25 May 2017

3 Aplikasi Favorit Goiq Di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan sudah berjalan beberapa hari. Tentunya banyak sekali kegiatan yang teman-teman lakukan untuk mengisi waktu selama Ramadhan. Tidak terkecuali dengan saya sendiri. Ramadhan tahun ini saya punya target memaksimalkan penggunaan smartphone yang saya miliki. Jadi ada 3 aplikasi yang sangat sering dibuka saat bulan Ramadhan ini untuk mengisi waktu. Mau tahu aplikasi apa saja ? Simak yuk dalam Catatan Si Goiq kali ini.

1. Al-Qur'an Indonesia


Bulan Ramadhan tahun ini, saya punya beberapa target pribadi yang saya canangkan. salah satunya lebih rajin membaca Al-Qur'an dan mendalami maknanya. Untungnya tahun ini saya menemukan aplikasi Al-Qur'an Indonesia. Di mana di dalamnya saya bisa membaca surat demi surat beserta terjemahannya langsung dari smartphone yang saya miliki. Jadinya saya bisa mengaji dimanapun termasuk di kantor. Yang menarik, saya tinggal menandai surat terakhir yang saya baca setiap selesai mengaji dan saya tinggal mengembalikan ke surat terakhir yang saya baca bila ingin melanjutkan mengaji. Bahagia banget deh pokoknya. Jadi ngga ada halangan buat saya mengaji sesering mungkin. Tidak hanya itu, dalam aplikasi ini juga ada jadwal sholat. Jadi ngga usah repot googling kalau mau tahu sudah masuk waktu sholat atau belum. 

2. iJakarta


iJakarta adalah aplikasi perpustakaan digital milik pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Di dalamnya terdapat ribuan judul buku dengan berbagai genre yang bisa saya pinjam secara gratis. Iya gratis. Asyik banget kan ? Buat saya yang lumayan suka membaca, aplikasi ini bisa bikin saya membaca di mana saja dan kapan saja saya inginkan. Aplikasi ini bisa saya download di smartphone maupun laptop saya. Setelah registrasi, maka semua buku yang tersedia bisa saya pinjam. lama meminjam berkisar 3-5 hari. Kalau dalam waktu tersebut kita belum selesai membaca, buku yang dipinjam akan otomatis kembali ke sistem. kalau mau baca lagi, tinggal pinjam lagi asalkan copy buku masih tersedia. Praktis banget kan ? Saya juga bisa membuat perpustakaan digital milik saya sendiri di dalam aplikasi ini dan mendonasikan buku-buku favorit yang saya suka di dalam perpustakaan milik saya. Tinggal saya setting apakah perpustakaan ini bisa diakses oleh semua member atau bisa juga juga saya setting private. Cocok banget deh buat mengisi waktu luang saat menunggu Maghrib.

3. Shopee


Trus ada satu aplikasi lagi yang lumayan sering saya buka di bulan Ramadhan ini. Awalnya saya sering buka website Shopee ini di komputer kantor. Tapi lama-lama saya mikir juga, kalau saya terlalu sering buka di komputer kantor kan suka ngga enak sama atasan. Kesannya malah ngga kerja. Jadilah saya download aplikasi ini di smartphone saya. Kenapa saya lumayan sering buka aplikasi Shopee ini ? Buat belanja lebaran dong. Hehehehe.. Jadi ceritanya saya lagi hunting baju koko buat ayah saya, trus beliin baju anak-anak buat ponakan-ponakan, beli baju gamis dan hijab buat mamah dan tentu saja keperluan lebaran buat saya sendiri. Jadi dengan download aplikasi Shopee di smartphone ini, saya bisa ngintip-ngintip apa yang mau saya beli buat lebaran nanti. Apalagi banyak promo juga dong kalo belanja selama bulan Ramadhan ini. Tinggal register, pastikan pilihan produk yang mau dibeli, lakukan pembayaran trus tinggal nunggu deh belanjaannya sampe di rumah. Gak pake ribet deh pokoknya.

Itu dia beberapa aplikasi favorit yang sering saya buka di bulan Ramadhan ini. Apakah ada salah satunya yang juga aplikasi favorit teman-teman di bulan Ramadhan ini ? Saya tunggu cerita kalian di kolom komentar yah :)