27 March 2018

Bertarung Sportif Di Turnamen Jack Nicklaus International Invitational 2018


Ada yang hobi main golf? Olahraga yang selalu disukai para profesional ini memang menyenangkan dilakukan di padang rumput yang luas dan tentu saja bersama teman atau kolega. Turnamen-turnamen golf pun cukup sering diadakan di tanah air. Beberapa waktu yang lalu saya menyempatkan diri hadir di Jack Nicklaus International Invitational 2018 yang berlangsung di Damai Indah Golf yang merupakan salah satu karya dari Jack Nicklaus. Sudah tahu Jack Nicklaus? Jack Nicklaus adalah seorang pemain golf dan juga perancang casual apparel yang dibranding dengan namanya sendiri. Simak yuk dalam Catatan Si Goiq kali ini.
Jack Nicklaus International Invitational (JNII) 2018 merupakan turnamen golf tahunan yang sangat ditunggu oleh para golfers karena memperebutkan hadiah tiket Tournament of Champion di Ohio, Amerika Serikat. Tidak heran peserta turnamen ini sangat membludak. Untuk JNII tahun ini diikuti lebih dari 120 orang yang dibagi menjadi sekitar 60 an team. Yup, JNII adalah turnamen golf beregu dimana setiap team terdiri dari 2 orang. Peserta yang mengikuti turnamen sebagian besar adalah pegolf lokal dan tentu saja pelanggan setia Jack Nicklaus.
Sistem pertandingan yang diikuti oleh semua peserta JNII 2018 ini adalah best ball, dimana semua pemain akan melakukan tee off, memilih tembakan mana yang terbaik dan kemudian melakukan tembakan berikutnya dari posisi tembakan terbaik. Dalam format best ball ini, masing-masing pemain akan memukul bola mereka sendiri sepanjang putaran. Dan setiap pemain dalam satu team akan diminta untuk memukul 3 tee off per 9 holes. Peserta pria melakukan tee off dari tee berwarna biru dan peserta wanita akan melakukan tee off dari tee berwarna merah.
Turnamen JNII sendiri diadakan dalam satu hari, dimulai dari jam 06.00 pagi hingga sore hari. Dan sorenya langsung diumumkan para pemenangnya. Pemenang Best Net Champion di raih oleh pasangan Suharsono dan Didik dengan Score : 64. Sedangkan kategori Best Gross Champion diraih oleh pasangan I Nyoman P. Alit dan Andrey dengan score : 63. Pasangan terakhir ini berhak meraih tiket ke Ohio, Amerika Serikat untuk mengikuti Tournament of Champion bersama para pemenang dari negara-negara lain serta mendapat kesempatan untuk makan malam bersama Jack Nicklaus di Nicklaus Museum.
Pasangan pemenang I Nyoman P. Alit dan Andrey yang berprofesi sebagai konsultan dan pengusaha wedding decoration ini mengaku bahagia bisa keluar sebagai pemenang dalam turnamen JNII 2018 ini. Pasangan yang sama-sama menekuni golf sejak 16 tahun lalu ini mengaku berlatih sendiri-sendiri untuk mempersiapkan diri menghadapi turnamen JNII. Bahkan salah satu dari mereka masih berada di Jepang 2 hari sebelum kompetisi. Dan karena sudah paham karakter permainan masing-masinglah yang membuat mereka lebih rileks dalam bermain.
Berbicara mengenai olahraga golf, ternyata para golfers ini mempunyai komunitas sendiri lho. Bahkan mereka juga punya komunitas lintas handicap yang menggabungkan orang-orang dari berbagai profesi. Bahkan para komunitas golfer ini punya moto 3M yaitu muda yang mana mereka ingin mengikis stigma kalau olahraga golf bukan olahraga orang tua, yang kedua adalah mudah dimana mereka juga ingin mengikis anggapan kalau golf adalah olahraga mahal, karena dengan satu batang stick pun mereka sudah bisa latihan bersama. Dan yang terakhir adalah meriah yang ingin menunjukkan kalau golfers tidak kaku seperti yang dibayangkan oleh orang kebanyakan. Tuh, jadi berubah pandangan kan pastinya terhadap olahraga golf? Belum terlambat lho kalau mau menekuni olahraga golf. Siapa tahu, tahun depan giliran teman-teman yang akan berlaga di turnamen Jack Nicklaus International Invitational.