15 February 2016

10 Kuliner Palembang Wajib Coba

Palembang adalah ibukota provinsi Sumatera Selatan dan dikenal karena peninggalan kerajaan Sriwijaya. Tidak heran kalau embel-embel Bumi Sriwijaya begitu erat melekat di kota ini. Kota empek-empek adalah salah satu julukan lain yang juga melekat disini. Karena semua orang di penjuru negeri ini tahu dan mungkin juga menyukai kuliner khas berbahan dasar ikan air tawar yang satu ini. Tapi tahukah bahwa Palembang juga menyimpan harta karun kuliner unik lainnya yang sepertinya sungguh sayang untuk dilewatkan bila sedang traveling kesini ? Harta karun tak ternilai ini merupakan sebuah cerminan dari berbagai macam suku dan etnis yang mendiami kota ini sejak lama. Dan 10 kuliner Palembang ini merupakan alasan kuat kenapa kamu harus datang ke Palembang !

1. Kapal Selam
Kapal selam adalah salah satu varian dari empek-empek Palembang. Bisa dikatakan ini adalah rajanya empek-empek karena bentuknya yang paling besar. Kapal selam ini berbahan dasar ikan gabus atau ikan tenggiri yang dicampur dengan air, sagu dan garam. Didalamnya berisi telur yang menambah sensasi kelezatan penganan ini. Di Palembang sendiri, kapal selam biasa dimakan dengan menggorengnya terlebih dahulu dalam minyak panas, kemudian disajikan dengan dipotong-potong bagian tengahnya sehingga isian telur didalamnya terlihat. Bisa juga ditambahkan dengan irisan timun, mie basah dan ebi ( udang kering yang dihaluskan ) . Lalu terakhir siramkan kuah cuka ( orang Palembang menyebutnya cuko ) yang terbuat dari gula aren yang direbus dengan air dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, cabe rawit dan ebi. Kapal selam ini nikmat sekali disantap di segala waktu dan suasana. 

2. Model
Santapan lezat ini bernama model dan masih satu family dengan empek-empek. Kenapa saya katakan masih satu family dengan empek-empek Palembang ? Tidak lain dan tidak bukan karena masih menggunakan bahan yang sejenis dengan empek-empek. Hanya saja model ini disajikan berkuah seperti sup. Kuah model sendiri dibuat dari kaldu rebusan udang yang ditambah bumbu-bumbu dan bahan pelengkap seperti jamur kuping, bengkuang dan bunga sedap malam. Rasanya sangat lezat dan segar. Kita bisa menambahkan cuka dan kecap asin bila ingin memperkuat cita rasanya. Model ini bisa kita jumpai di kedai yang menjual empek-empek, walaupun di Palembang sendiri banyak penjual model gerobak yang khusus menjual model dan tekwan saja. 

3. Mie Celor

Makanan yang satu ini juga wajib dicoba kalau sedang berkunjung ke Palembang. Namanya adalah mie celor. Mie celor ini adalah mie yang disajikan dengan kuah kental yang dibuat rebusan kaldu udang yang ditambah dengan santan dan bumbu-bumbu lainnya, lalu dikentalkan dengan larutan tepung maizena. Mie yang digunakan juga berbeda dari mie kebanyakan karena bentuknya lebih besar seperti udon. Caranya menyajikannya adalah sebagai berikut : mie dan tauge direbus dalam sebuah wadah lalu dimasukkan kedalam piring, kemudian disiram kuah kental dan diberi tambahan potongan telur rebus, potongan daging udang, daun seledri dan bawang goreng. Rasa mie celor ini sangat gurih karena perpaduan santan dan kaldu udangnya. Mie celor yang paling terkenal di Palembang adalah mie celor yang berada di kawasan 26 ilir. 

4. Pindang Ikan
Pindang ikan adalah salah satu kuliner yang harus dicoba kalau berkunjung ke Palembang. Pindang ikan sendiri merupakan makanan berkuah yang merupakan lauk nasi berbahan dasar ikan. Rasa pindang ikan ini adalah asam segar karena perpaduan tomat dan nanas yang ada didalamnya. Ikan yang sering dijadikan pindang sebenarnya bermacam ragamnya, tapi yang paling diminati masyarakat setempat adalah pindang ikan patin dan pindang ikan baung. Untuk tambahannya, biasanya pindang disajikan lengkap bersama lalapan dan juga sambal buah yang mempunyai cita rasa asam seperti bacang, embem atau mangga muda. Pindang yang terkenal di Palembang sendiri adalah pindang ikan yang berasal dari daerah Meranjat. Tapi sekarang sudah banyak rumah makan yang menjual menu pindang ikan sebagai salah satu menu andalan rumah makan mereka.

5. Tempoyak Durian

Buat kalian yang suka buah durian, kalian harus mencoba sensasi lezatnya tempoyak. Tempoyak sendiri berasal dari buah durian yang di fermentasi. Tempoyak kemudian diberi bumbu dan dimasak dengan bermacam cara. Bisa dimasak sayur, dan bisa juga dibuat brengkes dengan menggunakan ikan. Tempoyak ini menjadi sebuah menu yang sangat lezat dan unik pastinya. Menu makanan dengan bahan tempoyak ini bisa dijumpai di rumah makan yang menyediakan menu khas Palembang.

6. Martabak Kari

Martabak kari adalah salah satu makanan yang sangat populer di Palembang. Restoran martabak kari ini bermunculan tidak hanya di pusat kota, melainkan juga sampai ke pelosok-pelosok pemukiman masyarakat. Kita bisa memilih akan menggunakan telur ayam atau telur bebek didalamnya. satu porsi martabak kari ini akan disajikan dengan kuah kari dalam tempat yang terpisah dan saus yang berisi irisan cabai hijau. Karinya sendiri tidak terlalu tajam baik itu bau maupun rasanya sehingga sangat cocok di lidah orang Indonesia. Didalam kari terdapat potongan kentang dan juga daging sapi. Lezat sekali dimakan panas-panas. 

7. Nasi Minyak
Menu yang satu ini juga jangan sampai terlewatkan bila sedang berada di Palembang. Ini adalah nasi minyak. Sesuai dengan namanya, nasi ini dalam proses memasaknya menggunakan minyak samin. Nasi minyak ini rasanya gurih dan gemuk. Beberapa orang suka menambahkan kismis sebagai toppingnya. Tapi ini tergantung selera juga. Nasi minyak ini begitu populernya sehingga dijadikan sebagai hidangan istimewa. Kita bisa menjumpai nasi minyak dalam hajatan orang Palembang seperti pernikahan ataupun syukuran lainnya. Nasi minyak biasanya disantap bersama lauk pauknya yang juga khas seperti daging malbi, sate pentul, kari dan sambal nanas. Penjual nasi minyak bisa dijumpai di seputar Pasar Kuto.

8. Celimpungan

Yang satu ini adalah kuliner Palembang favorit saya. saya bisa skip beberapa kuliner lain kalau berkunjung ke Palembang, tapi tidak dengan yang satu ini. Namanya Celimpungan. Kuliner berkuah ini disajikan hangat dan terdiri dari beberapa butir adonan pempek yang dibentuk sedikit bulat. Kuahnya sendiri terbuat dari santan dan memiliki rasa yang sangat gurih. Sangat nikmat disantap pagi hari. Celimpungan ini biasa dijual di pasar tradisional pagi hari dan beberapa restaurant yang menjual beraneka kuliner Palembang.

9. Laksan Burgo

Laksan Burgo merupakan hidangan berkuah yang bisa dibilang masih bersaudara dengan Celimpungan. Hanya saja beda secara isian. Kalau celimpungan berisi adonan pempek yang dibentuk agak bulat, Laksan Burgo sendiri terdiri dari potongan adonan pempek yang dibentuk pipih dan burgo yang terbuat dari tepung beras. 

10. Kumbu

Kumbu adalah kue tradisional Palembang yang terbuat dari kacang hijau atau kacang merah. Kue Kumbu sendiri yang saya ingat merupakan jajanan saya sewaktu masih duduk di bangku SD dulu, Penjual kue kumbu dulunya banyak ditemui bersama penjual roti gerobak. Rasa kue kumbu sendiri sangat lezat dan cocok dinikmati pagi atau sore hari untuk teman minum teh.

Diluar beberapa kuliner yang saya sebutkan tadi, sebenarnya masih banyak lagi harta karun kuliner yang bisa kita temukan di Palembang. Hanya saja tidak mungkin saya tuliskan semuanya disini karena terlalu banyak pastinya. Mudah-mudahan beberapa yang saya tuliskan disini bisa berguna bagi teman-teman yang mungkin ada rencana mengunjungi kota Palembang dalam waktu dekat ini. Apaagi tanggal 9 Maret mendatang banyak acara akan digelar di kota Palembang karena kota Palembang adalah salah satu kota yang dilintasi Gerhana Matahari Total. Buat yang belum punya rencana ke Palembang, segera lihat kalender kamu, susun rencana cuti dan segera bikin rencana untuk mengunjungi kota Palembang !