10 June 2017

Warna Warni Pasar Ramadhan Benhil

Minggu lalu, saya dan teman-teman ID Food Blogger yang terdiri dari Salman, Dita dan Winda menghabiskan akhir pekan sambil mencari-cari menu berbuka puasa. Pilihan kami jatuhkan di Pasar Ramadhan Benhil. Sedikit info, Pasar Ramadhan Benhil ini berlokasi di sebuah lahan kosong di samping Pasar Benhil. Pasar ini memang rutin diadakan setiap bulan Ramadhan tiba. Kira-kira, apa saja yah yang kami beli di sana ? Simak yuk dalam Catatan Si Goiq kali ini.

Ada 2 tenda besar yang menampung puluhan pedagang yang menjual berbagai makanan dan minuman di Pasar Ramadhan Benhil. Meskipun Pasar Ramadhan Benhil nampaknya tidak sebesar tahun lalu, tapi menurut saya sih ini sudah lebih dari banyak untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang datang untk mencari menu berbuka. Dari beberapa lapak, ada beberapa pedagang yang menjual jenis makanan atau minuman yang sama. Seperti penjual kue jajanan pasar ini. Ada beberapa lapak serupa yang bisa kita temukan di sini. Tiap pedagang kue jajanan pasar ini menjual berbagai variasi kue-kue seperti kue lumpur, kue sus, kue apem, lemper, dadar gulung, serabi dan masih banyak yang lainnya. Harga yang dijual pun bervariasi mulai dari Rp.2.000,-

Lalu ada pula lapak penjual aneka bubur. Saya menemukan lebih dari 2 lapak yang menjual aneka bubur ini. Bubur yang dijual pun bermacam ragamnya. Ada bubur kacang hikau, bubur ketan hitam, bubur ubi ungu dan sebagainya. Warna-warni jenis bubur yang dijual ini memang cukup menggoda untuk mengeluarkan dompet dan membeli salah satunya.

Saya juga menjumpai beberapa minuman manis yang banyak dijual saat bulan ramadhan tiba. Salah satunya adalah berbagai hidangan kolak. Ada kolak pisang hingga kolak ubi. Lalu bermacam minuman segar juga dijual di sini, mulai dari sop buah, es buah, es jeruk peras hingga aneka es campur dan es dawet. Semuanya bikin kita lumayan berpikir kerras untuk menentukan minuman apa yang ingin dibeli.

Sebagai orang Palembang, saya sangat bahagia bisa menemukan beberapa lapak penjual pempek di sini. Walaupun jadi mikir gimana rasa pempeknya, mengingat saya lumayan sering beli pempek yang rasanya zonk di Jakarta. Setelah menimbang dan memutuskan, akhirnya saya membeli satu buah pempek kapal selam yang bisa digoreng langsung di sana. 

Lalu ada pula lapak yang menjual nasi kebuli dan kawan-kawan. Beneran deh, saya tuh paling susah kalau ngelihat hidangan kaya gini di pasar. Pasti deh langsung keluarin dompet dan beli beberapa. Apalagi di lapak ini juga ada roti cane dan roti jala. lengkap pula dengan aneka kari dan kambing goreng. Ulalala.. 

Buat yang butuh berbagai lauk nasik untuk disantap setelah berbuka puasa atau untuk lauk saat sahur, di Pasar Ramadhan Benhil ini juga menjual beraneka lauk. Saya melihat beberapa lapak yang menjual beraneka masakan Padang, ada pula lapak yang menjual aneka masakan Jawa, lalu lapak yang menjual Guded, dan ada pula lapak yang menjual aneka ikan bakar. Semuanya dijamin bakal bikin pengen borong. Hahahaha...

Foto : @salmanbiroe
Jujur, saya dan teman-teman lumayan kalap membeli banyak makanan untuk kami santap bersama saat berbuka puasa. Setelah kami kumpulkan, kami baru tahu makanan yang kami beli ternyata banyak banget. Satu orang bisa membeli beberapa jenis makanan. Untungnya kami akan menyantap makanan ini bersama-sama. Oh ya, tips dari saya kalau teman-teman akan berkunjung ke sini adalah pastikan membawa uang tunai yang cukup. Bawa satu lembar Rp.50.000,- saja bisa membeli banyak sekali makanan di sini. Dari semua makanan yang kami beli, ada satu atau dua jenis yang rasanya kurang oke. Jadi pastikan selektif saat akan membeli dan jangan kalap. Karena kalau kalap, jangan-jangan satu pasar pengen dipindahkan ke rumah. Hehehe.. Selamat berburu menu berbuka puasa :)

7 comments:

  1. benhil emang paling enak untuk memburu tanjil

    ReplyDelete
  2. Saya sih agak bisa menahan rasa pengen beli yang kalap karena pengalaman.
    Kalo berburu makanan seperti diatas memang bawaannya pengen borong aja, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lama-lama sih sebenernya emang bisa kontrol yah. Kalo awal-awal Ramadhan aja yang biasanya suka kalap

      Delete
  3. kalau ke situ aku cari lemang sama bubur kampiun..
    oh iya sama ikan bakar juga, tapi nggak semuanya enak sih .. he.. he.. pernah dapat yang angus ikannya,
    harus teliti belanjanya

    ReplyDelete

Terima kasih....