07 January 2018

Skytrain Permudah Akses Antar Terminal di Bandara Soekarno Hatta

Saya pernah punya pengalaman harus berpindah terminal di Bandara Soekarno Hatta karena beda maskapai. Dan saya yakin ada banyak penumpang lain yang lebih sering lagi merasakannya. Dulu saya bingung setengah mati harus naik apa untuk pindah dari Terminal 1 ke Terminal 2 ? Jalan kaki rasanya kok lumayan jauh yah. Naik shuttle yang melayani perpindahan penumpang antar terminal, tapi kok tidak ada petunjuk harus menunggu di mana dan jam berapa saja shuttle tersebut akan melintas. Walhasil karena jarak keberangkatan cukup mepet mengingat saya sudah delay dari penerbangan sebelumnya, maka saya ketinggalan pesawat begitu sampai di Terminal 2. Padahal kalau saya lebih cepat tiba di Terminal 2, bisa jadi saya tidak akan tertinggal pesawat. dan sekarang saya dan penumpang lainnya bisa bersuka hati dengan kehadiran Skytrain yang menghubungkan semua Terminal di Bandara Soekarno Hatta. Apa sih Skytrain ? Simak yuk dalam Catatan Si Goiq kali ini.

Skytrain adalah moda transportasi berupa kereta dengan lintasan khusus yang dibangun, sehingga tidak mengganggu dan tidak terganggu dengan kepadatan lalu lintas di area bandara. Setiap penumpang di semua terminal, baik Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3 bisa menggunakan Skytrain secara gratis dengan jam-jam keberangkatan yang bisa dilihat di semua stasiun. Jadi sangat memudahkan penumpang yang ingin berpindah Terminal dengan cepat. Skytrain ini juga terhubung dengan Stasiun SHIA yang akan membawa penumpang dari dan menuju kota Jakarta dengan menggunakan kereta Railink

Stasiun Skytrain sendiri berada di setiap Terminal yang ada di bandara Soekarno Hatta. Kondisi stasiun sangat bersih dengan lantai yang mengkilap dan tanpa sampah yang berserakan. Mudah-mudahan kebersihan ini selalu terjaga meskipun penumpang sudah sangat familiar dengan transportasi ini. Ruang tunggu di stasiun juga dilengkapi dengan sejumlah kursi. Nyaman banget lah menunggu kereta tiba.

Kalau dulu saya suka kebingungan menunggu kapan shuttle akan tiba, di stasiun Skytrain ini justru semua jadwal tersedia dan bisa kita lihat. Jadi kita bisa mengukur jam berapa kita akan tiba di Terminal tujuan kita. Rata-rata sih kereta akan berangkat setiap 30 menit. Tidak hanya itu, jadwal penerbangan maskapai juga bisa kita lihat di stasiun Skytrain ini. Berguna banget kan ?

Interior dalam kereta juga kece banget. Tempat duduk tersedia, walaupun kalau penumpang sedang banyak pasti ada juga yang berdiri bergelantungan. Tapi tetap nyaman kok. Apalagi jarak antar terminal rata-rata hanya 3 menit saja. jadi berdiri sebentar masih oke lah kalau menurut saya. Saya pribadi senang banget dengan kehadiran Skytrain ini. kalau kebetulan saya tiba di bandara lebih awal, saya masih bisa jalan-jalan dulu ke Terminal 2 atau Terminal 3 yang lebih banyak tempat makan dari brand ternama. Asyik kan ? Yuk cobain naik Skytrain, transportasi ini gratis lho ! 

17 comments:

  1. Jadi semakin mudah dengan kehadiran Skytrain ini ya? Apalagi gratis, wah keren karen. Semoga Suatu saat bisa nyicip naik Skytrain ini. Amin. :)

    ReplyDelete
  2. Aahh..yang pasti adanya Skytrain ini ngebantu banget mengurangi kemacetan. Next harus nyobain ahh..
    Aku baru nyobain Railink yang di Kualanamu ke Medan, huhuu nyaman.

    ReplyDelete
  3. Benar-benar bersih tanpa sampah. Sungguh luar biasa.
    Gratis, itu yang paling saya suka.

    ReplyDelete
  4. Terakhir saya pake Garuda Indonesia dari Terminal 3 Soekarno Hatta pada tanggal 20 Desember 2917. Saat itu SkyTrain ini belum diresmikan kayaknya ya Hihihi. Wah thanks sudah ada liputan dan reviewnya di sini. Jadi saya sudah tau deh hiheihieiehieee

    ReplyDelete
  5. Sungguh gue belum cobain skytrain di Soetta lho...

    ReplyDelete
  6. Gw belom nyobain, huhuhu

    Ntar deh kalo pas lagi ada tugas atau jemput saudara nyobain.

    ReplyDelete
  7. Makin bagus aja nih Bandara Soeta :)

    ReplyDelete
  8. wah, makin penasaran mas, belom pernah coba sih
    biasanya, jarang antarterminal gitu, kecuali kalo pergi berkelompok.
    berasa di luar negeri euy, liatnya :)

    ReplyDelete
  9. aku seneng bisa cobain skytrain ini :D

    ReplyDelete
  10. Baca postingan ini jadi penasaran pengen cobain kayak apa rasanya ke Bandara pakai kereta :D

    ReplyDelete
  11. Belum nyobaaaa, rasanya naik kereta di bandara hehe

    ReplyDelete
  12. Aku belum pernah cobain nih, semoga dilain kesempatan bisa kesitu.
    Satu hal yang aku suka, kebersihannya, memang kebersihan itu harus diutamakan ya, Mas. Untuk kenyamanan juga..

    ReplyDelete
  13. Kemahalan hiks

    Enakan naik damri deh hahahahhaha #kere

    ReplyDelete
  14. Wah kapan-kapan harus kucoba nih naik sytrain.

    ReplyDelete
  15. Wow enak ya sekarang mau pindah ke antar terminal jadi makin mudah. Dulu aku pernah pindah terminal tapi pakai taxi hehehe.

    ReplyDelete
  16. Kemarin itu aku kecepetan dtg ke bandara, jadinya ama suami malah nyobain skytrain ini.. Bolak balik dr terminal 1 ke 2 ke 3 sampe bosan. Wkwkwk.. Asyik sih memang, bersyukur skr kita udh punya. Moga2 harapanku juga kebersihannya bakal slalu terjaga

    ReplyDelete

Terima kasih....