05 January 2017

Satu Indonesia Di 60 Tahun Astra

Siapa tidak kenal Astra ? Perusahaan yang didirikan oleh William Suryadjaya (alm) dan Tjia Kian Tie sejak tahun 1957 telah menancapkan kuku dalam berbagai lini bisnis di Indonesia. Tercatat ada 7 lini bisnis yang dikembangkan oleh Astra. Mulai dari automotive, financial service, heavy equipment, mining & energy, agribusiness, infrastrutcture & logistic, information technology dan property. Bulan Februari yang akan datang, Astra akan genap berusia 60 tahun. Jelang perayaan ulang tahunnya yang ke-60, Astra melakukan berbagai kegiatan. 

Perayaan ulang tahun Astra yang ke-60 bertajuk Inspirasi 60 tahun Astra. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah mengadakan Satu Indonesia Awards yang merupakan kepanjangan dari Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia. Penghargaan ini sudah rutin diadakan sejak tahun 2010. Satu Indonesia Award merupakan penghargaan kepada putra-putri bangsa yang berperan aktif memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia dalam berbagai bidang seperti pendidikan, lingkungan, pemberdayaan masyarakat, kesehatan dan teknologi. Setiap tahunnya, jumlah pendaftar Satu Indonesia Awards terus mengalami peningkatan. Tahun 2016 sendiri tercatat lebih dari 2000 peserta yang mendaftarkan diri mengikuti Satu Indonesia Awards. 


Salah satu kegiatan yang diadakan Astra adalah acara Blogger Gathering yang berlangsung di Mid Town Cafe. Acara tersebut menghadirkan Maharani, pemenang Satu Indonesia Awards kategori Lingkungan pada tahun 2014. Maharani membagi sedikit cerita bagaimana dia dan teman-temannya sejak tahun 2009 berusaha meningkatkan perekonomian masyarakat Lombok dengan membudidayakan tanaman gaharu.Pemilihan tanaman gaharu sendiri dikarenakan nilai ekonomisnya yang tinggi. Dengan bantuan teknologi, tanaman gaharu hanya butuh waktu 1 tahun untuk bisa dipanen. Sejatinya, tanaman gaharu butuh waktu ratusan tahun untuk siap dipanen. Meskipun nilai ekonomis tanaman gaharu hasil budidaya ini tidak setinggi tanaman gaharu yang panen di habitat aslinya, tetapi tetap dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Lombok. Saat ini, Maharani membina sekitar 200 petani gaharu di Lombok dan juga membina petani-petani gaharu di daerah lain.

Acara Blogger Gathering yang diadakan oleh Astra juga menghadirkan Ndoro Kakung yang memberi tahu para blogger trend social media di tahun 2017. Menurut Ndoro Kakung, trend social media di tahun 2017 masih akan diramaikan oleh wajah-wajah lama seperti Facebook, Instagram, Snapchat, Youtube dan Twitter. Facebook diperkirakan akan tetap menjadi market place, disusul oleh Instagram yang semakin memberdayakan Instagram Stories yang cocok untuk bisnis dan semakin disukai pengguna social media. Sementara Snapchat akan mengembangkan Spectacles yang mirip Google Glass tapi dengan harga yang lebih murah. Sementara trend di Youtube adalah menjadi penghubung antara content creator dengan pemasang iklan. Sementara Twitter akan memperkuat posisi mereka dengan menghadirkan tombol pelaporan dan costumer service. Menarik banget kan trend social media di tahun 2017.

Narasumber berikutnya yang dihadirkan Astra dalam acara Blogger gathering adalah Arbain Rambey, seorang fotografer yang memberikan banyak tips mengenai foto untuk memperkuat konten yang dihasilkan. Menurut mas Arbain, sekarang foto yang bagus bisa banget dihasilkan dari smartphone. jadi tidak perlu sedih buat teman-teman yang saat ini belum punya kamera pro. Dalam beberapa kasus, kamera handphone bahkan bisa mengalahkan kamera pro dalam kondisi pencahayaan yang cukup. Bahkan, beberapa foto termahal di dunia hanya diambil dengan menggunakan kamera saku lho teman-teman. Mas Arbain juga memberi tips, kalau foto pemandangan yang baik itu sebaiknya diambil sebelum pk.07.00. 

Berguna banget kan tips-tips yang diberikan oleh para narasumber ? Saya jadi banyak tambah ilmu lho mengikuti acara Blogger Gathering yang diadakan oleh Astra. Mudah-mudahan apa yang saya tuliskan di blog ini juga bisa menambah pengetahuan teman-teman semua. Terima kasih buat Astra yang sudah bikin acara keren ini. Jaya terus Astra di usianya yang akan segera memasuki 60 tahun.