05 February 2016

Kiat Meningkatkan Penjualan Secara Online

Semalam saya hadir di acara NGOPI yang diadakan oleh Detikinet bersama Samsung Galaxy Note5. Acara ini berlangsung di Tartine Cafe yang berlokasi di FX Mall Senayan. Acara berlangsung pada pk.18.00 yang dimulai dari registrasi dan makan malam bersama. Acara NGOPI kali ini mengangkat teman Scale Up Online Sales With Smartphone. Banyak sekali ilmu yang say dapatkan dalam acara ini lho. Yuk simak liputan saya.

Hadir sebagai narasumber dalam acara NGOPI Detikinet bersama Samsung Galaxy Note 5 adalah mas Lucky Sebastian seorang Gadget Enthusiast, Alice Norin selaku owner 8Wood yang merupakan toko online fashion khusus wanita, dan terakhir Achmad Zaky selaku CEO Bukalapak.com . 

Menurut mas Lucky, tampilan foto produk yang dijual di toko online harus jelas dan terlihat pro sehingga menarik costumer untuk membeli. Untuk membuat foto-foto yang bagus ini tidak melulu harus dengan kamera pro. Kamera Smartphone saat ini bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan foto-foto yang pro. Supaya berbeda dari penjual lainnya, membuat gambar-gambar yang bergerak dan video perlu juga untuk dilakukan untuk lebih meyakinkan costumer. Dan asyiknya, smartphone sudah memiliki beragam fitur untuk membuat foto pro, gambar bergerak dan video yang oke. Mas Lucky juga menambahkan bahwa semua seller harus menguasai produk yang mereka jual dan harus pede dengan prduk tersebut.

Sedangkan Alice Norin mengatakan sering memanfaatkan smartphone yang dimilikinya untuk membuat promo-promo di social media. Alice juga memanfaatkan Instagram, buzzer dan juga para blogger untuk lebih meningkatkan followers baru untuk toko onlinenya. Tidak hanya itu, Alice juga memanfaatkan smartphone sebagai media komunikasi dengan team 8wood . Alice Norin juga menambahkan kalau belum mampu memiliki kamera pro untuk menghasilkan gambar yang bagus, maka pilihlah smartphone yang bagus untuk menghasilkan gambar yang oke, 

Sementara mas Achmad Zaky mengatakan dengan semakin kayanya beragam fitur yang terdapat di smartphone, bisa jadi akan mengakibatkan kepunahan PC. Karena smartphone lebih fleksibel dan bisa digunakan dimanapun. Bukalapak sendiri juga selalu memotivasi para seller untuk melakukan berbagai aktivitas yang bisa meningkatkan penjualan mereka. Salah satunya dengan memberi raport kepada tiap seller. Seller dengan raport yang bagus tentu akan lebih disukai oleh costumer. Mas Zaky juga menambahkan untuk memanfaatkan internet menjadi sebuah peluang bagi siapapun. 

Seru bangetlah pokoknya acara NGOPI Detikinet bersama Samsung Galaxy Note 5 ini karena memberikan saya banyak wawasan baru mengenai penjualan secara online. Melihat testimoni para pelaku online shop di acara tadi malam yang bisa meraup rupiah dalam jumlah besar, rasanya jadi ingin mencoba peruntungan juga. Tapi masalahnya, produk apa yah yang kira-kira menarik dan berbeda untuk dijual secara online ? Wah Detikinet kayanya harus bikin acara NGOPI dengan tema ini deh. Btw, terima kasih buat Detikinet dan Samsung yang sudah berkolaborasi bikin acara keren ini.