07 January 2018

Skytrain Permudah Akses Antar Terminal di Bandara Soekarno Hatta

Saya pernah punya pengalaman harus berpindah terminal di Bandara Soekarno Hatta karena beda maskapai. Dan saya yakin ada banyak penumpang lain yang lebih sering lagi merasakannya. Dulu saya bingung setengah mati harus naik apa untuk pindah dari Terminal 1 ke Terminal 2 ? Jalan kaki rasanya kok lumayan jauh yah. Naik shuttle yang melayani perpindahan penumpang antar terminal, tapi kok tidak ada petunjuk harus menunggu di mana dan jam berapa saja shuttle tersebut akan melintas. Walhasil karena jarak keberangkatan cukup mepet mengingat saya sudah delay dari penerbangan sebelumnya, maka saya ketinggalan pesawat begitu sampai di Terminal 2. Padahal kalau saya lebih cepat tiba di Terminal 2, bisa jadi saya tidak akan tertinggal pesawat. dan sekarang saya dan penumpang lainnya bisa bersuka hati dengan kehadiran Skytrain yang menghubungkan semua Terminal di Bandara Soekarno Hatta. Apa sih Skytrain ? Simak yuk dalam Catatan Si Goiq kali ini.

Skytrain adalah moda transportasi berupa kereta dengan lintasan khusus yang dibangun, sehingga tidak mengganggu dan tidak terganggu dengan kepadatan lalu lintas di area bandara. Setiap penumpang di semua terminal, baik Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3 bisa menggunakan Skytrain secara gratis dengan jam-jam keberangkatan yang bisa dilihat di semua stasiun. Jadi sangat memudahkan penumpang yang ingin berpindah Terminal dengan cepat. Skytrain ini juga terhubung dengan Stasiun SHIA yang akan membawa penumpang dari dan menuju kota Jakarta dengan menggunakan kereta Railink

Stasiun Skytrain sendiri berada di setiap Terminal yang ada di bandara Soekarno Hatta. Kondisi stasiun sangat bersih dengan lantai yang mengkilap dan tanpa sampah yang berserakan. Mudah-mudahan kebersihan ini selalu terjaga meskipun penumpang sudah sangat familiar dengan transportasi ini. Ruang tunggu di stasiun juga dilengkapi dengan sejumlah kursi. Nyaman banget lah menunggu kereta tiba.

Kalau dulu saya suka kebingungan menunggu kapan shuttle akan tiba, di stasiun Skytrain ini justru semua jadwal tersedia dan bisa kita lihat. Jadi kita bisa mengukur jam berapa kita akan tiba di Terminal tujuan kita. Rata-rata sih kereta akan berangkat setiap 30 menit. Tidak hanya itu, jadwal penerbangan maskapai juga bisa kita lihat di stasiun Skytrain ini. Berguna banget kan ?

Interior dalam kereta juga kece banget. Tempat duduk tersedia, walaupun kalau penumpang sedang banyak pasti ada juga yang berdiri bergelantungan. Tapi tetap nyaman kok. Apalagi jarak antar terminal rata-rata hanya 3 menit saja. jadi berdiri sebentar masih oke lah kalau menurut saya. Saya pribadi senang banget dengan kehadiran Skytrain ini. kalau kebetulan saya tiba di bandara lebih awal, saya masih bisa jalan-jalan dulu ke Terminal 2 atau Terminal 3 yang lebih banyak tempat makan dari brand ternama. Asyik kan ? Yuk cobain naik Skytrain, transportasi ini gratis lho !