11 June 2017

Icip-Icip Sate Maranggi Tebet

Dari kecil, saya memang dibiasakan orang tua menyantap makanan apapun. Makanya sampai hari ini saya tidak alergi dengan makanan tertentu atau tidak bisa makan jenis makanan tertentu. Salah satu makanan favorit saya adalah sate. Saya sangat menyukai ragam sate-satean yang ada di Indonesia. Salah satu jenis sate yang saya suka adalah Sate Maranggi yang bercita rasa manis dan kaya rasa. Sayangnya tidak banyak penjual Sate Maranggi di Jakarta yang saya tahu. Untungnya minggu lalu saya diajak teman berbuka puasa di Tebet yang ternyata Warung Sate Maranggi Tebet. Kebetulan yang asyik bukan ? Simak yuk menu apa saja yang saya icip-icip dalam Catatan Si Goiq kali ini.

Yang membuat Sate Maranggi berbeda dari jenis sate yang pernah saya makan adalah karena dagingnya adalah daging sapi. Biasanya kita lumrah menggunakan ayam atau kambing sebagai bahan baku pembuat sate. Untuk mendapatkan cita rasa yang manis lezat, Sate Maranggi ini direbus terlebih dahulu dengan taburan ketumbar yang banyak. Tidak heran bukan kalau rasanya sangat gurih, karena sudah direbus dengan bumbu sebelumnya. Bisa dibilang Sate Maranggi ini sudah matang sebelum dibakar, karena itu tidak perlu dibakar terlalu lama. Berbeda dengan sate ayam dan sate kambing yang dibakar dalam kondisi mentah. Inilah salah satu yang membedakan Sate Maranggi dengan sate-sate lainnya.


Sate Maranggi Tebet menjual Sate Maranggi sebagai menu utama dan ada pilihan menu unggulan lainnya yang nanti juga akan saya ulas. Untuk Sate Maranggi, kita bisa memilih apakah akan memilih Maranggi Premium yang hanya terdiri dari daging has saja dan ada juga Sate Maranggi Original yang terdiri dan daging has ditambah sandung lamur. Sandung Lamur adalah bagian daging yang agak berlemak. Untuk porsi yang tersedia, kita bisa memilih 5 tusuk, 8 tusuk atau 10 tusuk dengan nasi atau lontong. Untuk rasa, favorit saya adalah Sate Maranggi Original, karena bagian sandung lamur yang berlemak itu bikin cita rasa manis dan guruhnya lebih keluar. Untuk harga juga sangat terjangkau, Untuk Sate Maranggi Premium sedikit lebih mahal dibandingkan yang original. Per 10 tusuk Sate Maranggi Premium dihargai Rp.50.000,- sedangkan yang original Rp.45.000,-. Selain Sate Maranggi,di sini juga menyediakan menu sate urat dan sate ayam. 

Menu Unggulan lainnya yang juga harus teman-teman coba adalah Nasi Urat seharga Rp. 18.000,-. Untuk harga semurah ini kita akan mendapatkan satu porsi nasi dengan urat sapi yang lembut dan kaya rasa. Menu ini memang sedikit pedas karena taburan cabe rawit di atasnya. Kalau mau pesan menu ini jangan terlalu malam, takutnya kehabisan. 

Lalu ada juga menu Maranggi Cobek. Daging yang digunakan sama seperti daging yang akan digunakan untuk membuat sate, hanya saja cara memasaknya tidak dibakar di atas bara melainkan di atas cobek tanah liat. Dalam satu porsi menu ini akan terhidang daging bersama taburan tomat merah, tomat hijau dan cabe rawit. Kita juga bisa memilih berapa potong daging yang akan dihididangkan. Rasanya mantab pake banget. Sekali lagi, tips dari saya jangan lupa nikmati daging sandung lamur nya kalau mau dapatkan kelezatan lebih. Untuk satu porsi menu Maranggi Cobek isi 5 dihargai Rp. 27.000,- sedangkan Maranggi Cobek isi 8 dihargai Rp.40.000,-.

Lalu ada pula menu Nasi Goreng Maranggi. Dalam satu porsi menu seharga Rp.27.000,- ini kita akan mendapatkan nasi goreng panas yang enak dan dikelilingi oleh potongan daging Sate Maranggi yang kaya rasa. Nampol banget !

Sebenarnya masih banyak menu-menu lain yang bisa kita cobain di Sate Maranggi Tebet ini. Tapi sayang, kapasitas perut saya terbatas. Lain kali pasti saya akan mampir lagi ke sini buat nyobain menu-menu lain sekalin nyicipin Sate Maranggi yang lezat ini. Buat teman-teman yang mau nyicip, Sate Maranggi Tebet ini lokasinya gampang banget ditemukan, karena lokasinya dekat dari kawasan kuliner Tebet yang hits dan kekinian banget. Tempat ini buka dari jam makan siang sampai tengah malam. Kalau malas gerak, tinggal pesan saja dari ojek online. Gampang kan ? Cobain yuk.

Sate Maranggi Tebet
Jalan Tebet Dalam Raya No.62, Tebet
Jakarta Selatan