28 May 2017

10 Spot Foto Di Klenteng Sam Poo Kong Semarang


Kalau lagi jalan-jalan ke Semarang, Klenteng Sam Poo Kong tentunya masuk dalam daftar tujuan para traveler. Klenteng Sam Poo Kong sendiri merupakan sebuah tempat bersejarah untuk mengenang  Laksamana Cheng Ho berlabuh di utara Jawa. Saya tidak akan membahas mengenai sejarah Kelenteng Sam Poo Kong karena sudah banyak website dan blog yang membahasnya. Dalam tulisan kali ini, saya akan membahas beberapa spot foto yang mungkin bisa jadi pilihan teman-teman kalau berkunjung di Klenteng Sam Poo Kong. Simak yuk.

1. Spot pertama yang rasanya sayang untuk dilewatkan adalah berfoto di depan tulisan besar Sam Poo Kong. Spot ini berada di area parkir sebelum pintu masuk. Mengingat ini adalah area parkir, pastikan datang ke sini saat sedang sepi atau bukan akhir pekan. Sehingga kita bisa dapat foto yang bagus. Jika tidak, bersiaplah menerima hasil foto seperti yang saya dapat di atas.

2. Ada beberapa bangunan klenteng yang cukup besar dan semuanya menarik untuk dijadikan spot foto. Tapi yang harus diingat, saat musim liburan Klenteng sam Poo Kong ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan. 

3. Saya menemukan sebuah sudut yang menarik di Klenteng Sam Poo Kong yang tidak banyak digunakan orang-orang untuk berfoto. Sebuah sisi klenteng dengan 2 jendela oriental dan tembok warna merah. Saya dan teman-teman pun semangat sekali mengambil foto di sisi ini. Dengan sedikit editan, teman-teman akan mendapat hasil foto yang ciamik di sisi ini.

4. Kabarnya Klenteng Sam Poo Kong selalu menampilkan pertunjukan Barongsai setiap hari. Baik itu pertunjukan resmi maupun pertunjukan latihan. Semuanya tetap menarik untuk dilihat dan tentu saja bisa menjadi sebuah spot foto yang tidak boleh dilewatkan.

5. Beberapa gedung klenteng yang besar juga sangat bagus dijadikan spot foto. Sayangnya karena pengunjung sedang ramai, saya tidak bisa mendapat foto yang sepi. Foto paling sepi ada di gerbang bagian belakang ini. Itupun masih banyak orang di sana. Tapi lumayanlah buat ambil foto-foto :)

6. Masih dari area gerbang belakang, saya dan teman-teman tertarik berfoto dengan ornamen-ornamen yang berada di pintu gerbang. Apalagi pintu gerbang yang berwarna merah dengan ornamen-ornamen berwarna keemasan bisa membuat foto-foto jadi tampak wah. Cobain deh ambil foto di spot ini.

7. Kita juga bisa menjumpai Patung Laksamana Cheng Ho setinggi 10 meter dan berfoto dengan latar belakang patung ini. Ada beberapa area yang bisa mengambil foto patung ini dengan latar klenteng di belakangnya. Tapi akan sulit mengambil foto dengan spot seperti itu apabila klenteng sedang ramai dikunjungi. Jadi kalau mau ambil foto-foto yang kece, lebih baik datang saat hari kerja atau bukan musim liburan.

8. Saya sangat tertarik sekali dengan beberapa area tiang klenteng yang memiliki relief naga. Salah satu spot yang oke banget buat berfoto. Apalagi kalau teman-teman memakai pakaian tradisional yang bisa disewakan di sini. Wuiih pasti bakalan kece banget tuh.

9. Masih ada beberapa spot foto menarik lain yang bisa jadi bahan pertimbangan teman-teman yang akan mengunjungi Klenteng Sam Poo Kong, beberapa diantaranya area tangga menuju diorama. Tempat ini cukup sepi meskipun pengunjung sedang ramai. Jadi bisa puas jeprat-jepret di sini. Ngga pake antri soalnya. 

10. Spot kesepuluh yang saya rekomendasikan untuk berfoto adalah area diorama yang berada di bagian belakang salah satu bangunan klenteng. Di sini kita bisa melihat sebuah cerita dalam ukiran di tembok memanjang yang menggambarkan sosok Laksamana Cheng Ho dan perjalanan ekspedisi yang dilakukannya   

Catatan : Satu hal yang harus diingat adalah, walaupun dibuka untuk umum, tapi klenteng tetaplah merupakan tetap ibadah. Jadi tetap harus menjaga tata krama dan ketertiban selama kita berada di dalamnya. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga kebersihan yah teman-teman :)