutnya yang tak kalah saya nantikan adalah kopdar bersama Arman Tjandrawidjaja , seorang blogger yang tinggal bersama keluarganya di Los Angeles. Makanya begitu dapat kabar kalau Arman akan merayakan Natal di Indonesia, beberapa rekan blogger langsung inisatif mengadakan kopdar bareng. Kopdar hari itu berlangsung di Pluit Emporium Mall. Senangnya selain bisa bertemu langsung dengan Arman, saya juga bisa kpdar dengan beberapa blogger lain yang saya kenal seperti Ci Yance beserta suaminya dan juga Alethea .  Plus bisa dapat kenalan teman-teman blogger yang baru saya kenal lainnya. Kesan pertama saya bersua Arman adalah orangnya sama persis sesuai ekspektasi saya selama ini ketika membaca blognya. Ramah dan sosok yang kebapakan banget. Senang banget bisa ketemu Arman yang pastinya ini moment langka banget.

Kopdar berikutnya adalah bersua om Yopie yang baru datang dari Lampung. Saya kenal om Yopie saat melakukan trip Keliling Lampung di seputar Lampung Barat beberapa bulan yang lalu. Makanya saat beliau datang ke Jakarta, saya dan beberapa teman-teman blogger lainnya langsung berkabar bikin kopdar. Hadir dalam kopdar yang bertempat di Ranah Kopi Depok itu beberapa blogger seperti Yuk Katerine , Mbak Evi , mbak Donna , Melly dan Salman . Cukup lama juga kami ngobrol, tepatnya mulai dari sore hngga malam hari. Dan pembahasan kami juga lumayan beragam. Mulai rencana ngetrip hingga bahasan-bahasan yang lebih personal. Oh ya, kami juga sempat bikin beberapa video untuk mendukung Salman di Kerala Blog Express . Seru banget pokoknya.

Dan kopdar terakhir saya berlangsung di kota Semarang bersama teman blogger yang sekarang berkarir sebagai dosen di Perguruan Tinggi di Semarang. Namanya Gita, saya dan beberapa teman-teman blogger biasa memanggilnya Mbit. Mbit ini salah satu rekan blogger yang saya kenal sejak pertama kali ngeblog hampir 12 tahun yang lalu. Waktu itu saya bahkan masih tinggal di Palembang. Lalu kami sempat bersua saat Pesta Blogger sekitar tahun 2009, dan selebihnya kami berkomunikasi di social media dan saling melihat aktifitas masing-masing di ranah Path. Dan kita langsung bikin rencana dong buat bikin kopdar blogger sepuh. Hahahaha...

Saya senang karena salah satu tujuan awal saya ngeblog, yaitu mencari teman sebanyak-banyaknya masih tetap terpelihara hingga saat ini. Mudah-mudahan akan terus terjaga selama saya mampu menjaganya, sehingga akan ada lagi cerita kopdar lainnya yang saya tulis di blog ini, Oh ya, Selamat Tahun Baru 2016 untuk semua pembaca blog ini.. Sukses untuk kita semua :)