08 October 2016

Kita dan Hukum

Sumber Foto : jdih.riau.go.id
Hukum. Mungkin banyak orang yang gentar menyebut kata tersebut. Siapa sih yang mau punya masalah dengan hukum ? Pastinya ngga ada dong. Tapi faktanya, hukum itu sangat dekat dengan keseharian kita. Banyak hal yang pastinya akan membuat kita bersinggungan dengan hukum. 

Sebagai blogger, hal yang paling sering saya dan teman-teman rasakan adalah plagiarisme. Plagiarisme sendiri adalah penjiplakan karya yang kemudian di tulis ulang dan diaku sebagai karya orang lain. Tentu tidak sedikit teman-teman blogger yang penah merasakan tulisan yang mereka pikirkan dengan susah payah, kemudian dijiplak dan diakui sebagai karya orang lain. Padahal membuat sebuah karya tulisan walaupun hanya sebatas tulisan di blog bukan sesuatu yang bisa dibilang mudah. Butuh waktu dan pemikiran untuk merangkai kata demi kata menjadi sebuah kumpulan kalimat. Tidak hanya sekedar merangkai kata, tapi kita juga memerlukan taste supaya karya tulisan yang kita buat menjadi enak untuk dibaca orang lain. Makanya sudah pasti kita merasa kesal dong kalau tulisan yang kita buat dengan susah payah, tiba-tiba di plagiat orang lain dan diaku sebagai karya mereka. Sedikit informasi nih, plagiarisme ini melanggar UU no.19 tahun 1992 mengenai hak cipta. Dan bagi siapa saja yang melanggarnya bisa dikenakan sanksi hukum. Hayo lhooo...


Tapi faktanya selama ini, mungkin jarang ada teman-teman yang memperkarakan masalah plagiarisme ini ke ranah hukum. Alasannya sih bisa jadi karena ribet atau mungkin karena faktor enggan bersinggungan dengan hukum. Nah, kalau teman-teman ketemu kasus semacam ini atau mungkin kasus-kasus hukum lainnya, mungkin teman-teman bisa membuka website Justika.com . Karena di Justika.Com kita bisa berkonsultasi dengan para ahli hukum yang sudah bergabung. Dan kita akan mendapatkan solusi atas permasalahan yang kita hadapi. Minimal kita jadi tahu langkah-langkah apa yang harus kita lakukan berikutnya. Kita bahkan bisa melihat kredibilitas para pakar hukum tersebut dengan melihat profil mereka. 

Oh ya, ngomong-ngomong soal hukum lagi nih. Jangan pikir hukum itu hanya terkait dengan hal-hal yang bersifat peradilan saja lho. Sebenarnya di sekitar kita pun banyak sekali masalah-masalah yang berkaitan dengan hukum. Seperti soal warisan, harta gono-gini, jual beli tanah dan bangunan bahkan sampai urusan penterjemah. Nah, untungnya pakar hukum yang bisa kita temukan di Justika yaitu lawyer, notaris dan penterjemah tersumpah.Jadi ada banyak masalah hukum yang bisa kita temukan solusinya di sana. Keren banget kan ?

Dan buat masyarakat tidak mampu yang membutuhkan bantuan hukum, di Justika.com juga terdapat layanan Pro bono yang memberikan bantuan hukum secara gratis kepada masyarakat yang tidak mampu secara finansial. Jadi, kenapa harus takut bersinggungan dengan hukum kalau di Justika.com kita bisa menemukan solusinya ? Selamat datang di dunia cyber-lawyer...