01 April 2018

SMESCO Hadirkan Produk Unggulan Nusantara

Mungkin ada beberapa teman-teman yang punya mimpi mengoleksi kain ulos dari Sumatera Utara, songket dari Palembang, atau kerajinan rotan dari Lombok ? Bayangkan kalau teman-teman harus bepergian ke semua provinsi yang ingin kalian tuju untuk membeli koleksi yang diinginkan ? Pastinya akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Trus gimana dong ? Jangan syedih, kalau begitu langsung saja yuk simak Catatan Si Goiq kali ini.

Setiap provinsi di Indonesia tentu memiliki berbagai produk unggulan yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Tidak hanya terkenal di Indonesia saja, beberapa produk unggulan daerah bahkan sudah sangat dikenal hingga mancanegara seperti ukiran Bali, kerajinan kayu jati dari Jepara, dan sebagainya. Mengingat banyaknya produk-produk unggulan dari berbagai provinsi di Indonesia, SMESCO yang merupakan rumah bagi para pelaku UKM tanah air tergerak untuk mengumpulkan produk-produk unggulan nusantara tersebut.

Pada hari Sabtu, tanggal 30 Maret 2018 dilakukan seremonial Relaunching Produk Unggulan Provinsi Smesco Minang festival. Acara ini dihadiri oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Ibu Mufidah Jusuf Kalla. Menteri Koperasi & UKM, Bapak Puspayoga serta Gubernur Sumatera Barat, Bapak Irwan Prayitno. Dalam kata sambutannya, Bapak Puspayoga mengatakan kalau SMESCO saat sudah menjadi miniatur Indonesia dimana banyak sekali produk-produk dari berbagai daerah yang dihadirkan di sini. SMESCO sendiri saat ini juga dilengkapi dengan coworking space yang bisa digunakan secara gratis lho. Ibu Mufidah Jusuf Kalla juga mengharapkan kalau SMESCO dapat menjadi tujuan para turis yang ingin mencari cinderamata dari berbagai daerah. Dengan demikian mereka yang datang ke Jakarta dapat dengan mudah memperoleh berbagai cinderamata khas berbagai daerah dengan hanya berkunjung ke satu tempat.

Hasil pantauan saya dan beberapa teman blogger yang datang saat acara relaunching, harga produk yang dijual di SMESCO relatif terjangkau. Apalagi bila menghitung ongkos pesawat dan hotel kalau membeli produk-produk unggulan ini di tempat asalnya. Saya tergoda sekali dengan produk-produk kerajinan rotan dan kain-kain khas dari berbagai daerah yang ditampilkan di sini. Bangga karena produk lokal yang ditampilkan memiliki kualitas yang berdaya saing tinggi. Benar-benar akhir pekan berfaedah karena jadi tambah wawasan juga seputar cindera mata khas daerah yang belum saya tahu sebelumnya. Sayangnya acara Produk Unggulan Provinsi Smesco Minang Festival ini hanya berlangsung hingga tanggal 1 April saja. Mudah-mudahan, acara-acara semacam ini bisa dihadirkan lebih lama sehingga bisa lebih banyak yang hadir dan melihat produk-produk unggulan provinsi yang ditampilkan. 

Jadi simak terus agenda-agenda yang akan berlangsung di SMESCO. Mana tahu, salah satu agenda yang diadakan akan menghadirkan hal-hal yang teman-teman suka. Pantau terus website Smesco yah. 

2 comments:

  1. Kalau beli batik atau kain songket/tenun gitu di Smesco aja kali ya. Harganya terjangkau soalnya. :D

    ReplyDelete
  2. kain-kainnya bagus ya yang di pict
    http://www.cakapcakap.com

    ReplyDelete

Terima kasih....