26 January 2017

Strategi Mencicil Barang

Pernah ngga sih teman-teman memiliki kebutuhan untuk memiliki sebuah barang yang harganya cukup mahal. Mau beli tapi kok susah banget buat ngumpulin duitnya. Saya lumayan sering lho mengalami hal tersebut. Menabung untuk membeli sebuah barang itu memang bukan pekerjaan yang mudah. Selain ada saja hal yang membuat tabungan berkurang terus, kadangkala tidak jarang begitu tabungan terkumpul hasrat untuk memiliki benda tersebut sudah hilang dan berganti ingin memiliki barang lainnya yang harganya lebih mahal. Dan begitu yang terjadi seterusnya.

Belakangan ini sih saya sudah lebih nyantai kalau benar-benar butuh  membeli barang yang harganya lumayan mahal karena saya bisa mendapatkannya dengan cara mencicil. Kalau dengar kata mencicil, mungkin beberapa teman langsung memandang rendah. Pernah banget ada yang ngomentarin dan langsung nuduh saya udah segitu kerenya sampai beli barangpun harus nyicil. Padahal, belum tentu lho kalau suka nyicil itu berarti kere. Mencicil barang pun memerlukan strategi dan tidak bisa dilakukan sembarangan. Saya sendiri punya beberapa strategi yang saya terapkan sebelum memutuskan untuk mencicil barang. Barang yang saya maksudnya di sini diluar kendaraan bermotor atau rumah yah. Ini baru sekedar strategi untuk mencicil barang-barang seperti barang elektronik.

1. Saya punya tabungan, saya bisa membeli barang yang saya mau dengan uang tabungan yang saya miliki. Tapi belakangan saya lebih suka mencicil karena saya bisa mengurangi pemakaian-pemakaian yang tidak perlu ketika gajian. Biasanya saat gajian banyak sekali barang yang mau kita beli, atau banyak sekali resto yang ingin kita datangi untuk mencicipi menunya. Nah, dengan mencicil barang, saya bisa mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang kurang penting tersebut. Dengan kata lain, pos uang yang biasanya saya pakai untuk kesenangan pribadi saya kurangi untuk mencicil barang. Jadi uang dalam tabungan tetap aman, saya bisa mendapat barang yang saya butuhkan. 

2. Pastikan barang yang akan dibeli dengan cara dicicil adalah barang yang benar-benar kalian butuhkan. Jangan membeli barang hanya karena kalian ingin, karena keinginan itu biasanya sifatnya tidak lama. Kalau baru sekedar ingin, saya sih lebih suka membandingkan dulu dengan barang yang lain. kalau ternyata banyak barang lain yang ternyata juga saya inginkan, berarti saya tidak benar-benar butuh barang tersebut. Membandingkan barang yang ingin dibeli dengan barang yang lain juga bisa membuat kita lebih mantap kalau kita benar-benar membutuhkan barang tersebut atau hanya sekedar ingin.

3. Sesuaikan budget untuk mencicil dengan pendapatan yang kita terima. Jangan sampai, gara-gara mencicil barang kita lantas mengurang jatah makan yang harusnya 3x sehari jadi 2x perhari. Kalau saya pribadi sih nominal cicilan perbulan yang paling aman untuk saya berkisar 10% - 15% dari gaji yang diterima. Untuk lebih pastinya sih teman-teman bisa googling atau tanyakan pada ahli keuangan. Kalau kemampuan saya untuk mencicil sih yah sebesar itu supaya kebutuhan-kebutuhan pribadi saya yang lainnya tidak terganggu tentunya. 

4. Pilihlah masa cicilan yang sesingkat mungkin. Biasanya sih ada pilihan 3, 6, 9 atau 12 bulan. Kalau saya pribadi lebih suka mengambil masa cicilan 3 atau 6 bulan. Semakin lama masa mencicil yang kita ambil tentu akan membuat nominal cicilannya juga jadi lebih kecil. Tapi terlalu lama mencicil buat saya juga kurang oke. Biasanya 3 atau 6 bulan itu kita masih semangat untuk membayar cicilan tepat waktu. Lebih lama dari itu biasanya akan membuat kita bosan, kenapa cicilan nya tidak kelar-kelar. 

5. Saat ini banyak sekali perusahaan leasing yang menawarkan cicilan barang dengan banyak kemudahan. Kalau dulu, prosesnya seringkali lama dan berbelit-belit. Sekarang justru banyak perusahaan yang bahkan berani menjamin kalau cicilan akan disetujui kurang dari 24 jam. Nah banyaknya perusahaan leasing ini membuat kita harus cermat untuk memilih. Bandingkan perusahaan yang satu dengan yang lain, sehingga kita bisa mendapat yang terbaik.

Kira-kira begitulah strategi yang saya gunakan sebelum memutuskan untuk mencicil barang. Mudah-mudahan bisa membantu teman-teman yang ingin memiliki sebuah barang tapi terbentur dana yang dimiliki. Selamat mencoba :)