09 July 2017

5 Hal Yang Perlu Dilakukan Saat Mengikuti Job Fair

Ada sebuah guyonan kecil dikalangan beberapa pekerja tanah air yang mungkin sudah cukup sering kita dengar setelah musim lebaran berlalu. Apalagi kalau bukan ganti kartu nama alias pindah kerja dari satu perusahaan ke perusahaan yang berbeda. Saya sendiri belum menemukan statistik data yang pasti, benarkan angka perpindahan tenaga kerja di sebuah perusahaan meningkat setelah musim lebaran tiba. Tapi yang jelas, cukup banyak teman-teman saya yang sudah melakukannya atau bahkan tengah merencanakannya. Salah satunya dengan mengikuti job fair yang cukup sering diadakan di berbagai kota. Nah, Catatan Si Goiq kali ini akan membahas, apa saja sih yang harus dilakukan saat mengikuti job fair.

1. Lakukan Survey

Penyelenggaraan job fair di sebuah kota biasanya akan dibanjiri oleh para pencari kerja yang memiliki tujuan yang sama dengan kita, apalagi kalau bukan melamar pekerjaan. Lakukan sebuah survey kecil, perusahaan apa saja yang akan membuka booth dan membuka lowongan kerja di sana. Dengan demikian akan membuat kita lebih selektif dan efisien saat menghadiri job fair yang biasanya akan ramai. Kita sudah tahu booth mana yang akan dituju untuk memberikan CV yang kita miliki. Bila CV sudah diserahkan ke beberapa perusahaan incaran, barulah kita bisa mengelilingi booth perusahaan yang lain. Bila memang ada posisi lowongan yang cocok, maka kita bisa memasukkan CV ke perusahaan tersebut. 

2. Berpakaian Rapi

Walaupun job fair dilakukan bukan di kantor perusahaan yang kita incar, bukan berarti penampilan kita juga jadi seenaknya. Walaupun hanya menyerahkan CV kepada perusahaan yang membuka lowongan kerja di job fair, tetaplah berpakaian yang rapi dan pantas sama halnya saat kita akan melakukan sesi interview di perusahaan. Bukan tidak mungkin kan, HRD perusahaan yang ikut job fair sudah melakukan penilaian awal saat teman-teman menyerahkan CV di booth job fair. 

3. Siapkan CV Terbaik

Siapkan Curriculum Vitae (CV) terbaik yang mungkin bisa dipersiapkan sebelum datang ke job fair. Tampilkan semua pengalaman dan skill yang kita miliki dalam CV. Karena akan banyak sekali pelamar lain yang juga akan berlomba untuk mendapatkan posisi yang sedang dibuka oleh sebuah perusahaan di job fair. Jadi CV yang menarik dan berbeda tentunya akan membuat HRD akan tergida untuk membacanya di antara banyak CV lain yang mereka terima. 

4. Persiapkan Diri Untuk Interview

Beberapa job fair yang diadakan belakangan ini sudah memungkinkan perusahaan untuk melakukan proses interview di tempat. Jadi bukan tidak mungkin, apabila CV teman-teman yang memikat HRD perusahaan akan langsung diundang untuk mengikuti proses interview hari itu juga. Jadi berguna sekali bukan poin-poin yang sudah disebutkan di atas ?

5. Ikuti Kegiatan Yang Menambah Skill Di Arena Job Fair

Perkembangan job fair yang diadakan belakangan ini memang sangat menarik minat para pencari kerja. Bagaimana tidak, kita tidak hanya akan datang di booth perusahaan dan menyerahkan CV, tapi juga disediakan berbagai tes dan juga talkshow seputar dunia kerja yang akan menambah kompetensi kita sebagai tenaga kerja berkualitas. Oleh karena itu, pastikan juga untuk mengikuti rangkaian test, seminar, talkshow atau workshop yang diadakan di arena job fair.

Untuk teman-teman yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, kalian bisa langsung menerapkan beberapa tips yang saya tuliskan di atas lho. Karena pada tanggal 13-14 Juli 2017 akan berlangsung sebuah job fair bertajuk Qareer Carnival 2017 yang diadakan oleh jobs.id dan Qerja.com yang didukung penuh oleh LINE Jobs dan Grab For Works. Acara ini akan diadakan diadakan di gedung Nyi Ageng Serang di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Job fair ini menghadirkan sekitar 45 perusahaan yang membuka berbagai lowongan kerja di sana. Untuk bisa mengikuti job fair ini, teman-teman hanya perlu mendaftarkan diri di website dan upload CV kalian di Jobs.Id dan pastikan juga telah add akun LINE Jobs. Setelah CV di upload di web, maka teman-teman tidak perlu repot membawa CV yang sudah di print. Tidak hanya itu, ada pula berbagai kegiatan untuk mengukur kompetensi seperti Management Trainee Test yang bisa diikuti secara terbatas di arena job fair dan beberapa talkshow dan workshop untuk menambah pengetahuan dunia kerja. Menarik bukan ? Yuk datang ke Qareer Carnival 2017.