06 May 2018

Keseruan National Media Gathering Indosat Ooredoo di Lampung

Sekitar akhir bulan Maret 2018 yang lalu, saya dihubungi oleh staff Indosat Ooredoo yang meminta kesediaan saya untuk menghadiri National Media Gathering yang mereka adakan. Karena kebetulan tanggal event nya masih cukup lama, saya langsung mengiyakan karena masih sangat sempat untuk mengajukan cuti dari kantor. Dan akhirnya pada tanggal 18 April yang lalu, saya dan beberapa rekan-rekan blogger lainnnya seperti Teh Ani Berta, Mbak Haya, Mbak Lidya, Melly, Salman, Mas Dede dan Kang Geri yang saat itu sebenarnya berada di team media tapi kami geret paksa masuk team blogger, berangkat menuju provinsi Lampung. Apa saja kegiatan National Media Gathering Indosat Ooredoo yang kami ikuti mulai tanggal 18-20 April 2018 ? Siapin cemilan dan simak Catatan Si Goiq kali ini.

Pukul 05.00 pagi saya sudah tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Sepagi itu ternyata Mbak Lidya dan Melly sudah tiba lebih dahulu. Setelah menunaikan ibadah Sholat Subuh, satu persatu rekan-rekan blogger yang lain mulai berdatangan. Namanya Media Gathering, tentunya selain blogger ada media-media nasional dan media daerah yang juga diundang tentunya. Entah kebetulan atau tidak, banyak sekali iklan IM3 Ooredoo yang menghiasi layar promosi yang berada di banyak titik di Terminal 3. Sebagai pengguna saya bangga banget nih.

Selesai registrasi ulang, kami dibagikan kaos dan jadwal kegiatan selama berada di Lampung. Kaosnya sendiri bertuliskan KeTeMU yang merupakan singkatan dari Keseruan Temu Media Update yang juga menjadi salah satu hashtag kami selama event berlangsung. Bayangkan, sekitar 60 orang dari media dan blogger berkumpul jadi satu selama 3 hari dan akan update berbagai informasi dan seru-seruan bareng selama acara berlangsung. Pesawat Garuda Indonesia yang kami tumpangi berangkat sekitar pk.09.00 WIB dan tiba di Lampung sekitar 30 menit kemudian.

Sesampainya di Lampung, rombongan media dibagi menjadi 2 bus yang terpisah. Salah satu tujuan kami datang ke Lampung adalah untuk mengecek langsung ekspansi jaringan baru di luar Pulau Jawa yang menjadi komitmen Indosat Ooredoo di tahun 2018 ini. Lampung adalah provinsi pertama yang menikmati jaringan baru Indosat yang stabil dan merata di seluruh wilayah. Kalau biasanya jaringan operator hanya bagus di daerah perkotaan, maka dengan jaringan baru ini daerah-daerah pelosok pun akan menerima kualitas sinyal dan data yang sama baiknya dengan wilayah perkotaan. Sepanjang perjalanan dari Bandara Radin Inten II menuju Hotel Sheraton, kami merasakan betul kestabilan jaringan baru tersebut. Mulai dari streaming Yotube yang tanpa buffer hingga video call  antar bus yang yang jernih dan juga tanpa putus. Keren banget kan ?

Menurut Bapak Joy Wahyudi selaku President Director & CEO Indosat Ooredoo, pihaknya telah menambah CAPEX tahun 2018 menjadi 8 Triliun, dimana 80% nya digunakan untuk investasi jaringan. Lampung sendiri dipilih sebagai provinsi pertama karena Lampung merupakan kota lalu lintas dan penghubung Pulau Jawa dan Sumatera. Penambahan serta modernisasi jaringan yang sudah ada menjadi jaringan broadband telah dibangun dan mencakup 15 kabupaten dan 213 kecamatan di Lampung. Jaringan baru ini sudah dapat dinikmati masyarakat Lampung pada momen Ramadhan dan Lebaran , di mana Lampung sendiri merupakan kota tujuan mudik dan jalur mudik utama di Pulau Sumatera. Nah momen ini juga dimanfaatkan sekali lagi untuk mencoba ekspansi jaringan baru Indosat dengan melakukan video call dengan beberapa mitra di beberapa wilayah pelosok di Lampung. Dan kedua video call tersebut benar-benar sangat stabil penerimaan gambar dan suaranya.

Rangkaian acara National Media Gathering Indosat Ooredoo berlanjut di malam harinya dengan acara makan malam dan BBQ. Rekan-rekan media dan blogger menyantap hidangan BBQ di pinggir kolam renang Sheraton Hotel Lampung dengan diiringi live music. Dan sembari menyantap hidangan, acara juga tetap berlangsung dengan sesi tanya jawab berhadiah dan juga doorprize. Banyak banget hadiah-hadiah yang dibagikan. Saya sendiri dalam sesi makan malam ini beruntung mendapatkan hadiah. Senang banget dong. Selesai makan malam, tanya jawab dan sesi bagi-bagi hadiah. Acara berikutnya adalah pesta durian. Asyiiik. Tumpukan durian sudah tersedia dan bisa dipilih untuk disantap. Karena sebelumnya cukup banyak menyantap sea food, saya tahu diri dengan tidak menyantap durian terlalu banyak. Juara makan durian malam itu adalah mamak-mamak dari Medan yang menyantap lebih dari 5 buah durian. Luar biasa lho Mbak Haya. Hahahaha...

Hari kedua ini kami isi dengan berwisata ke Pahawang. Tujuan yang sudah direncanakan oleh pihak panitia adalah Pulau Kelagian Kecil, snorkeling di Cuku Bedil dan Gosong Bakeri serta makan siang dan games di Pulau Kelagian Besar. Dari hotel kami menempuh perjalanan berliku sekitar 1 jam menuju dermaga tempat kapal-kapal yang akan ke Pahawang diberangkatkan. Satu hal yang bikin saya bahagia luar biasa adalah, sepanjang perjalanan dari hotel ke dermaga dan sepanjang berlayar menuju lokasi-lokasi yang saya sebutkan tadi, jaringan baru Indosat Ooredoo ternyata benar-benar sudah menjangkau semua wilayah ini. Lihatlah, telinga saya tidak lepas dari headphone yang saya bawa karena sepanjang jalan saya menikmatinya dengan mengakses streaming video klip di Youtube. Stabil banget dan bebas buffer. Buat update keseruan perjalanan di IG stories dan di sosmed lainnya juga lancar jaya. Mantap banget ini. Oh ya, dalam sesi games yang diadakan di Pulau Kelagian Besar, saya dan 14 orang teman-teman media dan blogger berhasil keluar sebagai pemenang. Lumayan dapat hadiah lagi.

Setelah puas snorkeling, main air di pantai, foto-foto, main games berhadiah dan seru-seruan main wahana air seperti banana boat dan donat, menjelang sore kami kembali ke dermaga. Balik ke hotel buat mandi dan istirahat sejenak karena malam harinya kami akan makan malam di Bukit Randu yang merupakan salah satu restaurant ternama dengan pemandangan yang bagus banget karena berada di atas bukit. Acara makan malam ini sekaligus seremonial penutup acara National Media Gathering Indosat Ooredoo 2018. Malam ini pemenang lomba sosial media berhadiah smartphone juga diumumkan. Dan salah satu pemenangnya adalah Mbak Haya yang merupakan perwakilan dari Blogger. Lalu ada pula bagi-bagi hadiah games yang berlangsung di pulau tadi siang dan tentu saja pengundian doorprize masih terus berlangsung. Indosat ppredoo bawa hadiah buat rekan-rekan media dan blogger jumlahnya melebih peserta yang datang kayanya. Semua yang datang pokoknya bakal bawa pulang hadiah. Bahkan yang ngakunya ngga pernah beruntung di sesi undian berhadiah kaya Kang Geri sekalipun bisa kebagian. Hahahaha...

Di hari terakhir sebelum kembali ke Jakarta, kami mampir dulu ke SMAN 2 Bandar Lampung karena Indosat hari itu menggelar event Digital Day. Menurut Ibu Deva Rachman selaku Group Head Corporate Communication Indosat Ooredoo, kegiatan ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan pengetahuan generasi muda bagaimana memanfaatkan teknologi digital untuk peningkatan kreativitas yang memberi dampak positif bagi mereka sendiri. Acara ini sendiri berlangsung serempak di 15 SMA di Lampung. Dalam kesempatan itu, Indosat Ooredoo memberikan sejumlah bantuan kepada SMA yang mereka datangi. Dan acara semakin ramai karena ada games dan bagi-bagi hadiah lagi yang diikuti oleh media dan blogger yang berkolaborasi dengan adik-adik siswa SMA. Karena saya masih berwajah ala-ala anak SMA, jadilah saya dipaksa ikut serta games ini walaupun kandas di babak awal. Tapi acara ini seru banget.

Setelah selesai acara di SMAN 2, acara dilanjutkan dengan beli oleh-oleh di sentra oleh-oleh khas Lampung. Asyiiikk... Tidak lama kami di sana karena waktu sudah mendekati sholat Jumat. Setelah selesai sholat Jumat, kami langsung diajak makan siang di Jumbo Seafood yang sepertinya juga merupakan salah satu resto ternama di Lampung. Saya sudah beberapa kali makan di sini dan memang makanannya enak banget. Selesai makan siang, tibalah kita pada acara yang cukup mengharu biru, yaitu menuju airport. Itu berarti kami sudah harusmengakhiri kebersamaan ini. Setelah 3 hari bersama kami harus berpisah kembali ke rutinitas masing-masing. Terima kasih Indosat Ooredoo untuk sambutan dan kebersamaan yang luar biasa. Sampai jumpa di National Media Gathering tahun depan. Sukses selalu untuk Indosat Ooredoo. Dan semoga ekaspansi jaringan baru Indosat Ooredoo di luar Pulau Jawa dapat segera dinikmati oleh provinsi lainnya di Indonesia.

14 comments:

1. Bwahahaha aku gak bisa berhenti makan duriaaan! :)) Seru banget acaranya. Semoga kita bisa jumpa lagi tahun depan, ya. Lancar jaya jaringan baru Indosat Ooredoo!

Replies
    1. iya, semoga ekspansi jaringan baru ini bisa dinikmati oleh banyak masyarakat di provinsi lainnya :)

Delete
  2. Rencananya mau ke Balikpapan juga ya?
    Gak sabar pengen icip-icip jaringan baru.
    Tes jaringan sekalian di Batu Dinding Borneo dong ya...
    Atau ke Derawan?

Replies
    1. siap-siap yah mbak Ros :)

Delete
  3. Semoga saja purwokerto juga dapat giliran untuk acara ini :)

ReplyDelete
  4. Aku suka lihat fotonya yang duduk di dermaga ... soalnya pemandangan lautnya bagus banget, biru jernih :)

1. dan aku ada sekitar 50 an foto di sana mas. hahahaha

Delete
  5. Pasti seru banget ya, mas acaranya. Apalagi diajak wisata ke beberpaa destinasi wisata di Lampung. Wah, bikin mupeng aja.. Hehehe. Udah lama banget saya gak merasakan keseruan ngumpul bareng bloger kayak gitu.

Replies
    1. ayo join jadi IM3 Ooredoo Squad mas :)

Delete
  6. Wahh seru banget ya, udah jalan2 nyobain jaringan indosat, wisata kuliner, pergi ke pantai. Wehh pengen banget rasanya ikutan. BTW peserta nya dapat doorprize semua itu beneran ya mas? kapan2 pengen diajak saya

Replies
    1. pantengin sosmed nya IM3 Ooredoo, nanti kalo ada pendaftaran IM3 Ooredoo Squad jangan sungkan buat bergabung yah, Njar :)

7. Seru bangeeettssss

Perut tolong dikondisikan kak hahahhahaha

ReplyDelete
  8. Wow! Such an amazing and helpful post this is. I really really love it. It's so good and so awesome. I am just amazed. I hope that you continue to do your work like this in the future also. learn here