17 March 2018

Bugar Di Allianz Sweat Challenge

Ada yang suka olahraga ? Walaupun sering berniat tapi kenyataan sering malas melakukannya, saya pikir semua orang rasanya mendamba bisa hidup seimbang dengan rutin berolahraga. Sayapun demikian. Beberapa tahun lalu saya sering ikutan event lari. Bahkan beberapa kali sampai ke luar kota. Walaupun sekarang nyaris tidak pernah ikut event lari lagi, tapi saya masih menyempatkan diri untuk tetap berlari sesering yang saya bisa. Dengan asma yang saya miliki, saya harus tahu beberapa teknik supaya tetap kuat berlari. Beberapa teknik saya dapatkan dengan mengikuti beberapa kelas latihan yang diadakan. Nah, kali ini saya mau cerita sedikit pengalaman saya ikutan Allianz Sweat Challenge di Allianz Ecopark Ancol, minggu lalu. Simak yuk dalam Catatan Si Goiq kali ini.

Jarak Ragunan menuju Ancol yang lumayan jauh, tidak membuat saya gentar untuk berangkat sehabis Subuh sipaya tidak terlambat. Dulu kalau ikut event lari saya malah bisa berangkat lebih pagi malah. Allianz Sweat Challenge sendiri diadakan setiap 2 minggu sekali. dan setiap bulan selalu ada workshop yang berbeda. Untuk bulan Maret ini, yang diadakan adalah Workshop Beginner Runner. Yang bikin saya semangat adalah karena sosok Coach Paulus Pesurnay yang merupakan seorang pelatih olahraga legendaris tanah air yang selalu bugar di usianya yang sudah memasuki 77 tahun. Bangga dong bisa ikut latihan bareng Coach Paul. 

Foto : Ono Sembunglango
Menurut Coach Paul, sebelum berolahraga lakukan pemanasan terlebih dahulu, bisa dimulai dengan senam atau lari-lari kecil dulu. Kalau badan sudah panas, maka otot-otot kita akan menjadi lebih lentur. Faktor-faktor yang membuat cedera adalah karena kita berlari tidak dengan teknik yang benar. Karenanya cobalah pelajari teknik-teknik dasar lari dan biasakan melakukannya dengan benar. Biasakan jogging 40 menit non stop, karena jogging 40 menit akan membuat jantung kuat dan memompa darah dengan baik. Bagaimana kalau belum kuat lari 40 menit non stop ? Yang harus kita lakukan adalah memulainya pelan-pelan. Bisa dimulai dari berlari 5 menit non stop lalu diselingi istirahat 2 menit. dan lakukan 8 kali sehingga kita berlari selama 40 menit. Kalu sudah lebih kuat, porsi latihan terus ditambah dan istirahatnya semakin dikurangi sehingga lama kelamaan akan terbiasa dengan lari non stop selama 40 menit. 

Setelah sesi workshop, peserta Allianz Sweat Challenge langsung mulai berlatih dimulai dengan teknik-teknik berlari dan langsung mencoba berlari mengitari danau kecil di Allianz Ecopark. Ternyata stamina saya masih cukup baik untuk berlari nonstop walaupun kesibukan bekerja membuat saya cukup jarang berlari belakangan ini. Yang jelas latihan kali ini membuat saya tercambuk untuk lebih giat berlari meskipun sedang sibuk dengan pekerjaan. 

Menurut Karin Zulkarnaen selaku Head of Market Management Allianz Life Indonesia, Allianz Sweat Challengen ini merupakan kegiatan untuk memberikan fasilitas bagi berbagai komunitas  dan keluarga untuk bergabung dan berlatih. Program yang diberikan langsung untuk satu tahun lho. Allianz Sweat Challenge sendiri sudah diadakan sejak bulan November dan setiap bulan diadakan tema-tema olahraga yang berbeda. Bulan Desember latihan yang adakan adalah Yoga for Beginner, lalu di bulan Januari ada Zumba, Februari diadakan latihan Hip Hop, bulan Maret adalah latihan yang saya ikuti yaitu Running. Tujuan kegiatan ini salah satunya supaya orang-orang kantoran yang selama ini jarang olahraga bisa melakukan olahraga di udara terbuka bersama teman atau keluarga. Oh ya, buat yang ketinggalan ikutan latihan bareng Coach Paulus, teman-teman masih bisa ikutan sesi latihan di tanggal 24 Maret 2018 lho. Pendaftarannya bisa dilakukan di website Allianz Sweat Challenge

Ngomong-ngomong soal lokasi acara nih. sejak bulan Agustus 2017 yang lalu. Allianz yang dikenal sebagai brand asuransi jiwa terbaik , asuaransi kesehatan dan asuransi keluarga Indonesia telah mendapatkan hak penamaan istimewa dari Ecopark Ancol sehingga kita sekarang mengenalnya sebagai Allianz Ecopark. Dengan hak penamaan istimewa ini, Allianz berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia dengan mengdakan berbagai program yang berkaitan dengan kesehatan dan kebugaran. salah satunya adalah Allianz Sweat Challenge yang saya ikuti. Dengan lahan seluas 34 hektar, Allianz Ecopark ini memang cocok dijadikan sebagai tempat berolahraga bersama keluarga. Apalagi di dalamnya juga banyak fasilitas yang disediakan untuk dinikmati bersama teman dan keluarga, diantaranya Mini Zoo, Flying Fox, Learning Farm dan Paint Ball. Kalau saya dan teman-teman menikmati tempat ini dengan bikin stok foto untuk setahun di berbagai tempat. Hahahaha.. Jadi buat yang bingung mau kemana akhir pekan ini, Allianz Ecopark mungkin bisa jadi salah satu pilihan.

3 comments:

  1. Asyik tempatnya, keliling dari pagi sampai sore juga betah saya. Adem, tengtrem hehe

    ReplyDelete
  2. alamatl engkapnya faunland dimana ya bang?

    ReplyDelete

Terima kasih....