02 May 2017

Jadi Barista Rumahan Dengan Nescafe Dolce Gusto Piccolo Manual


Saya masih ingat, pertama kali kenal kopi sejak duduk di bangku SMA. Saat itu saya ikut organisasi Pencinta Alam yang sepertinya merupakan organisasi yang tidak terpisahkan dengan kopi. Dimanapun kami berada, dimanapun kami nongkrong, dimanapun kami melakukan aktifitas, rasanya selalu ada kopi yang menemani kegiatan kami. Bisa dibilang kopi adalah saudara bagi kami karena dia selalu menemani dalam kondisi apapun. Walaupun selera saya terhadap kopi bisa dibilang agak berbeda dengan teman-teman saya, karena saya lebih suka kopi susu ketimbang kopi hitam. Tapi kalau tidak menemukan kopi susu, kopi hitam yang adapun biasanya saya seruput juga. Nah, hari ini saya mau ngajak teman-teman untuk mengikuti cerita saya mengenai sebuah mesin kopi yang mungkin bisa lebih meningkatkan minat kalian untuk ngopi. Simak yuk dalam Catatan Si Goiq kali ini.

Kebiasaan ngopi sejak SMA itu masih berlanjut sampai sekarang. Tapi kalau untuk menyebut diri kopi addict atau kopi lovers, saya kok merasa malu yah. Saya tetap ngerasa cemen menyebut diri saya demikian karena saya tetap lebih suka kopi dengan susu atau kopi dengan krimmer, walaupun tidak menolak kopi hitam asal dalam kondisi tidak ada kopi susu. Hahahaha.. Setiap bulan saya pasti memasukkan item kopi (dengan gula dan krimmer/susu) dalam list belanja rutin. Tapi belakangan ini lebih suka ngopi di café karena rasanya lebih enak. Tapi tentu saja ada harga yang harus saya bayar untuk kenikmatan tersebut. Tidak jarang saya memperhatikan para barista yang sedang meracik kopi pesanan konsumen. Melihat mereka memainkan mesin kopi yang berukuran besar itu. Terselip keinginan untuk punya mesin kopi sendiri di rumah supaya bias bikin kopi nikmat ala café di rumah. Tapi buru-buru saya tepis pikiran tersebut. Mesin kopi gede pasti harganya mahal. 

Keinginan punya mesin kopi sendiri itu bangkit lagi sewaktu saya menghadiri acara launching Nescafe Dolce Gusto Picollo yang dipandu oleh duo MC Ernest Prakasa dan Uchieta Pohan. Acaranya seru banget dan saya bisa nyobain sendiri gimana bikin minuman dengan menggunakan Nescafe Dolce Gusto Piccolo. Nescafe Dolce Gusto sendiri memiliki banyak varian mesin kopi, dimana yang terbaru ini merupakan Nescafe Dolce Gusto seri manual. Jadi kita bisa meracik sendiri berbagai minuman ala café di rumah yang sesuai dengan taste kita masing-masing. Pilihan jenis minuman dalam kapsul yang tersedia juga beragam, jadi bukan cuma pecinta kopi saja yang seleranya dimanjakan. Tapi juga penyuka aneka minuman seperti coklat, moka, green tea dan jenis teh lainnya juga bisa kita sajikan dengan mesin ini. Dalam acara launching tersebut, Nescafe Dolce Gusto Picollo ditawarkan dengan harga diskon 50%. Kalo gini mah, udah ngga pake mikir lagi deh. Bungkus !!!

Menggunakan mesin ini ternyata sangat mudah. Tinggal mengisi air matang pada tangki yang berada di belakang mesin, lalu buka tutup gagang pengunci dan masukkan kapsul yang diinginkan. Jangan lupa perhatikan terlebih dahulu jumlah bar yang tertera pada kapsul, dimana 1 bar berarti 5 detik. Ada minuman yang cukup menggunakan 1 kapsul dan ada yang butuh 2 kapsul. Berapapun jumlah kapsul yang dibutuhkan, pastikan kita memperhatikan jumlah bar yang tertera dalam setiap kapsul. Setelah kapsul dimasukkan dan gagang pengunci ditutup, selanjutnya tinggal memilih ingin membuat minuman panas atau dingin. Bila ingin membuat  minuman panas, maka geser tuas ke arah kanan dan bila ingin minuman dingin maka geser tuas ke arah kiri. Pastikan gelas sudah diletakkan di nampan penadah. Bila minuman sudah selesai dibuat, buka kembali tutup pengunci gagang dan buang sisa kapsul ke kotak sampah. Selesai! Mudah banget kan ? Bisa menikmati minuman nikmat hanya dalam waktu beberapa menit saja.  Cool banget piccolo. 


Ternyata dengan menggunakan Nescafe Dolce Gusto Piccolo,  saya memiliki kendali penuh sebagai pembuat minuman. Benar-benar menjadikan saya seorang barista untuk minuman yang akan dinikmati sendiri. Saya bisa mengurangi takaran susu atau kopi bila saya menginginkannya dengan mengembalikan tuas ke arah tengah meskipun seharusnya saya  melakukannya lebih lama. Dan untuk lebih memudahkan membuat kopi atau minuman lainnya, teman-teman bisa download aplikasi Dolce Gusto Timer di Google Playstore dan Apple Store. Di dalam aplikasi ini ada berbagai jenis varian kapsul minuman yang tersedia. Tinggal pilih minuman apa yang ingin dibuat, lalu ada timer yang akan mengingatkan kita untuk menggeser tuas dan menghentikan air. Saya juga bisa membuat berbagai kreasi minuman yang oke banget kalau menjamu tamu di rumah. 

Bentuk Nescafe Dolce Gusto Piccolo yang mungil ini benar-benar membuatnya cocok diletakkan dalam banyak tempat di rumah. Bisa di kamar, bisa di ruang keluarga atau dapur. Dan harganya juga pasti ngga akan semahal mesin kopi besar yang ada di cafe. Kalau ngga percaya coba deh cek harganya di Lazada, ternyata harga Nescafe Dolce Gusto Piccolo sekitar 1,3 jutaan. Terjangkau banget lah yah. Apalagi pas cek di Lazada, ada banyak promo lain seperti promo harga kapsul. Duh jadi pengen stok kapsul yang banyak nih. Asyik kan ? Beli yuk dan rasakan jadi barista di rumah sendiri.