08 July 2017

Cuma di Yogyakarta, 5 Kuliner Murah Meriah ini Bisa Dinikmati Hanya dengan Selembar 10 ribu

Saya suka jalan-jalan. Dan akan lebih bahagia lagi kalau bisa jalan-jalan dengan biaya yang murah. Bikin senangnya jadi 2 kali lipat. Salah satu kota yang selalu membuat saya rindu untuk datang kembali adalah Yogyakarta. Memiliki beragam objek wisata, Kota Yogyakarta tidak pernah sepi pengunjung dari tahun ke tahun. Belum lagi fakta yang membuktikan bahwa Kota Yogyakarta juga merupakan daerah dengan biaya hidup yang cukup murah. Kunjungan wisatawan yang seakan tidak pernah habis membuat pembangunan segala jenis akomodasi seperti penginapan dan hotel, serta peningkatan kualitas tranportasi pun gencar dilakukan oleh pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta ini.  Berbicara mengenai biaya hidup di Yogyakarta yang cukup murah, berikut beberapa daftar kuliner murah yang dapat teman-teman jadikan pilihan, bahkan hanya dengan satu lembar uang 10 ribu rupiah saja. Simak yuk dalam Catatan Si Goiq kali ini.
Gudeg Pawon
Photo credit: makanmakan.com
Jangan ngaku pernah liburan ke Yogyakarta tanpa mencoba makanan khasnya yang paling populer, yakni Gudeg. Nah, di Yogyakarta mungkin teman-teman bisa menemukan banyak sekali penjual Gudeg di pinggir jalan. Tapi berbicara mengenai kuliner murah, kalian mungkin bisa mempertimbangkan Gudeg Pawon. Tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1958, sehingga sudah pasti rasa dan cita rasa dari gudeg ini pun tidak bisa dipandang sebelah mata. Ada yang unik dari Gudeg Pawon ini, pemilik usaha kuliner ini sudah sejak lama melayani para pelanggan dari dapur miliknya sendiri secara langsung. Pemilik memang tidak menjual gudeg tersebut di sebuah resto dan rumah makan yang megah atau semacamnya, tetapi mereka langsung menjual gudeg ini di dapurnya sendiri atau dalam bahasa Jawa di sebut ‘Pawon’. Itulah mengapa kuliner ini dinamakan ‘Gudeg Pawon’.
Agar kalian bisa menikmati kuliner legendaris dan unik ini, kalian harus siap-siap begadang terlebih dahulu karena penjualnya hanya buka di malam hari atau mulai pukul 10 malam. Gudeg ini tidak pernah sepi pengunjung, bahkan selalu diserbu para pembeli yang rela mengantri lama. Tidak hanya murah, gudeg pawon ini pun memiliki porsi yang besar dan juga memiliki cita rasa yang lezat. Berada di Jalan Dr. Soepomo, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, tempat makan ini juga berada di kawasan hotel murah di Jogja sehingga kalian bisa memanfaatkan keduanya untuk mendapatkan liburan super hemat di Kota Pelajar ini.
Warung Spesial Sambal (SS)
Khusus kalian yang gemar dengan kuliner dengan berbagai jenis sambal, memilih WarungHYPERLINK "http://waroengss.com/menu/index" HYPERLINK "http://waroengss.com/menu/index"SpesialHYPERLINK "http://waroengss.com/menu/index" Sambal (SS) sebagai tempat makan kalian ketika berkunjung ke Yogyakarta adalah pilihan yang tepat. Warung ini sudah terkenal murah di kalangan masyarakat lokal Yogya terutama kalangan mahasiswa pendatang. Warung SS memang sengaja mendirikan rumah makan ini untuk menawarkan makan kenyang dengan harga murah. Di Warung ini kalian bisa makan kenyang hanya dengan uang sebesar Rp8.000 saja.
Jika kalian ingin tambahan lauk lain, kalian juga bisa menambah menu lain dengan kisaran harga mulai dari Rp1.500 sampai Rp10.000 saja. Warung SS kini sudah berkembang pesat, bahkan terhitung pada bulan November tahun 2016 silam, Warung ini sudah memiliki 36 cabang yang tersebar di seluruh Kota Yogyakarta. Ketika kalian ingin makan di tempat ini pastikan kalian menghindari jam makan, karena kemungkinan besar kalian akan mengantri hingga berjam-jam untuk mendapatkan meja makan.
Lesehan Aldan
Tempat makan enak dan murah di Jogja selanjutnya adalah Lesehan Aldan. Hampir sama dengan Warung SS, tempat makan ini juga sudah terkenal lezat dan juga memiliki harga yang sangat murah. Lesehan Aldan menawarkan berbagai menu penyetan dari berbagai olahan ikan, bebek, ayam, dan juga lainnya. Khusus untuk para pelancong backpacker, kalian bisa mempertimbangkan beberapa pilihan hotel murah di Jogja yang ada di sekitar wilayah Jalan Dr. Soetomo, Jalan Timoho, atau di wilayah Rejowinangun agar bisa menyicipi kuliner yang satu ini.
Soto Ayam Pak Man
Photo credit: makanjogja.com
Masih berada di pusat Kota Yogyakarta, teman-teman juga bisa menyicipi Soto Ayam Pak Man yang telah menjadi legenda sarapan pagi oleh sebagian besar mahasiswa di Yogyakarta. Soto ini terletak di Jalan Sagan atau lebih tepatnya di sebelah utara Mall Galeria. Kalian bisa mendapatkan satu porsi soto ayam dan juga satu gelas teh atau jeruk dengan uang Sembilan ribu rupiah saja. Kalian juga bisa menambahkan berbagai sate jeroan, ati bacem, dan juga gorengan untuk dijadikan pelengkap sehingga bisa menambah kenikmatan Soto Ayam Pak Man ini. 
Angkringan Lik Man
Angkringan memang menjadi salah satu kuliner khas Yogyakarta yang juga tidak boleh ketinggalan untuk dicicipi ketika kalian berkunjung ke Kota wisata satu ini. Angkringan juga sudah dikenal sebagai tempat makan yang menyajikan makanan murah meriah. Tidak hanya murah, makanan yang disajikan pun bisa membuat kalian kenyang seperti nasi kucing dan beragam gorengan. Dari sekian banyak Angkringan di Kota Yogyakarta, sebaiknya kalian menyicipi Angkringan LikHYPERLINK "http://www.tagtung.com/180-angkringan-samping-stasiun-tugu-lek-man.html" Man yang sudah melegenda dan menjadi angkringan paling Top di Yogya.
Hal tersebut dikarenakan sang pemilik atau Lik Man memiliki satu menu yang istimewa yakni, Kopi Joss. Satu hal yang membuat kopi ini istimewa adalah penyajian kopi joss yang tidak biasa dengan memasukkan bongkahan arang panas yang masih merah membara ke dalam kopi.  Mungkin terlihat berbahaya, nyatanya sajian kopi ini tidaklah berbahaya sama sekali melainkan bisa menambah cita rasa dan aroma khas yang lebih baik dari jenis kopi lainnya. Angkringan Lik Man ini berada di Jalan Wongsodirjan atau berada persis di sebelah Stasiun Tugu, Yogyakarta.

Gimana ? Asyik banget kan menikmati makanan murah ,eriah dan lezat di Yogyakarta. Kota Yogyakarta memang menjadi lokasi paling pas untuk kalian yang ingin berlibur ala backpacker, karena selain bisa menikmati kuliner murah meriah, kalian juga bisa menemukan beragam hotel murah di Yogyakarta dengan sangat mudah. Ayo liburan :)