03 June 2017

Beli Laptop Baru Saat Dapat THR

Bulan Ramadhan sudah berjalan, biasanya waktu akan berjalan cepat dan tahu-tahu sudah semakin dekat saja dengan lebaran. Satu hal yang ditunggu-tunggu kalau menjelang lebaran bagi karyawan kantoran seperti saya adalah pembagian THR. Biasanya sih sebulan gaji sudah dalam genggaman lah yah. Yang bingung bagaimana menggunakan THR supaya tidak habis begitu saja. Mau tahu rencana saya saat dapat THR tahun ini ? Simak yuk dalam catatan Si Goiq kali ini.
Dapat uang THR itu kadang suka bikin kita lupa daratan. Semua hal pengen dibeli dan semua hal pengen dijalanin. Beli baju lah, beli aksesori lah, beli perhiasan lah, pengen traveling lah. Dan begitu sudah belanja sana-sini baru sadar kalau ada kebutuhan lebih penting yang akhirnya malah tidak terbeli karena sudah gelap mata membeli banyak barang yang lain. Kalau saya pribadi, dari jauh-jauh hari sudah merencanakan matang-matang. Berapa uang THR yang akan saya terima tahun ini, langsung deh dianggarkan akan digunakan untuk apa. Bikin pos budget penggunaan uang THR seperti kita membuat pos budget saat menerima gaji bulanan. Sehingga begitu THR benar-benar datang, sudah tidak gelap mata membeli yang tidak ada dalam pos budget.
Tahun ini saya berencana mau beli laptop baru, kebetulan laptop lama saya sudah berusia 3 tahun lebih. Walaupun masih prima, tapi ada penyakit yang kadang-kadang suka bikin saya kesal kalau si laptop ini lagi ngambek. Sampai akhirnya saya sadar, laptop saya ini sudah kelebihan beban. Mungkin memang sudah waktunya dikurangi beban pemakaiannya. Jadilah saya berencana sejak beberapa bulan yang lalu untuk membeli sebuah laptop baru saat dapat THR nanti. Saya bisa saja sih memilih untuk membeli secara kredit seperti sebelumnya, tapi sepertinya kali ini saya lebih memilih untuk membeli secara tunai. Mumpung dana segarnya juga tersedia kan yah ?
Yang jadi PR berikutnya adalah bagaimana bisa membandingkan harga laptop baru tersebut dalam sekali lihat. Untung saya dikasih tahu teman, kalau sekarang kita bisa lihat harga laptop terbaru di MatahariMall.com dari berbagai brand. Langsung deh meluncur ke sana. Ternyata bener banget, saya bisa melihat harga-harga laptop terbaru dari berbagai jenis brand di situ. Mulai dari brand yang sangat familiar sampai brand yang baru saya lihat. Saya tinggal klik untuk melihat spec detail bila ada beberapa laptop yang saya suka dan tentu saja sesuai dengan budget yang saya anggarkan. Untungnya sih saya sudah pilah-pilih dari sekarang yah. Jadi kalau ada laptop yang benar-benar saya suka tapi harganya sedikit di atas budget awal yang saya tetapkan, saya masih bisa naikkan budgetnya. Yang penting bisa dapat laptop berkualitas dan yang jelas saya memang suka dengan desain-nya dan spec nya mencukupi untuk kebutuhan saya.

Trus sudah bisa milih-milih dan banding-bandingin harga laptop gini jadi selesai masalahnya ? Ngga juga kok. Ternyata PR berikutnya adalah mencari yang saya mau dan apa yang saya butuhkan. Mencari laptop baru ternyata sama seperti mencari jodoh. Harus pas dan sreg banget sebelum memutuskan. Duuh kok jadi curhat colongan gini. Hahahaha… Yaudah deh, mumpung waktunya masih cukup sebelum THR turun, saya mau memastikan lagi laptop baru seperti apa yang akan saya beli. Jadi ini dia cerita saya yang akan beli laptop baru saat dapat THR nanti. Kalau kamu THR nya mau beli apa ?