16 July 2018

5 Alasan Kenapa Memutuskan Pindah Kantor

Bulan Juli ini genap setahun saya bekerja di kantor yang sekarang. Padahal ketika memutuskan untuk pindah dari kantor yang sebelumnya, saya banyak dilandasi oleh perasaan emosi. Padahal sebenarnya saya baik-baik saja di kantor yang sebelumnya. Sebenarnya tulisan ini ingin saya posting satu bulan setelah saya bekerja di kantor yang sekarang. Tapi apa daya, baru terealisasi hari ini. Tapi lebih baik daripada tidak sama sekali. Nah, hari ini saya ingin memberi tahu beberapa alasan kenapa dulu saya memutuskan untuk pindah dari kantor yang lama. Siapa tahu kan ada yang butuh pertimbangan-pertimbangan juga untuk pindah kerjaan. Simak yuk dalam Catatan Si Goiq kali ini.


1. Motivasi Pribadi

Sepanjang perjalanan karir saya bekerja di ibukota Jakarta, saya ternyata punya mimpi masa lalu untuk bekerja di salah kantor yang berada di lantai-lantai tinggi. Ngga tahu kenapa dan sejak kapan saya memendam keinginan tersebut. Faktanya waktu mimpi itu mendekati nyata dengan lolosnya saya saat sesi interview, saya sendiri akhirnya berpikir panjang sebelum memutuskan untuk mengambil kesempatan itu. Yah, motivasi pribadi itu sih menurut saya sah-sah saja untuk penyemangat, tapi tentu harus dibarengi dengan banyak pertimbangan. Salah satunya adalah pengembangan karir, gaji dan lain-lain.



2. Fasilitas Kantor 

Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya apa saja fasilitas kantor yang akan didapatkan ketika memutuskan bekerja di perusahaan yang baru. Saya lumayan beruntung karena kantor yang sekarang ini memfasilitasi makan siang semua karyawan, termasuk makan malam bagi yang lembur. Masih ditambah lagi bisa memilih aneka minuman di pantry. Buat saya menu fasilitas makan siang ini sangat menghemat pendapatan banget. Soalnya kalau tidak dapat makan siang, kadang kita bisa boros banget saat membeli makan siang. Apalagi kalau tanggal habis gajian. Iya kan ? 

\
3. Team Yang Solid

Salah satu alasan saya menerima tawaran di kantor sekarang karena dijanjikan akan berada dalam sebuah team yang fun dan solid. Faktanya sih kadang semua ngga selalu seperti itu. Team  saya di kantor termasuk salah satu biang kerok keributan. Kadang ribut sama atasan, kadang konflik dengan sesama anggota team. Tapi kalo beneran lagi fun, mereka itu udah kaya saudara luar biasa yang pernah saya punya. 


4. Butuh Tantangan Baru

Saya bukan tipikal orang yang bisa bekerja sebentar di sebuah perusahaan. Beberapa orang bilang tidak bagus untuk CV, tapi saya sih lebih ke alasan lain. Loyalitas. Buat saya nilai dari sebuah loyalitas itu mahal. Makanya saya berusaha bertahan cukup lama ketika diterima bekerja di sebuah perusahaan. berusaha mengatasi rasa kurang nyaman dan berusaha memberi tantangan pada diri sendiri. Rata-rata saya bisa bekerja 3,5 tahun di sebuah perusahaan. Buat saya ini waktu yang cukup lama walaupun ada banyak teman yang punya rekor bekerja lebih lama daripada saya. Ketika saya merasa tidak menemukan tantangan-tantangan lagi pada sebuah perusahaan dan sudah mencoba untuk mendiskusikan hal ini, saya pikir pindah kerja adalah solusi yang terbaik. Dan berhasil. Saya selalu menemukan tantangan-tantangan baru yang membuat saya lebih semangat bekerja. 


5. Tanda-Tanda Untuk Resign

Terkadang kita seperti menerima beberapa tanda yang justru jarang kita kenali karena mungkin sudah jadi bagian dari keseharian kita. Beberapa tanda-tanda yang mungkin harus dikenali untuk menjadi sebuah pertimbangan pindah kerja yang beberapa kali sering saya rasakan antara lain : sudah bekerja secara maksimal tapi lebih sering dianggap tidak bekerja, kalau sudah begitu jangan harap akan mendapat pujian dari atasan, apa yang kita kerjakan sering sekali di kritik bahkan untuk hal paling remeh sekalipun, sering mendapat keluhan seputar pekerjaan kita dari atasan yang disampaikan ke karyawan lain, dan atasan sudah mulai menyerang ranah pribadi yang dikaitkan dengan pekerjaan. 


Kira-kira itu beberapa alasan yang seringkali menjadi landasan saya untuk pindah bekerja ke perusahaan lain. Kira-kira adakah teman-teman yang mau memutuskan pundah kerja dalam waktu dekat ? Mudah-mudahan tulisan ini bisa membantu yah. 

11 comments:

  1. Aku punya teman yg sudah punya jabatan lumayan tinggi malah memutuskan resign, meninggalkan gaji dan fasilitas mapan. Milih ngelamar kerja ke perusahaan startup yg masa depannya belum jelas, gaji rendah dan tanpa tunjangan. Alasannya, cari tantangan... Gila!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, saya juga pernah ketemu kok dengan orang tipe itu

      Delete
  2. saya baru aja pindah kantor mas, lebih tepatnya pindah tugas. sudaj 2 minggu bekerja di kantor yang baru setelah sebelumnya saya bekerja selama 6 bulan di jakarta.

    alasannya karena kesehatan saya ga mendukung jd saya minta dipindahkan ke homebase dan alhamdulillah terwujud.

    lainnya, di jakarta apa2 mahal, hahaha, saya jadi bisa banyak nabung dan inves pindah ke homebase,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mas, semoga lancar karirnya

      Delete
  3. Saya kebetulan baru pindah kerjaan lagi mas. Di tempat saya terakhir parah banget hahaha.

    Penyebabnya selain yang dijelaskan di poin no 5, divisinya sangat gak solid. Tiap orang bekerja sendiri-sendiri. Ide-ide gak pernah didengar sama manajemen. Dikasih A maunya B. Begitu dikasih B, maunya A. Haha

    Yah tapi saya setuju sih pindah untuk cari tantangan kerja baru. Saya pernah mengalami itu sekali. Hasilnya puas sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang hal-hal semacam itu sebenernya kode dari perusahaan yg mempersilahkan kita angkat kaki

      Delete
  4. Aku dan suami dulu pas msk hsbc bareng, kita 1 angkatan. Seperjuangan lah.. Tp setelah nikah, dia mulai lompat2 kerjaan :p. So far udh 4x. Memang kalo diliat kayak ga loyal yaa.. Tp krn dia kepala rumah tangga, dia perlu begitu supaya gajinya naik cepat :p. Ga bisa dipungkiri itu penting. Kalo cm setia di kantor lama, naiknya cuma dikit. Lah gaji kita awal masuk sama. Skr, dia 3x dari gajiku :D.

    Aku sendiri ga pgn pindah mas. Mungkin krn aku cewe, aku ga ambisius. Kerja skr juga krn supaya bisa trs traveling. Makanya aku bertahan di kantor lama sampe skr. Naik gajinya pelan, gpp.. Yg ptg bisa trus jalan2 hihihi.. Biarlah yg ngejar karir suamiku aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku dalam berkarir pertimbangan gaji sudah diletakkan di awal. Aku ngga akan ambil pekerjaan itu kalau gajinya ngga sesuai. Semua harus seimbang kan ? Kalo gaji udah oke, aku tinggal berusaha adaptasi sebaik mungkin buat bisa bertahan lamaan. hahahaha

      Delete
  5. Bulan April kemarin juga tepat setahun gue kerja di kantor baru gue sekarang :D

    Gue sempet galau banget karena gue sedang dalam masa promosi di kantor lama dan udah punya lingkaran pergaulan di kantor. Akhirnya gue putuskan resign karena jobdesc yang sudah overlapped dan overloaded.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerjaan overlapped dan overloaded itu emang ngeselin, tapi kayanya bisa terjadi sama siapapun ya Gi.

      Delete
  6. NAGAQQ | AGEN BANDARQ | BANDARQ ONLINE | ADUQ ONLINE | DOMINOQQ TERBAIK
    Yang Merupakan Agen Bandarq, Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua

    Bonus yang diberikan NagaQQ :
    * Bonus rollingan 0.5%,setiap minggunya
    * Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
    * Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah

    * Minimal Depo 15.000
    * Minimal WD 20.000

    Games Yang di Hadirkan NagaQQ :
    * Poker Online
    * BandarQ
    * Domino99
    * Bandar Poker

    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : AGEN BANDARQ NagaQQ
    WHATSAPP : +855967014811
    PIN BB : 2B209F68

    ReplyDelete

Terima kasih....